SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 23 Oktober. Salah satu peristiwa bersejarah pada 23 Oktober adalah lahirnya Edison Arantes do Nascimento yang kemudian dikenal sebagai legenda sepak bola Brasil dengan nama Pele.

Dirangkum dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com, Solopos.com menyajikan Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 23 Oktober, demi mengenang sejumlah peristiwa penting pada 23 Oktober. Berikut sejumlah peristiwa yang terjadi pada 23 Oktober:

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

42 SM
Pasukan Triumvirat dari pemerintahan Kekaisaran Romawi Barat berhasil mengalahkan pasukan Liberator dari pemerintahan Kekaisaran Romawi Timur dalam Pertempuran Filipi di Filipi, Makedonia. Dalam salah satu pertempuran di masa Perang Saudara Romawi itu, pemimpin pasukan Liberator, Markus Yunius Brutus, melakukan bunuh diri setelah menelan kekalahan.

425
Flavius Placidius Valentinianus Augustus resmi dinobatkan sebagai kaisar Romawi Barat kala usianya masih enam tahun. Ia lantas menyandang nama Valetinian III dan memerintah Kekaisaran Romawi Barat hingga akhir hayatnya pada 16 Maret 455.

Ekspedisi Mudik 2024

1642
Salah satu pertempuran dalam Perang Saudara Inggris I yang melibatkan pasukan kerajaan dan pasukan parlemen meletus di Edge Hill, Warwickshire, Inggris. Bentrok kedua pasukan itu merupakan pertempuran besar pertama semasa Perang Saudara Inggris I. Tak ada hasil yang pasti mengenai pemenang dalam pertempuran tersebut. Namun yang pasti, pasukan parlemen menarik diri dari medan pertempuran terlebih dahulu.

1912
Pasukan Kerajaan Serbia berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman dalam Pertempuran Kumanovo di Kumanovo, Kosovo. Kemenangan itu merupakan yang pertama bagi Serbia di masa Perang Balkan I. Sementara itu, pasukan Kesultanan Ottoman yang kalah menarik semua tentaranya dari Kumanovo.

1940
Edison Arantes do Nascimento lahir di Tres Coracoes, Brasil. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola ternama dengan nama panggilan Pele. Bersama Brasil, Pele berhasil menjuarai Piala Dunia Sepak bola sebanyak tiga kali, yaitu pada 1958 di Swedia, 1962 di Cile, dan 1970 di Meksiko. Berkat itu, Brasil berhak atas Piala Jules Rimet dan Pele mendapatkan julukan O Rei atau Sang Raja.

Petinggi militer Jerman Erwin Rommel (kiri) memberikan komando kepada tentaranya dalam Pertempuran El Alamein II. (Wikimedia.org)

1942
Pertempuran El Alamein II antara pasukan Blok Poros dan pasukan Sekutu meletus di El Alamein, Mesir. Pertempuran tersebut berlangsung selama hampir tiga pekan dan berkahir kemenangan Sekutu. Atas kemenangan itu, Sekutu berhasil menghentikan laju invasi Blok Poros di Mesir.

1942
Pasukan Jepang menyerang pasukan Amerika Serikat (AS) di wilayah Henderson Field, Pulau Guadalkanal, Kepulauan Solomon dan memicu pertempuran selama empat hari. Pasukan Jepang yang melakukan serangan demi menguasai wilayah tersebut justru menelan kekalahan telak dari pasukan AS.

1956
Puluhan ribu orang turun ke jalan di Budapest, Hungaria menuntut mundurnya pemerintahan Uni Soviet di negara tersebut. Kerusuhan lantas terjadi hingga November di tahun yang sama dan menelan ribuan korban jiwa. Pemerintah Uni Soviet menerjunkan pasukannya yang menggunakan peralatan tempur dem meredam pemberontakan tersebut.

1983
Serangan bom bunuh diri mendera markas tentara Amerika Serikat (AS) di Beirut, Lebanon dan menyebabkan 241 tentara AS tewas. Kelompok yang menamai diri mereka sebagai Jihad Islam mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Alvaro Borja Morata Martin. (Talksport.com)

1992
Alvaro Borja Morata Martin lahir di Madrid, Spanyol. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela dua klub raksasa di Eropa, yakni Juventus dan Real Madrid. Sejak awal musim 2017-2018, Morata pindah ke salah satu klub besar di Inggris, Chelsea, dengan mahar 60 juta poundsterling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya