SOLOPOS.COM - Michael Jackson. (Dailypost.ng)

Catatan sejarah di berbagai belahan dunia yang terjadi dari tahun ke tahun pada 22 Juni terangkum dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 22 Juni. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 22 Juni, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

1689
Kapal Portugis di bawah pimpinan Kapten Cotingo memasuki sungai di Kalimantan yang kini menjadi wilayah Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Kedatangan Portugis itu bertujuan untuk menjalin hubungan dengan orang Dayak Ngaju demi menghadapi pasukan Kesultanan Banjar.

1928
Komunitas orang Yahudi di Amerika Serikat (AS) menyatakan tekad mereka untuk mengumpulkan dana US$3 juta dalam kurun waktu lima tahun. Pengumpulan dana itu dilakukan orang Yahudi untuk kembali ke Palestina dan membangun permukiman Yahudi di Palestina.

B.J. Habibie. (Bbc.co.uk)

B.J. Habibie. (Bbc.co.uk)

1936
Bacharuddin Jusuf Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, Hindia Belanda atau kini Indonesia. Habibie lantas dikenal luas sebagai presiden ke-3 Indonesia, menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri pada 21 Mei 1998. Sebelum menjadi presiden, Habibie adalah seorang wakil presiden yang menjabat sejak 14 Maret 1998 dalam Kabinet Pembangunan VII di bawah Presiden Soeharto.

1944
Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dan Inggris membombardir Kota Cherbourg, Prancis untuk membantu pasukan Angkatan Darat AS yang berusaha mengalahkan pasukan Jerman dalam Pertempuran Cherbourg. Salah satu pertempuran dalam Invasi Normandia itu telah berlangsung sejak 6 Juni. Pada 30 Juni, pasukan Sekutu baru berhasil mengusir tentara Jerman dari Kota Cherbourg.

1948
Tentara Amerika Serikat (AS) dan Inggris mulai melakukan patroli di perbatasan antara Berlin Barat di Jerman Barat dan Berlin Timur di Jerman Timur. Patroli itu menyusul ketegangan antara pihak AS-Inggris yang menguasai Jerman Barat dan Uni Soviet yang menguasai Jerman Timur. Sebelumnya, Uni Soviet telah menghentikan suplai bahan bakar dan listrik ke Jerman Barat. Sebagai balasannya, pihak AS dan Inggris menghentikan semua ekspor ke Berlin Timur.

1950
Perang Korea yang melibatkan kubu Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) meletus di Semenanjung Korea setelah pasukan Korut melakukan serangan terhadap pasukan Korsel. Perang tersebut berlangsung selama kurang lebih tiga tahun hingga gencatan senjata pada 1953. Namun karena tak ada perjanjian damai antara dua negara tersebut, secara teknis konflik Korsel dan Korut masih berlanjut sampai sekarang.

1951
Acara televisi berwarna komersial pertama ditayangkan melalui saluran Columbia Broadcasting System (CBS) di Amerika Serikat (AS). Diperkirakan sekitar 40.000 orang melihat program televisi berwarna pertama itu.

Grup musik legendaris The Beatles. (Billboard.com)

Grup musik legendaris The Beatles. (Billboard.com)

Bendera Mozambik. (Shutterstock.com)

Bendera Mozambik. (Shutterstock.com)

1967
The Beatles merekam lagu All You Need Is Love dan ditayangkan secara langsung di televisi. Perekaman lagu itu ditayangkan di saluran televisi BBC dan disiarkan di 26 negara.

1975
Mozambik memperoleh kemerdekaannya dari Portugal dan mendeklarasikan sebuah negara dengan nama resmi Republik Rakyat Mozambik. Setelah merdeka, rezim komunis menguasai Mozambik hingga akhir 1990.

2009
Michael Joseph Jackson atau yang lebih dikenal dengan nama Michael Jackson meninggal dunia di usia 50 tahun. Michael Jackson meninggal karena serangan jantung yang disebabkan keracunan propofol dan benzodiazepin. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai seorang penyanyi dan penulis lagu yang memiliki julukan King of Pop atau Raja Musik Pop. (GinanjarSaputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 24 Juni
KLIK DI SINI
untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 23 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 22 Juni

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya