SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang Indian. (500px.org)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 27 Februari, berikut ini patut Anda simak.

Solopos.com, SOLO – Beragam peritiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada hari ke-58 dalam sistem kalender Gregorian, 27 Februari. Berikut Solopos.com merangkumnya dalam catatan peristiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

308
Kaisar Romawi, Theodosius I, dan kaisar-kaisar pendampingnya, Gratianus dan Valentinianus II, memerintah seluruh warga Romawi untuk memeluk agama Kristen yang menganut ajaran trinitas. Perintah sang kaisar itu disebut dengan Dekret Thessalonika.

1861
Tentara Kekaisaran Rusia menembaki massa yang berunjuk rasa di Warsawa, Polandia. Massa yang ditembaki itu mengecam penjajahan Rusia di Polandia.

Ekspedisi Mudik 2024
James Keir Hardie. (Eastayrshireleisure.com)

James Keir Hardie. (Eastayrshireleisure.com)

1900
Partai Buruh Inggris didirikan dan dipimpin Keir Hardie. Kini, Partai Buruh Inggris dipimpin Jeremy Corbyn yang juga merupakan pemimpin oposisi di parlemen Inggris.

1942
Pasukan Sekutu yang terdiri atas Amerika Serikat (AS), Inggris, Australia, dan Belanda dikalahkan Jepang di perairan Laut Jawa, Indonesia, yang kala itu masih dikenal dengan nama Hindia Belanda. Pertempuran itu kini dikenang dengan nama Pertempuran Laut Jawa.

Menara Pisa. (Expedia.com)

Menara Pisa. (Expedia.com)

1964
Pemerintah Italia mengumumkan bahwa Menara Pisa terancam runtuh jika terkena badai atau gempa bumi. Kendati demikian, menara miring tersebut baru direnovasi pada 1999 dan rampung pada 2001.

1933
Gedung parlemen Jerman di Berlin dibakar seorang pemuda komunis asal Belanda, Marinus van der Lubbe. Partai Nazi Jerman memanfaatkan kasus tersebut untuk berkampanye menggusur kaum komunis dari gelanggang politik Jerman.

1973
Lebih dari 200 anggota Gerakan Indian Amerika menduduki Wounded Knee, Dakota, Amerika Serikat (AS). Mereka mengusir dan mengambil paksa properti milik warga setempat. Gerakan Indian Amerika menduduki wilayah tersebut berlangsung hingga Mei.

1976
Gerakan Polisario mendeklarasikan kemerdekaan di bekas teritori Spanyol di Sahara Barat dan menamai kawasan tersebut sebagai Republik Demokratik Arab Sahrawi. Kini, wilayah tersebut masih menjadi sengketa dengan Maroko. Maroko menganggap wilayah Republik Demokratik Arab Sahrawi adalah bagian dari Maroko, bukan negara berdaulat yang berdiri sendiri.

2004
Kelompok Teroris Abu Sayaf meledakkan kapal feri bernama Superferry 14 di perairan Filipina. Saat diledakkan, kapal tersebut mengangkut 900 penumpang dari Manila. Sebelumnya, kelompok Abu Sayaf gagal memeras sebuah perusaahaan kapal feri di Filipina, hal itu memicu kelompok teroris tersebut meledakkan Superferry 14.

2010
Gempa bumi berkekuatan 8,8 skala Richter mengguncang Cile menewaskan 432 orang. Gempa bumi tersebut mengakibatkan tsunami yang gelombangnya mencapai Selandia Baru, Hawaii, Jepang, serta pulau-pulau lainnya di Samudra Pasifik. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya