SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 26 November. Salah satu peristiwa bersejarah pada 26 November adalah saat arkeolog asal Inggris berhasil memasuki makam Firaun di Mesir.

Selain itu, ada berbagai kejadian lain pada 26 November yang layak dikenang. Demi mengenangnya, berikut Solopos.com merangkum beberapa peristiwa dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 26 November, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1688
Raja Prancis, Louis XIV, menyatakan perang kepada Belanda meski kedua negara dianggap sudah terlibat perang sejak dua bulan sebelumnya. Perang antara Prancis dan Belanda itu kemudian disebut Perang Sembilan Tahun karena berlangsung kurang lebih sembilan tahun. Dari perang tersebut, Prancis berhasil menguasai beberapa daerah di Eropa namun juga harus kehilangan beberapa daerah kekuasaannya.

1790
Seorang astronom asal Jerman, Frederick William Herschel, menemukan galaksi spiral di rasi bintang Andromeda yang kemudian dinamai NGC 13. Galaksi tersebut berjarak 60.48 Mpc atau 197.270.000 tahun cahaya dari Bumi.

1865
Pasukan Cile berhasil menaklukkan pasukan Spanyol dalam pertempuran laut di perairan utara Valparaiso, Cile.

Bendera Mogolia saat ini. (Wikimedia.org)

1911
Republik Rakyat Mongolia didirikan setelah berhasil lepas dari cengkeraman Dinasti Qing pada 29 Desember 1911. Hingga kini, 26 November diperingati sebagai hari kemerdekaan di Mongolia.

1914
Kapal perang Inggris, HMS Bulwark, meledak saat berlabuh di Kingsnorth, Kent, Inggris. Ledakan itu mengakibatkan 738 dari 750 kru kapal tewas.

1922
Arkeolog dan bangsawan Inggris, Howard Carter dan Lord Carnarvon, memasuki makam Firaun di Mesir. Keduanya dianggap sebagai arkeolog pertama yang berhasil masuk ke makam tersebut. Setelah itu, Lord Carnarvon membiayai ekskavasi makam Tutankhamun, Firaun dari dinasti ke-18, di Lembah Para Raja, Mesir.

1937
Pasukan Kekaisaran Jepang mengalahkan Tentara Revolusioner Nasional, Tiongkok dalam Pertempuran Shanghai. Pertempuran di Shanghai, Tiongkok yang telah berlangsung selama tiga bulan itu pun berakhir.

1948
Arswendo Atmowiloto, lahir di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng). Namanya kemudian dikenal sebagai penulis dan wartawan. Salah satu karyanya yang paling populer adalah novel Keluarga Cemara yang kemudian diangkat menjadi sinetron pada 1996.

1950
Pasukan Tiongkok di Korea Utara (Korut) melancarkan serangan balasan terhadap Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) di Chosin atau kini Changjin, Provinsi Hamgyong Selatan, Korut. Pertempuran ini dikenang dengan nama Pertempuran Bendungan Chosin yang memperpanjang masa Perang Korea.

Lee Kuan Yew. (Wikimedia.org)

1990
Lee Kuan Yew mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Singapura. Dia mundur dari jabatan yang telah diemban selama lebih dari 30 tahun dan digantikan Goh Chok Tong. Meski telah mundur, dia tetap menjadi tokoh politik yang sangat berpengaruh di Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya