Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 23 Desember 1979, Perang Uni Soviet-Afganistan Meletus
Prajurit Uni Soviet yang terlibat dalam Perang Uni Soviet-Afganistan, 1988. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah peristiwa penting yang layak dikenang terjadi pada 23 Desember setiap tahunnya. Salah satunya adalah kala meletusnya Perang Uni Soviet-Afganistan yang kemudian berlangsung lebih dari sembilan tahun.

Selain itu, masih banyak peristiwa penting lain yang terjadi pada 23 Desember. Berikut sejumlah peristiwa yang dirangkum Solopos.com dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

562
Hagia Sophia di Konstantinopel atau kini Istanbul, Turki kembali dibuka setelah kubahnya dibangun ulang. Sebelumnya, kubah Hagia Sophia rusak parah setelah wilayah Konstantinopel diguncang gempa bumi pada 553 dan 557.

1914
Pasukan Australia dan pasukan Selandia Baru tiba di Kairo, Mesir demi mencegah pasukan Blok Sentral menguasai wilayah Mesir. Pasukan Australia dan pasukan Selandia Baru itu tergabung dalam kesatuan yang dinamai Australian and New Zealand Army Corps (ANZAC).

1916
Pasukan Sekutu berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman dalam Pertempuran Magdhaba di Semenanjung Sinai, Mesir. Dalam pertempuran itu, pasukan Kesultanan Ottoman kehilangan lebih dari 300 tentaranya yang tewas, sedangkan Sekutu hanya kehilangan 22 tentaranya.

1941
Pulau Wake yang sebelumnya dikuasai Amerika Serkat (AS) berhasil direbut pasukan Jepang. Keberhasilan Jepang itu diraih setelah melakukan serangan ke Pulau Wake selama 15 hari. Namun demikian, kekuasaan Jepang atas Pulau Wake hanya bertahan hingga akhir Perang Dunia II pada September 1945.

Vicente Del Bosque Gonzalez. (Reuters)
1950
Vicente Del Bosque Gonzalez lahir di Salamanca, Spanyol. Kini, namanya dikenal luas sebagai pelatih sepak bola yang menangani Tim Nasional Spanyol. Sebelum menangani Spanyol, Del Bosque sempat menjadi pelatih salah satu klub raksasa di Eropa, yakni Real Madrid, pada 1994, 1996, dan dari 1999 sampai 2003.

1972
Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang Kota Managua, ibu kota Nikaragua. Bencana itu menewaskan lebih dari 10.000 orang, melukai sekitar 20.000 orang dan membuat sekitar 300.000 orang kehilangan tempat tinggal mereka.

1979
Pasukan Uni Soviet berhasil mulai menginvasi Afganistan dan menduduki ibu kota Afganistan, Kabul. Tindakan itu merupakan upaya Uni Soviet mengalahkan pasukan mujahidin Afganistan yang ingin menggulingkan pemerintahan berpaham Marxis-Lenin di Afganistan. Invasi itu lantas memicu Perang Uni Soviet-Afganistan yang berlangsung selama lebih dari sembilan tahun.

Pesawat Rutan Voyager. (Wikimedia.org)
1986
Pesawat Rutan Voyager yang dikendalikan Dick Rutan dan Jeana Yeager mendarat di California, Amerika Serikat (AS) setelah sembilan hari mengelilingi dunia. Rutan Voyager merupakan pesawat pertama yang berhasil mengelilingi dunia tanpa berhenti dan tanpa mengisi ulang bahan bakar.

1990
Slovenia yang telah menjadi bagian dari Yugoslavia sejak 1918 menyatakan merdeka dari Yugoslavia. Slovenia menjadi negara pertama yang merdeka dari Yugoslavia.

2007
Kerajaan Nepal secara resmi dibubarkan dan berubah menjadi Republik Nepal. Pemimpin negara tersebut juga diganti, dari raja menjadi perdana menteri.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom