Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 22 Desember 1948, Pemerintahan Darurat Republik Indonesia Didirikan
Rumah Ketua PDRI Sjafroedin Prawiranegara di Bidar Alam, Solok Selatan, Sumatera Barat yang dipergunakan juga untuk kantor pemerintahan. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 22 Desember. Salah satunya adalah berdirinya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia Didirikan (PDRI).

Selain itu, ada beberapa kejadian penting lainnya yang layak dikenang pada 22 Desember. Demi mengenangnya, simak rangkuman Solopos.com tentang catatan persitiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

856
Gempa bumi yang diperkirakan berkekuatan 7,9 skala Richter mengguncang wilayah Damghan, Persia atau kini Iran. Akibatnya, sekitar 200.000 orang tewas. Gempa bumi di Damghan itu merupakan salah satu gempa bumi paling mematikan yang tercatat sepanjang sejarah.

Ilustrasi pasukan Dinasti Qing dalam Perang Myanmar-Tiongkok. (Wikimedia.org)
1769
Perang Myanmar-Tiongkok antara Dinasti Konbaung Myanmar dan Dinasti Qing Tiongkok berakhir. Perang yang berlangsung selama empat tahun itu berhasil dimenangi Dinasti Konbaung yang meraih kemerdekaan penuh dari Dinasti Qing. Namun demikian, Dinasti Konbaung juga harus rela melepas wilayah Siam yang merdeka.

1928
Kongres Perempuan Indonesia digelar di Yogyakarta, Hindia Belanda atau kini Indonesia. Kongres ini diikuti oleh 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatra bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan, terutama dalam bidang pendidikan dan pernikahan.

1940
Pasukan Yunani berhasil merebut wilayah Himara di Albania dari pasukan Italia. Meski demikian, Yunani kembali kehilangan wilayah Himara pada 1941 setelah Jerman berhasil menguasainya.

1944
Pasukan Jerman mengepung pasukan Amerika Serikat (AS) di Kota Bastogne, Belgia. dalam pengepungan itu, pasukan Jerman meminta pasukan AS menyerah. Namun, pasukan AS yang tak mau menyerah kemudian memicu pertempuran hebat hingga Januari 1945 yang menyebabkan Kota Bastogne hancur.

1948
Syafruddin Prawiranegara mendirikan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang berpusat di Bidar Alam, Solok Selatan, Sumatra Barat. Pendirian PDRI itu disebabkan ibu kota Indonesia di Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda dalam Agresi Militer Belanda II.

1953
Presiden Indonesia Soekarno menetapkan 22 Desember sebagai Hari Ibu dalam peringatan ke-25 Kongres Perempuan Indonesia. Ketetapan itu ditetapkan melalui Dekret Presiden RI No. 316/1953.

Personel Bee Gees. (Rockhall.com)
1949
Robin Hugh Gibb dan Maurice Ernest Gibb lahir sebagai saudara kembar di Douglas, Isle of Man. Mereka kemudian dikenal sebagai anggota grup musik ternama, Bee Gees, yang digawangi bersama kakak mereka, Barry Alan Lee Maddison Crompton Gibb.

1989
Setelah terjadi demonstrasi berdarah selama sepekan, pemerintahan komunis pimpinan Nicolae Ceausescu di Rumania akhirnya melepas kekuasaannya. Ion Iliescu lantas mengambil alih kekuasaan dan memangku jabatan sebagai presiden Rumania.

1989
Gerbang Brandenburg di Berlin dibuka setelah 30 tahun ditutup memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur. Pembukaan gerbang tersebut juga menjadi tanda nyata bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom