Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 24 Desember 1941, Jerman, Inggris, dan Prancis Setop Pertempuran Demi Natal
Salib dekat Ypres, Belgia didirikan pada 1999 untuk mengenang Gencatan senjata Natal pada 1914. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 21 Desember. Salah satunya adalah saat Jerman, Inggris, dan Prancis yang terlibat dalam Perang Dunia I bersepakat menghentikan pertempuran untuk sementara waktu demi menyongsong Hari Natal.

Selain itu, ada beberapa kejadian penting lainnya yang layak dikenang pada 21 Desember. Demi mengenangnya, simak rangkuman Solopos.com tentang catatan persitiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Gambaran sosok Vasco da Gama. (History.com)
1524
Penjelajah asal Portugal, Vasco da Gama, meninggal dunia karena malaria pada usia sekitar 55 hingga 64 tahun—karena tanggal lahirnya belum bisa dipastikan—di Goa, India. Semasa hidupnya, Vasco da Gama merupakan penjelajah yang menemukan jalur laut langsung dari Eropa ke Malabar, India dengan melakukan penjelajahan laut mengelilingi Afrika.

1814
Amerika Serikat (AS) dan Inggris menandatangani Perjanjian Ghent di Ghent, Belgia. Dari perjanjian itu, AS dan Inggris sepakat menghentikan Perang Tahun 1812 yang melibatkan kedua negara tersebut. Meski demikian, beberapa pertempuan masih meletus hingga 12 Februari 1815.

1865
Beberapa veteran Konfederasi yang pernah terlibat dalam Perang Sipil Amerika Serikat (AS) membentuk kelompok bernama Ku Klux Klan. Kelompok ini berkeyakinan bahwa ras kulit putih adalah ras yang terbaik. Mereka mendirikan organisasi tersebut dengan maksud untuk berjuang memberantas kaum kulit hitam dan minoritas di AS seperti Yahudi, Asia, dan Katolik Roma.

1914
Jerman, Inggris, dan Prancis yang terlibat dalam Perang Dunia I bersepakat menghentikan pertempuran untuk sementara waktu demi menyongsong Hari Natal. Hari itu kini dikenang dengan sebutan Gencatan Senjata Natal.

1941
Jepang berhasil menguasai wilayah Kuching, wilayah yang kini menjadi bagian dari Sarawak, Malaysia. Jepang lantas berkuasa di Kuching hingga akhir Perang Dunia II pada 1945.

1943
Jenderal Dwight D. Eisenhower—orang yang lantas menjadi presiden Amerika Serikat (AS)—ditetapkan sebagai pemimpin dalam invasi Sekutu ke Normandia, Prancis. Operasi itu dilaksanakan pada 6 Juni 1944 hingga 25 Agustus 1944 untuk mengusir pasukan Jerman dari wilayah Normandia. Eisenhower berhasil membawa pasukannya meraih kemenangan atas Jerman dalam operasi tersebut.

1951
Libya menjadi negara merdeka setelah dibebaskan dari cengkeraman Inggris dan Prancis di bawah pengawasan PBB. Sebelumnya, Libya merupakan wilayah kekuasaan Kesultanan Ottoman yang direbut Italia pada Perang Dunia I. Namun pada akhir Perang Dunia II, Italia menyerahkan Libya kepada Sekutu, dalam hal ini Inggris dan Prancis.

1964
Pasukan Vietnam Utara mengebom Hotel Brinks di Saigon, Vietnam Selatan. Atas serangan itu, Vietnam Utara menyatakan telah membuktikan pasukannya juga mampu menyerang basis pasukan Amerika Serikat (AS) di Saigon yang dijaga ketat. Namun demikian, serangan itu hanya menewaskan dua orang.

Enrique Martin Morales alias Ricky Martin. (Aol.com)
1971
Enrique Martin Morales lahir di San Juan, Puerto Rico. Kini, ia dikenal luas sebagai penyanyi sekaligus aktor dengan nama panggung Ricky Martin. Lagunya yang bisa dibilang paling fenomenal adalah La Copa de la Vida yang digunakan sebagai theme song Piala Dunia 1998 dan Livin' La Vida Loca.

2000
Serangkaian serangan bom mendera sejumlah gereja di berbagai wilayah di Indonesia pada malam Hari Natal. Beberapa wilayah yang terkena serangan teroris itu adalah Batam, Pekanbaru, Jakarta, Sukabumi, Pangandaran, Bandung, Kudus, Mojokerto dan Mataram. Kelompok Jamaah Islamiyah dituding sebagai otak dibalik serangan tersebut.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom