Tutup Iklan

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 20 Oktober

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 20 Oktober

SOLOPOS.COM - Sydney Opera House. (Nationalgeographic.com.au)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 20 Oktober tersaji dalam tulisan berikut.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 20 Oktober. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 20 Oktober, demi mengenangnya.

1568
Pasukan Spanyol berhasil mengalahkan pasukan pemberontak di Jodoigne, Spanyol-Belanda atau kini Belgia. Pasukan pemberontak yang dipimpin Pangeran Oranye William I harus kehilangan sekitar 3.000 tentaranya sedangkan pasukan Spanyol hanya kehilangan 20 tentaranya.

Lukisan karya Ambroise Louis Garneray yang menggambarkan pertempuran di Teluk Navarino, Yunani, 1827. (Wikimedia.org)
Lukisan karya Ambroise Louis Garneray yang menggambarkan pertempuran di Teluk Navarino, Yunani, 1827. (Wikimedia.org)

1827
Pertempuran antara pasukan Angkatan Laut Kesultanan Ottoman melawan angkatan laut dari Inggris, Prancis, dan Rusia meletus di Teluk Navarino, sebelah barat Yunani. Salah satu pertempuran di masa Perang Kemerdekaan Yunani itu berakhir dengan kekalahan pasukan Kesultanan Ottoman. Pasukan Inggris, Prancis, dan Rusia meraih kemenangan dengan cepat lantaran memiliki kapal, persejataan, dan awak yang lebih baik dan terlatih.

1904
Perjanjian Perdamaian dan Persahabatan ditandatangani Cile dan Bolivia di Santiago, Cile 20 tahun setelah Perang Pasifik yang melibatkan dua negara tersebut dinyatakan berakhir. Perjanjian itu mengatur perbatasan antara Cile dan Bolivia sepanjang 861 km.

Foto dokumentasi saat pasukan Jerman membantai warga sipil di Kragujevac, Serbia, 1941. (Wikimedia.org)
Foto dokumentasi saat pasukan Jerman membantai warga sipil di Kragujevac, Serbia, 1941. (Wikimedia.org)

1941
Pasukan Jerman mulai membantai warga sipil di Kragujevac, Serbia sebagai pembalasan terhadap serangan pemberontak di Distrik Gornji Milanovac yang menewaskan 10 tentara Jerman. Akibat pembantaian itu, sekitar 2.778 hingga 2.794 warga sipil yang semuanya berjenis kelamin pria tewas ditembak pasukan Jerman.

1944
Pasukan Uni Soviet bersama tentara Partisan Yugoslavia berhasil membebaskan ibu kota Yugoslavia, Beograd, dari cengkeraman Jerman. Sebelumnya, Beograd telah diduduki Jerman sejak 1941.

1962
Pasukan Tiongkok melancarkan serangan di wilayah Ladakh, India dan memicu Perang Tiongkok-India yang berlangsung selama lebih dari sebulan. Perang itu dipicu upaya Tiongkok yang ingin merebut Jalur McMahon dari India. Tiongkok dinyatakan menang dalam perang tersebut, namun beberapa konflik justru tetap terjadi setelah perang dinyatakan berakhir.

Cordozar Calvin Broadus Junior alias Snoop Dogg. (Thatgrapejuice.net)
Cordozar Calvin Broadus Junior alias Snoop Dogg. (Thatgrapejuice.net)

1971
Cordozar Calvin Broadus Junior lahir di Long Beach, California, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai seorang penyanyi rap, produser rekaman, sekaligus aktor ternama dengan nama panggung Snoop Dogg.

1973
Ratu Elizabeth II meresmikan pembukan Sydney Opera House atau Gedung Opera Sidney di Sydney, New South Wales, Australia. Sydney Opera House merupakan salah satu bangunan yang didirikan pada abad ke-20 yang paling unik dan terkenal. Proses pembangunan Sydney Opera House membutuhkan waktu 14 tahun dan menghabiskan dana 102 juta dolar Australia.

1991
Gempa bumi berkekuatan 6,8 sR mengguncang wilayah Uttarkashi, India. Lebih dari 1.000 orang tewas akibat bencana alam tersebut. Kerugian materi yang disebabkan gempa bumi itu diperkirakan mencapai 60 juta dolar Amerika Serikat (AS).

2011
Penguasa Libya Muammar Abu Minyar Al-Qaddafi atau yang dikenal sebagai Muammar Gaddafi tewas dibunuh pasukan pemberontak. Mayat Gaddafi dan putranya, Mutassim, serta mantan Menteri Pertahanan Abu Bakar Younis sempat dipertontonkan kepada publik di sebuah ruang pendingin daging di pasar di Kota Misrata, Libya sebelum dimakamkan di tempat yang dirahasiakan. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 19 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 18 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 Oktober

Berita Terkait

Berita Terkini

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.

Tikus Duduki Australia, Napi Diungsikan

Populasi tikus di Australia tidak terkendali dan menduduki benua hingga mendesak manusia sehingga narapidana diungsikan.

Pegawai Setda Terpapar Covid-19, Pemkab Wonogiri Terapkan WFH Di Seluruh OPD

Pemkab Wonogiri menerapkah kebijakan work from home atau WFH untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga 5 Juli.

Memanas! Rusia Peringatkan Kapal Perang Inggris di Laut Hitam

Kapal militer Rusia dilaporkan melepaskan tembakan peringatan ke arah sebuah kapal Perang Angkatan Laut Inggris di Laut Hitam.

Klaten Zona Merah, Anak Balita Dan Kelompok Rentan Dilarang Ke Pusat Perbelanjaan

Instruksi Bupati Klaten melarang anak balita, warga lansia, ibu hamil, dan kelompok rentan lainnya masuk ke pusat perbelanjaan.

Epidemolog Ramal Juli 2021 Puncak Pandemi Covid-19

Serangan virus corona di Indonesia yang menggurita menjadi pandemi Covid-19 diramal epidemiolog memuncak Juli 2021.