SOLOPOS.COM - Mahmoud Ahmadinejad (JIBI/Solopos/Dok)

Catatan peristiwa di berbagai belahan  dunia pada 21 November, terangkum hari ini.

Solopos.com, SOLO — Di berbagai belahan dunia pada hari ini 21 November terjadi beragam peristiwa. Inilah catatan peristiwa dunia hari ini, 21 November yang dihimpun dari brainyhistory.com:

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

1386
Pasukan Kaisar Timuriyah, Timur, menangkap Raja Georgia, Bagrat V, setelah menduduki ibukota kerajaan tersebut, Tbilisi.

1877
Thomas Alva Edison asal  Milan, Ohio, Amerika Serikat, mengumumkan phonograph, sebuah mesin yang dapat merekam dan memainkan suara, hasil temuannya.

1906
Tiongkok melarang perdagangan opium.

1916
Kaisar Austria dan Raja Hungaria, Franz Josef I, wafat. Ia  yang juga menjadi raja Bohemia itu meninggal setelah 32 tahun bertakhta.

1938
Pasukan Nazi Jerman menduduki wilayah barat Czechoslovakia.

1946
Georgi Dimitrov Mikhaylov terpilih sebagai perdana menteri Bulgaria.

1964
Jembatan Verrazano–Narrows di New York, Amerika Serikat yang menjadi jembatan gantung terpanjang di dunia hingga 1981, resmi dibuka. Jembatan gantung tingkat dua yang menghubungkan Staten Island dan Brooklyn di New York, Amerika Serikat itu memiliki panjang bentang tengah 1.298 meter.

1980
Kebakaran terjadi di Hotel MGM Grand di Kota Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat dan menewaskan 84 orang.

1996
Ledakan yang mengakibatkan 33 nyawa melayang terjadi di sebuah toko sepatu di Puerto Riko. Insiden tersebut diduga dipicu kebocoran pipa gas.

2002
Viktor Yanukovich menjadi Perdana Menteri Ukraina.

2010
Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menolak program keluarga berencana (KB). Ia mengimbau  perempuan Iran segera menikah ketika memasuki usia 16 tahun.

2013
Atap sebuah supermarket di Riga, Zolitude, Latvia, ambruk dan menewaskan 54 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya