SOLOPOS.COM - Nguyen Hue (Vietlist.us)

Inilah catatan peristiwa dunia hari ini 22 Desember.

Solopos.com, SOLO — Hari ini 22 Desember terjadi beragam peristiwa di berbagai belahan dunia. Solopos.com merangkum catatan peristiwa hari ini, 22 Desember dihimpun dari Wikipedia, brainyhistory, dan thepeoplehistory:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tahun 859
Gempa yang diperkirakan berkekuatan 7,9 skala Richter menghantam wilayah Damghan, Iran dan mengakibatkan sekitar 200.000 kematian.

1788
Nguyen Hue menyatakan diri sebagai Kaisar Quang Trung, Vietnam.

1851
Kereta kargo India pertama, dioperasikan di wilayah Roorkee.

1910
Sebanyak 21 petugas pemadam kebakaran di Chicago, Amerika Serikat tewas  setelah sebuah bangunan runtuh ketika mereka tengah berupaya memadamkan api.

1922
Stanis?aw Wojciechowski menjadi presiden Polandia. Ia digulingkan dalam sebuah kudeta pada 1926.

1940
Pasukan Yunani menduduki Kota Himara, Albania saat Perang Dunia II.

1964
Badai dahsyat menerjang  dan menghancurkan Kota Dhanushkodi, India. Korban tewas dalam bencana itu diperkirakan mencapai 1.800 orang

1989
Gerbang Brandenburg di Berlin, Jerman dibuka setelah hampir 30 tahun ditutup, mengakhiri pemisahan Jerman Timur dan Jerman Barat. Kanselir Jerman Barat, yang berjalan melintasi gerbang tersebut disambut Perdana Menteri Jerman Timur, Hans Modrow.

1990
Lech Wa??sa terpilih menjadi Presiden Polandia.

2013
Pesta Olahraga Asia Tenggara 2013 di Myanmar berakhir. Thailand berada di posisi puncak dengan perolehan 107 emas, 94 perak dan 81 perunggu dalam pesta olahraga yang dihelat mula 11 Desember itu. Sementara Myanmar dan Vietnam berada di urutan kedua dan ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya