Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 27 Oktober 1928, Kongres Pemuda II Digelar di Batavia
Peserta Kongres Pemuda II. (Kemdikbud.go.id)

Solopos.com, SOLO — Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 27 Oktober. Salah satunya adalah mulai digelarnya Kongres Pemuda II yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda.

Selain itu, ada berbagai kejadian lain pada 27 Oktober yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum beberapa peristiwa dalam catatan peristiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1644
Salah satu pertempuran antara pasukan Kerajaan dan pasukan Parlemen pada masa Perang Saudara Inggris meletus di Newbury, Berkshire. Secara taktik, pasukan Parlemen menang lantaran pasukan Kerajaan mundur terlebih dahulu, namun Parlemen tak mendapatkan keuntungan apa pun. Di pertempuran itu, pasukan Kerajaan kehilangan 1.500 tentaranya sedangkan pasukan Parlemen justru menelan kerugian lebih banyak dengan kehilangan sekitar 2.000 tentaranya.

James Cook. (Wikimedia.org)

1728
James Cook lahir di Marton atau kini Middlesbrough, Yorkshire, Inggris. Cook lantas dikenal sebagai orang pertama dari Eropa yang mengunjungi Hawaii. Selain itu, dia juga merupakan orang kedua dari Eropa yang berhasil mencapai Selandia Baru—setelah Abel Tasman—dan berhasil memetakan seluruh garis pantainya.

1795
Amerika Serkat (AS) dan Spanyol menandatangani Perjanjian Madrid di San Lorenzo de El Escorial, Madrid, Spanyol. Perjanjian tersebut mengatur perbatasan antara AS dan wilayah koloni Spanyol di Amerika.

1870
Pasukan Prancis yang berjumlah 180.000 tentara dengan dipimpin Francois Bazaine menyerah kepada Prusia yang telah mengepung Kota Metz, Prancis selama lebih dari dua bulan. Kekalahan Prancis itu merupakan yang terbesar selama Perang Prancis-Prusia. Francois Bazaine lantas menjadi tawanan pasukan Prusia.

1914
Untuk kali pertama di masa Perang Duina I, Inggris kehilangan kapal perangnya yang tenggelam di barat laut Irlandia. Kapal tersebut adalah HMS Audacious yang tenggelam akibat ranjau yang dipasang pasukan Jerman.

1924
Pemerintah Uni Soviet secara resmi mendirikan Republik Soviet Sosialis Uzbekistan. Uzbekistan merupakan negara yang wilayahnya adalah pecahan dari Turkestan, Bukhara, dan Khwarezmia. Uzbekistan baru meraih kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1991 seiring runtuhnya Uni Soviet.

1928
Berbagai organisasi pemuda di seluruh wilayah Hindia-Belanda atau kini Indonesia menghadiri Kongres Pemuda II di Batavia atau kini Jakarta. Dari kongres tersebut, lahir Sumpah Pemuda pada keesokan harinya.

1944
Pasukan Jerman berhasil merebut Kota Banska Bystrica dari para pemberontak Slovakia. Hal itu juga lantas mengakhiri Pemberontakan Slovakia yang berlangsung selama dua bulan.

1945
Beberapa bulan setelah para pemuda merebut perusahaan listrik di Jakarta yang dikuasai Jepang, pemerintah Indonesia lantas membentuk Jawatan Listrik dan Gas. Kini, 27 Oktober diperingati sebagai hari berdirinya Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Stephan Kareem El-Shaarawy. (As.com)

1992
Stephan Kareem El-Shaarawy lahir di Savona, Italia. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Italia, yakni AS Roma. Sebelum membela AS Roma, Shaarawy telah membela klub besar lainnya di Italia, AC Milan, dari 2011 hingga 2016.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom