SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Sejumlah peristiwa penting yang layak dikenang terjadi pada 25 Desember setiap tahunnya. Salah satunya adalah serangan Jepang di Kalimantan pada 1941.

Selain itu, masih banyak peristiwa penting lain yang terjadi pada 25 Desember. Berikut sejumlah peristiwa yang dirangkum Solopos.com dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

4 SM
Yesus dilahirkan di Tetrarkhi Yudea, Kekaisaran Romawi oleh Maria yang secara dogmatis diyakini pengikutnya masih perawan. Yesus kemudian dikenal luas sebagai tokoh sentral kekristenan. Menurut ajaran sebagian besar denominasi Kristen, Yesus dipandang sebagai anak Allah. Umat Kristen meyakini bahwa Yesus adalah mesias atau sang penyelamat yang dinantikan. Hari kelahiran Yesus itu kemudian diperingati dengan perayaan Natal beberapa tahun kemudian.

1553
Pasukan Mapuche pimpinan Toqui Caupolican berhasil mengalahkan pasukan Spanyol yang dipimpin Pedro de Valdivia di Tucapel, Cile. Dalamm pertempuran itu, pemimpin pasukan Spanyol Pedro de Valdivia ditangkap pasukan Mapuche.

1599
Orang-orang Portugal mendirikan kota di timur laut Brasil. Kota itu lantas diberi nama Kota Natal lantaran didirikan tepat pada Hari Natal.

Gambaran sosok Isaac Newton. (Biography.com)
1642
Berdasarkan kalender Julian, Isaac Newton, lahir di Woolsthorpe-by-Colsterworth, Lincolnshire, Inggris. Ia kemudian dikenal luas sebagai fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, dan teolog yang kali pertama menjabarkan hukum gravitasi.

1926
Hirohito resmi dinobatkan sebagai kaisar ke-124 di Jepang setelah ayahnya, Taisho, meninggal dunia pada hari yang sama. Hirohito sebagai kaisar Jepang merupakan salah satu tokoh penting pada masa Perang Dunia II. Ia memangku jabatan sebagai kaisar Jepang hingga akhir hayatnya pada 7 Januari 1989.

1941
Pasukan Jepang berhasil merebut kekuasaan di Hong Kong dari Inggris setelah bertempur selama 18 hari. Jepang lantas menduduki Hong Kong sampai Perang Dunia II berakhir pada 1945.

1941
Jepang membombardir Lapangan Terbang Ulin, Kalimantan, Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Peristiwa itu merupakan serangan pertama Jepang di wilayah Kalimantan yang dikuasai Belanda. Kini, Lapangan Terbang Ulin dikenal sebagai Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

1989
Mantan presiden Rumania yang juga dikenal sebagai diktator komunis, Nicolae Ceausescu, bersama istrinya, dijatuhi hukuman mati setelah Revolusi Rumania meletus. Ceausescu dijatuhi hukuman mati dengan tuduhan berlapis, mulai dari memperkaya diri secara ilegal hingga genosida. Ceausescu dan istrinya diikat lalu digiring ke luar gedung pengadilan untuk dieksekusi.

Mikhail Sergeyevich Gorbachev. (Reuters)
1991
Mikhail Sergeyevich Gorbachev mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin Uni Soviet. Sehari kemudian, Uni Soviet yang berdiri sejak 1922 resmi dibubarkan.

2006
James Joseph Brown Junior meninggal dunia pada usia 73 tahun di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS). Brown dinyatakan meninggal karena gagal jantung yang disebabkan kanker paru-paru yang ia derita. Semasa hidupnya, Brown merupakan musisi yang diakui banyak kalangan sebagai salah satu figur paling berpengaruh pada musik populer di abad ke-20.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya