SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 25 November. Salah satunya kemerdekaan yang diraih Suriname dari Belanda.

Selain itu, ada beberapa kejadian penting lainnya yang layak dikenang pada 25 November. Demi mengenangnya, simak rangkuman Solopos.com tentang catatan persitiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

1034
Raja Skotlandia, Mael Coluim Mac Cinaeda atau Malcolm II, meninggal dunia. Cucunya, Donnchad mac Crinain, yang dikenal dengan Duncan I kemudian dinobatkan sebagai raja Skotlandia.

1667
Gempa bumi dahsyat mengguncang wilayah Shamakhi, Azerbaijan. Bencana alam tersebut merenggut lebih dari 80.000 korban jiwa.

1758
Pasukan Inggris mengambil alih benteng Fort Duquesne di Amerika Serikat (AS) dari pasukan Prancis. Benteng yang didirikan Prancis di wilayah yang kini menjadi bagian dari Kota Pittsburgh, Pennsylvania, AS itu kemudian dihancurkan pasukan Inggris.

1839
Badai besar menerjang India, menghancurkan pelabuhan di Kota Coringa. Badai itu juga menghantam 20.000 kapal. Korban tewas dalam bencana itu diperkirakan mencapai 300.000 orang.

1926
Perdana Menteri Italia, Benito Mussolini, membentuk pengadilan khusus untuk menangani kejahatan politik. Pada saat itu, ia juga menerapkan kembali hukuman mati yang dilarang di negara tersebut sejak 1889.

Karakter Woody Woodpecker yang mnenjadi tokoh utama di film Woody Woodpecker. (Projectavalon.com)

1940
Film kartun Woody Woodpecker mulai ditayangkan di bioskop. Film itu diproduksi Walter Lantz dan didistribusikan oleh Universal Pictures. Kini, film kartun tersebut menjadi salah satu film legendaris yang dikenang banyak orang.

1963
Jenazah Presiden John F. Kennedy yang tewas ditembak pada 22 November 1963 dikebumikan di Permakaman Nasional Arlington, Virginia, Amerika Serikat (AS). Tak hanya pemimpin dari sejumlah negara, ratusan ribuan warga AS turut mengantarkan jenazah sang presiden ke tempat peristirahatan terakhir. Setidaknya ada 800.000 warga yang berdiri di sepanjang jalanan Kota Washington, AS untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Kennedy.

1975
Suriname meraih kemerdekaannya dari Belanda. Suriname di bawah kekuasaan Belanda sejak abad ke-15. Pada 1530, Belanda mendirikan pusat perdagangan pertama di wilayah tersebut.

2009
Banjir bandang melanda Kota Jeddah, Arab Saudi. Banjir yang terjadi pada musim haji itu merendam sekitar 3.000 mobil dan merenggut 122 nyawa. Arus deras dari banjir itu juga menyebabkan 350 orang hanyut dan hilang.

Ilustrasi Khoratosuchus Jintasakuli. (Wikimedia.org)

2010
Fosil spesies baru buaya ditemukan di Thailand. Spesies buaya purba itu diidentifikasi dengan nama Khoratosuchus Jintasakuli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya