SOLOPOS.COM - Surat kabar yang mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik Argentina dengan kekuatan Poros pada 26 Januari 1944, sehari sebelum Argentina menyatakan perang terhadap Blok Poros. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia dari tahun ke tahun pada 27 Maret disajikan dalam tulisan ini.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di seluruh penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 27 Maret. Deklarasi perang Argentina terhadap Blok Poros di masa Perang Dunia II merupakan salah satu peristiwa yang terjadi pada 27 Maret.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 27 Maret.

1625
Charles I resmi menjadi Raja Inggris menggantikan ayahnya, James I, yang meninggal dunia pada hari yang sama. Charles I kemudian bukan hanya mengklaim kekuasaan di Inggris, namun juga menyatakan dirinya sebagai raja Prancis.

1803
Pasukan Prancis dan Polandia berhasil mengalahkan pasukan Spanyol dalam Pertempuran Ciudad Real, di Ciudad Real, Spanyol. Pertempuran tersebut merupakan salah satu dari banyak pertempuran selama Perang Kemerdekaan Spanyol.

1814
Pasukan Amerika Serikat pimpinan Andrew Jackson berhasil mengalahkan pasukan Creek—sebutan bagi penduduk asli di Amerika Serikat bagian tenggara—di dekat Dadeville, Alabama. Sekitar 857 orang Creek tewas, sedangkan pasukan AS hanya kehilangan 47 prajuritnya dalam salah satu pertempuran di masa Perang Creek itu.

1920
Perang Dunia I dan Perang Revolusi Rusia menyebabkan rakyat Rusia kelaparan dan pemerintah mengumumkan kurangnya persedian makanan. Selama Perang Dunia I dan Perang Revolusi Rusia, produksi makanan dari hasil pertanian di negara tersebut terhenti sehingga.

1938
Pertempuran antara pasukan Tiongkok dan pasukan Jepang meletus di Tai’erzhuang dan Pizhou, Tiongkok. Salah satu pertempuran di masa Perang Tiongkok-Jepang itu berlangsung selama hampir dua pekan dan berakhir dengan kemenangan Tiongkok.

1943
Pasukan Jepang yang hendak menduduki Pulau Aleutian, Kepulauan Komandorski, dekat Rusia mendapatkan serangan dari pasukan Amerika Serikat (AS). Serangan (AS) itu kemudian berhasil menggagalkan pasukan Jepang yang hendak menduduki Pulau Aleutian.

1945
Atas tekanan dari Amerika Serikat (AS), Argentina mendeklarasikan perang terhadap Blok Poros dan menyakan bergabung dengan Sekutu di masa Perang Dunia II. Padahal sebelumnya, Argentina merupakan negara netral dalam Perang Dunia II dan merupakan negara yang memiliki hubungan erat dengan salah satu anggota Blok Poros, yakni Jerman.

Mariah Carey. (Rollingstone.com)

Mariah Carey. (Rollingstone.com)

1970
Mariah Carey dilahirkan di Huntington, New York, Amerika Serikat (AS). Namanuya kemudian dikenal luas sebagai penyanyi yang aktif sejak 1988 hingga sekarang. Sepanjang kariernya, Carey telah menorehkan 14 album studio.

Manuel Peter Neuer. (Bundesliga.com)

Manuel Peter Neuer. (Bundesliga.com)

1986
Manuel Peter Neuer lahir di Gelsenkirchen, Jerman Barat. Kini, namanya terkenal sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub raksasa di Jerman, Bayern Munchen, sejak 2011 lalu. Pemain yang berposisi sebagai kiper itu juga dipercaya menjadi bagian dari Tim Nasional Jerman sejak 2009 lalu.

2009
Tanggul di Situ Gintung, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten jebol dan menyebabkan permukiman di dekatnya terendam air. Sedikitnya 99 orang tewas dalam peristiwa tragis tersebut.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 26 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 25 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 24 Maret

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya