SOLOPOS.COM - Malcolm II (JIBI/Dok)

Catatan peristiwa dari berbagai belahan dunia terjadi hari ini 24 November.

Solopos.com, SOLO — Hari ini 25 November, terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia.

Promosi Apresiasi dan Berdayakan AgenBRILink, BRI Bagikan Hadiah Mobil serta Emas

Solopos.com merangkum catatan peristiwa hari ini, 25 November dihimpun dari Wikipedia, brainyhistory, dan thepeoplehistory:

1034
Raja Skotlandia, Mael Coluim mac Cinaeda atau Malcolm II, meninggal dunia. Cucunya, Donnchad mac Crinain yang dikenal dengan Duncan I kemudian menempati singgasana.

1667
Gempa bumi dahsyat mengguncang wilayah Shamakhi, Azerbaijan dan merenggut lebih dari 80.000 korban jiwa.

1758 
Pasukan Inggris mengambil alih Fort Duquesne dari Prancis. Benteng yang didirikan Prancis di wilayah yang kini menjadi bagian dari Kota Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat itu kemudian dihancurkan.

1839
Sebuah badai hebat menerjang India, menghancurkan pelabuhan Kota Coringa. Badai juga menghantam  20.000 kapal. Korban tewas dalam bencana itu diperkirakan mencapai 300.000 orang.

1917
Pasukan Jerman berhasil mengalahkan sekitar 1.200 prajurit Portugal dalam pertempuran di Negomano, Mozambik saat Perang Dunia I.

1926
Perdana Menteri Italia, Benito Mussolini, membentuk sebuah pengadilan khusus untuk menangani kejahatan politik. Ia pada saat itu juga menerapkan kembali hukuman mati yang dilarang di negara tersebut sejak 1889.

1944
Jepang menduduki Kota Nanning di Tiongkok saat Perang Dunia II berlangsung.

1950
Tiongkok mengirim ribuan tentara ke sepanjang perbatasan Sungai Yalu yang  berada di perbatasan negara itu dengan Korea Utara (Korut) guna menghadapi pasukan PBB dalam Perang Korea. Tiongkok menjadi sekutu Korut dalam pertempuran melawan Korea Selatan yang dibantu diantaranya sejumlah negara di bawah bendera PBB dalam perang itu.

1965
Presiden Kongo, Joseph Kasa-Vubu, dilengserkan dalam sebuah kudeta militer. Jenderal Joseph-Desire Mobutu yang memimpin aksi tersebut kemudian menyatakan diri sebagai kepala negara.

1975
Suriname merdeka dari Belanda.

1984
Uruguay gelar pemilihan presiden. Julio Maria Sanguinetti Coirolo meraih kemenangan dengan dukungan 31,2 persen suara.

1992
Majelis Federal Cekoslowakia menyetujui pembagian negara tersebut menjadi Republik Ceko dan Slowakia mulai 1 Januari 1993.

2010
Sebuah fosil spesies baru buaya ditemukan di Thailand. Spesies buaya purba itu diidentifikasi dengan nama Khoratosuchus jintasakuli.

2011
Polisi Meksiko menemukan 26 jasad korban pembunuhan di Kota Guadalajara. Mayat korban kekerasan antar geng narkoba tersebut didapati di sejumah mobil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya