Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 23 April 1898, Spanyol Perangi AS

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 23 April. Pada 23 April 1898, Spanyl mendeklarasikan perang terhadap Amerika Serikat.

Selain itu, masih banyak peristiwa lain yang terjadi pada 23 April. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 23 April.

599
Pasukan Suku Maya dari Kerajaan Kaan pimpinan Uneh Chan menyerang Kota Palenque di sebelah selatan Meksiko dan mengalahkan pasukan pimpinan Ratu Yohl Iknal. Setelah meraih kemenangan, Uneh Chan kemudian membumihanguskan Kota Palenque.

1815
Untuk kali kedua, orang-orang Serbia melakukan pemberontakan terhadap pemerintahan Kesultanan Ottoman yang menguasai wilayah mereka. Pemberontakan tersebut berlangsung selama lebih dari dua tahun. Kesultanan Ottoman akhirnya memberikan wewenang kepada Serbia untuk membentuk pemerintahan sendiri.

1898
Spanyol menyatakan perang terhadap Amerika Serikat (AS) setelah permintaannya agar AS menarik pasukannya dari Kuba tak digubris. Pertempuran antara pihak Spanyol dan AS meletus tak lama setelah pernyataan perang yang dilontarkan Spanyol tersebut.

1918
Pasukan Angkatan Laut Inggris membombardir Pelabuhan Zeebrugge di Belgia demi memblokir akses tentara Jerman yang akan masuk maupun keluar dari pelabuhan tersebut. Salah satu peristiwa di masa Perang Dunia I itu kini dikenang dengan sebutan Penyerangan Zeebrugge.

1938
Orang-orang Yahudi yang memiliki toko di Kota Wina, Austria dipaksa untuk memasang tulisan yang berisi larangan kepada masyarakat untuk tak membeli apa pun dari toko mereka. Pemerintah Nazi Jerman diyakini sebagai dalang dalam peristiwa itu demi melemahkan kekuatan ekonomi orang Yahudi di Austria.

1941
Pemerintahan Kerajaan Yunani bersama Raja George II mulai meninggalkan Athena. Hal itu dilakukan demi menghindari pasukan Jerman yang sudah berniat menginvasi Yunani.

1945
Pasukan Amerika Serikat (AS) mendarat di Pulau Okinawa, Jepang demi melancarkan serangan terhadap pasukan Jepang. Dalam pertempuran itu, pihak AS menang dengan mudah karena jumlah tentaranya jauh lebih banyak dibanding jumlah tentara Jepang.

1971
Tentara Pakistan membantai sekitar 3.000 emigran Hindu di kawasan Jathibhanga, Pakistan Timur yang kini dikenal sebagai Bangladesh. Pembantaian itu berlangsung di masa Perang Kemerdekaan Bangladesh.

1974
Pesawat Boeing 707 yang dioperasikan maskapai penerbangan Pan Am jatuh di Bali. Kejadian itu menewaskan 107 orang yang ada di dalam pesawat.

1977
John Felix Anthony Cena Junior dilahirkan di West Newburry, Masachussets, Amerika Serikat (AS). Namanya kemudian dikenal sebagai pegulat, musisi hip-hopm dan aktor. Namanya mencuat kala dirinya tampil di acara gulat World Wrestling Entertainment (WWE) sejak 2002 silam.

Berita Terkait

Berita Terkini

Unik, 200 Santri Ponpes Ini Menyatu dengan Alam dan Memelihara Hutan

Salah satu alasan pemilihan ponpes itu di tengah kawasan hutan yakni menyelaraskan diri dengan alam.

PSG Menang Dramatis atas Lyon, Messi Belum Bertaji

Gol Mauro Icardi mengantarkan Paris Saint-Germain memetik kemenangan dramatis 2-1 atas Olympique Lyon.

Teka-Teki Pria Meninggal Saat Live TikTok di Jatinegara

Polisi enggan menyimpulkan apakah minuman keras dan obat-obatan tersebut ada kaitannya dengan peristiwa kematian korban.

PM Spanyol Tunda ke Acara PBB Gara-Gara Gunung Meletus

Kepala wilayah Canaries, Angel Victor Torres, menyebut wilayah di Gunung Cumbre Vieja sangat jarang ditinggali penduduk.

Chelsea ke Puncak Klasemen Seusai Bekuk Tottenham, Tuchel Girang

Chelsea bermain apik sangat menundukkan Tottenham Hotspur 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di London.

Satpol PP Sukoharjo Gencar Patroli Prokes Selama PPKM Level 3, Begini Hasilnya

Petugas Satpol PP Sukoharjo tetap gencar melakukan patroli protokol kesehatan atau prokes di berbagai penjuru wilayah selama PPKM level 3.

PDIP Sragen Sumbang 10.000 Vaksin Covid-19 untuk Warga, Bupati Ikut Nyuntik

DPC PDIP Sragen menyumbang 10.000 dosis vaksin Covid-19 untuk masyarakat yang didanai dari semua anggota FPDIP di DPRD.

Warga Gempol Klaten Raup Jutaan Rupiah dari Usaha Maggot, Masalah Sampah Pun Kelar

Warga Desa Gempol, Karanganom, Klaten, tak hanya meraup untuk menjanjikan dari usaha budidaya maggot tapi juga menyelesaikan masalah sampah.

Rumah Dibongkar, Seratusan Warga 4 RW di Semanggi Solo Dapat Bantuan Rp5 Juta

Seratusan warga empat RW di Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, yang rumahnya dibongkar mendapatkan bantuan Rp5 juta.

Irjen Napoleon Disebut Lumuri Tubuh Muhammad Kece dengan Kotoran

Napoleon menyebut perbuatan Muhammad Kece sangat membahayakan persatuan dan kerukunan umat beragama di Indonesia.

Wow, Desa Tawangsari Boyolali Jadi Rujukan Studi Banding

Skala prioritas utama program pembangunan Desa Tawangsari berdasarkan kehendak rakyat.

Bantu Luluskan PKH, Kube Rejo Mulyo Koripan Karanganyar Dapat Tambahan Modal Rp20 Juta

Kube Rejo Mulyo Koripan Karanganyar yang beranggotakan para penerima bantuan PKH mendapat tambahan modal untuk pengembangan usaha.

1.954 Peserta Perebutkan 235 Formasi di Seleksi CPNS Salatiga

Sebelum menggelar tes, panitia menggelar simulasi untuk memastikan kesiapan panitia dalam menghadapi ribuan peserta.

Operasi Patuh Candi Boyolali Dimulai Senin, Pelanggar Prokes dan Lalu Lintas Jadi Sasaran

Polres Boyolali siap menggeber Operasi Patuh Candi 2021 dengan sasaran pelanggaran protokol kesehatan dan aturan lalu lintas.

Hasil Liga 1 2021-2022: Tundukkan Arema Malang 2-1, PSS Sleman Raih Poin Penuh

Arema Malang unggul lebih dahulu lewat gol yang dicetak Johan Ahmad Alfarizi menit ke 35