SOLOPOS.COM - Foto udara yang menunjukkan lahan kosong di seputaran Gedung Sate pada awal pembangunan Kota Bandung. (wikipedia.org-koleksi Troppen Museum)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 25 September terangkum dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 25 September. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 25 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

762
Pasukan Dinasti Ali memulai pemberontakan terhadap Kekhalifahan Abbaisyah di wilayah Hijaz dan Irak. Pemberontakan itu berlangsung selama kurang lebih lima bulan. Pasukan Kekhalifahan Abbasiyah berhasil meredam pemberontakan itu. Pemimpin pasukan Dinasti Ali, Muhammad Al-Nafs Al-Zakiyya, tewas dalam pemberontakan.

1066
Pasukan Inggris berhasil mengalahkan bangsa Viking dalam sebuah pertempuran di Jembatan Stamford, Yorkshire Timur, Inggris. Kemenangan Inggris itu sekaligus mengakhiri invasi Viking ke tanah Inggris selama lima hari.

Ekspedisi Mudik 2024

1396
Pasukan Kesultanan Ottoman berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Romawi Suci yang dibantu Kerajaan Perancis, Kerajaan Hongaria, Kesatria Hospitaller, Republik Venesia, Republik Genoa, dan Kekaisaran Bulgaria dalam Pertempuran Nikopolis di Nikopol, Bulgaria. Atas kemenangan itu, Kesultanan Ottoman berhasil merebut wilayah Nikopol dari kekuasaan Kekaisaran Bulgaria.

Herman Willem Daendels. (Wikimedia.org)

Herman Willem Daendels. (Wikimedia.org)

1810
Gubernur Jenderal Hindia Belanda Herman Willem Daendels mengeluarkan surat keputusan tentang pembangunan sarana dan prasarana di kawasan Bandung, Jawa Barat (Jabar). Hari dikeluarkannya perintah itu lantas dijadikan sebagai hari jadi Kota Bandung.

1915
Pertempuran Champagne II antara pasukan Prancis dan pasukan Jerman meletus di Champagne, Prancis. Salah satu pertempuran dalam Perang Dunia I itu berlangsung selama lebih dari sebulan dan berakhir dengan kemenangan Jerman.

1937
Pasukan Tiongkok berhasil mengalahkan pasukan Jepang dalam Pertempuran Pingxingguan di Pingxingguan, Tiongkok. Pertempuran yang bermula dengan serangan yang dilancarkan Jepang di awal Perang Tiongkok-Jepang II itu lantas dikenang masyarakat Tiongkok dengan sebutan Kemenangan Besar Pingxingguan.

Tank pasukan Jerman yang terlibat Pertempuran Arnhem di Arnhem, Belanda, 1944. (Wikimedia.org)

Tank pasukan Jerman yang terlibat Pertempuran Arnhem di Arnhem, Belanda, 1944. (Wikimedia.org)

1944
Pertempuran Arnhem antara pasukan Jerman dan pasukan Sekutu yang terjadi di beberapa kota di Belanda, antara lain Arnhem, Oosterbeek, Wolfheze, dan Driel, berakhir. Pertempuran selama sembilan hari itu berakhir dengan kemenangan Jerman. Pasukan Sekutu gagal membebaskan kota-kota itu dari cengkeraman Jerman dan menarik mundur pasukannya.

1962
Perang Saudara Yaman meletus setelah Raja Yaman Muhammad Al-Badr diturunkan dari takhtanya oleh seorang pemimpin kelompok revolusi di Yaman, Abdullah As-Sallal. Perang Saudara Yaman berlangsung lebih dari delapan tahun dan berakhir dengan runtuhnya Kerajaan Yaman serta dibentuknya Republik Yaman.

2003
Gempa bumi berkekuatan 8,3 sR mengguncang Hokkaido, Jepang. Meski gempa tersebut merupakan yang terbesar di Jepang sepanjang 2003 dan menimbulkan tsunami, namun tak ada korban jiwa dalam bencana alam itu. Meski demikian, sedikitnya 589 orang dilaporkan terluka akibat gempa bumi tersebut.

Fernando Alonso Diaz. (Theage.com.au)

Fernando Alonso Diaz. (Theage.com.au)

2005
Fernando Alonso Diaz menjadi juara dunia Formula 1 pertama asal Spanyol. Selain itu, gelar juara tersebut juga membawa Alonso yang berusia 24 tahun 59 hari menjadi juara dunia termuda di ajang Formula 1. Namun rekor juara termuda yang dipegang Alonso lantas dipecahkan Lewis Hamilton pada 2008. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 24 September
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 23 September
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 22 September

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya