SOLOPOS.COM - Suasana Kota Leningard, Uni Soviet di masa Pengepungan Leningard, 1942. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi dari tahun ke tahun pada 22 Agustus terangkum dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 22 Agustus yang patut dikenang sebagai catatan sejarah. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 22 Agustus, demi mengenangnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

851
Pasukan Bretagne berhasil mengalahkan pasukan Francia Barat dalam Pertempuran Jengland di Grand-Fougeray, Bretagne. Pertempuran itu dipicu pasukan Francia Barat yang ingin menguasai wilayah Bretagne. Atas kemenangan itu, Bretagne berhasil mempertahankan kemerdekaan.

1138
Pertempuran antara pasukan Inggris dan Skotlandia meletus di dekat Northallerton, Yorkshire, Inggris. Pertempuran itu dipicu pasukan Skotlandia yang dipimpin raja Inggris menyerbu wilayah Yorkshire. Peristiwa yang dikenang dengan sebutan Pertempuran Standar itu hanya berlangsung sehari dan berakhir dengan kemenangan Inggris.

1798
Pasukan Prancis tiba di Kilcummin, Irlandia untuk membantu pasukan pemberontak Irlandia yang bertempur melawan pasukan Kerajaan Irlandia dan Kerajaan Inggris sejak 24 Mei. Meski sudah dibantu Prancis, pasukan pemberontak tak mampu mengalahkan pasukan kerajaan hingga pemberontakan berakhir pada 12 Oktober.

1910
Jepang dan Korea menandatangani Perjanjian Jepang Korea 1910. Atas perjanjian itu, wilayah Korea secara resmi menjadi kekuasan Jepang. Namun pada akhir Perang Dunia II, tepatnya pada 2 September 1945, Jepang melepaskan kekuasaannya atas Korea.

1941
Pasukan Jerman menyerang Kota Leningard atau kini Saint Petersburg, Uni Soviet sebagai bagian dari Operasi Barbarossa. Dalam serangan itu, Jerman gagal menguasai kota tersebut. Meski demikian, pasukan Jerman lantas melakukan pengepungan yang kemudian dikenal sebagai Pengepungan Leninggard yang berlangsung dari 8 September 1941 hingga 27 Januari 1944. Meski mengepung selama lebih dari dua tahun, pasukan Jerman gagal merebut Kota Leninggard dari kekuasaan Uni Soviet.

1944
Pasukan Jerman menyerbu sembilan desa di Lembah Amari, Pulau Kreta dan membantai penduduknya. Aikibat pembantaian itu, sebanyak 194 warga sipil tewas. Peristiwa itu tragis itu dikenang dengan sebutan Pembantaian Amari atau Pembantaian Kredos.

1945
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) untuk menjaga keamanan di wilayah Indonesia. Pada 5 Oktober di tahun yang sama, BKR diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan diubah lagi pada 26 Januari 1946 menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Nama tersebut kembali diubah pada 3 Juni 1947 menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dipakai hingga kini.

1968
Warga Cekoslowakia berdemonstrasi di depan markas besar Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Kota New York, Amerika Serikat. Demonstrasi itu dilakukan untuk memprotes invasi yang dilakukan pasukan Uni Soviet ke Cekoslowakia. Selain di New York, demonstrasi besar-besaran juga terjadi di ibu kota Cekoslowakia, Praha.

Giacomo Bonaventura (Acm.ge)

Giacomo Bonaventura (Acm.ge)

Dua Lipa. (Bbc.co.uk)

Dua Lipa. (Bbc.co.uk)

1989
Giacomo Bonaventura dilahirkan di San Severino Marche, Italia. Kini, Bonaventura menjadi pemain sepak bola ternama yang membela klub besar di Italia, AC Milan. Sejak bergabung dengan AC Milan, Bonaventura telah bermain sebanyak 85 kali dan sudah mencetak 16 gol di kompetisi Liga Italia.

1995
Dua Lipa lahir di London, Inggris dari orang tua berkebangaan Albania yang pernah tinggal di Palestina. Kini Lipa dikenal luas sebagai penyanyi profesional yang memulai kariernya di Inggris sejak 2015. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 21 Agustus

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 20 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 19 Agustus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya