CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 20 Februari, Kurt Cobain dan Rihanna Ultah

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 20 Februari, Kurt Cobain dan Rihanna Ultah

SOLOPOS.COM - Kurt Donald Cobain. (Rollingstones.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 20 Februari dihimpun dalam tulisan berikut.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 20 Februari. Pada 20 Februari, dua penyanyi yang cukup terkenal, yakni Kurt Cobain dan Rihanna berulang tahun.

Selain itu, terdapat beberapa peristiwa bersejarah yang patut dikenang pada 17 Februari. Berikut Semarangpos.com menghimpun peristiwa-peristiwa itu dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

1547
Edward VI secara resmi dinobatkan sebagai pemimpin Kerajaan Inggris pada usianya yang baru menginjak sembilan tahun. Edward VI menggantikan ayahnya, Henry VIII, yang meninggal dunia pada 28 Januari 1547. Edward VI adalah raja ketiga dari Dinasti Tudor dan pemimpin Inggris pertama yang beragama Kristen Protestan.

1813
Pasukan pejuang kemerdekaan Argentina yang dipimpin Manuel Belgrano berhasil mengalahkan pasukan Peru pimpinan Juan Pio de Tristan dalam Pertempuran Salta. Juan Pio de Tristan adalah pangeran Spanyol yang pada saat itu menguasai Peru bagian selatan.

Ilustrasi Perang Uruguay. (Wikimedia.org)
Ilustrasi Perang Uruguay. (Wikimedia.org)

1865
Perang Uruguay antara Partai Blanco yang menguasai pemerintahan di Uruguay dan Parta Kolorado yang ingin menjatuhkan partai penguasa pemerintahan berakhir. Perang tersebut berlangsung selama lebih dari enam bulan dan berakhir dengan kemenangan Partai Kolorado yang dibantu Kekaisaran Brasil dan Argentina.

1933
Pemimpin Jerman Adolf Hitler melakukan pertemuan rahasia dengan para industrialis di Berlin, Jerman. Tujuan pertemuan rahasia itu adalah untuk mengumpulkan dana sebagai dana kampanye untuk memenangkan Partai Nazi pada pemilihan umum di Jerman.

1944
Pasukan Sekutu memulai penyerangan terhadap beberapa pusat industri pesawat di Jerman. Penyerangan yang disebut dengan Big Week itu berlangsung selama enam hari. Sekutu melancarkan serangan ke pusat-pusat industri pesawat di Jerman demi melumpuhkan Angkatan Udara Jerman dan berharap mampu memenangi Perang Dunia II dengan lebih cepat.

1944
Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil merebut Atol Enewetak di Samudera Pasifik dari cengkeraman Jepang. Kekuasaan AS di Atol Enewetak berlangsung sampai 1986 sebelum akhirnya atol tersebut menjadi wilayah kekuasaan Kepulauan Marshall.

1967
Kurt Donald Cobain lahir di Aberdeen, Washington, Amerika Serikat (AS). Namanya kemudian dikenal sebagai vokalis, gitaris, dan penulis lagu dalam grup band beraliran grunge, Nirvana. Cobain meninggal dunia saat ia sedang berada di puncak kariernya dan pada usia yang masih muda, yakni 27 tahun.

Robyn Rihanna Fenty. (Glamour.com)
Robyn Rihanna Fenty. (Glamour.com)

1988
Robyn Rihanna Fenty dilahirkan di Saint Michael, Barbados. Kini, namanya terkenal sebagai penyanyi, penulis lagu, aktris, model, sekaligus produser musik dengan nama panggung Rihanna dan berkarier di Amerika Serikat (AS). Wanita yang dikenal dengan suara khasnya itu merupakan salah satu penyanyi AS terkaya dengan harta mencapai US$230 juta.

1991
Patung mantan diktator Albania, Enver Hoxha, yang berukuran sangat besar dan terletak di ibu kota Albania, Tirana, dihancurkan oleh para demonstran. Enver Hoxha adalah pemimpin Albania yang menjabat dari 1941 hingga akhir hayatnya pada 1985.

1992
Football Association (FA) atau Asosiasi Sepak Bola Inggris membentuk format baru untuk kompetisi sepak bola kasta teratas di Inggris dengan nama FA Premier League—yang sekarang dikenal dengan nama English Premier League atau Liga Primer Inggis—dengan jumlah anggota sebanyak 22 klub. Sebelumnya, kompetisi sepak bola kasta teratas di Inggris bernama Liga Sepak Bola Divisi Pertama dan memiliki sistem berbeda dengan yang digunakan sejak 1992 hingga kini. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 19 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 18 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 Februari

Berita Terkait

Berita Terkini

H+1 Lebaran Jalanan Wonogiri Kok Ramai, Ternyata Ini Alasannya

Arus lalu lintas di Wonogiri pada H+1 Lebaran atau hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021) terpantau ramai lancar. Banyak warga yang berwisata maupun bersilaturahmi.

Israel Tewaskan 7 Warga Palestina di Tepi Barat

Tujuh orang warga Palestina meninggal dunia pada Jumat (14/5/2021) akibat aksi kekerasan pasukan Israel yang membubarkan aksi unjuk rasa mereka.

Pengrajin Jamu Gendong Asal Sukoharjo Tak Pulang Kampung, Sebelum Ramadan Sudah Kulakan Dulu

Sebagian pengrajin jamu asal Nguter Sukoharjo memilih tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran 2021. Mereka kulakan bahan baku jamu dalam jumlah besar untuk menambah stok jamu sebelum bulan puasa.

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.