Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 20 Desember 1942, Jepang Mulai Bombardir Kalkuta India
Pesawat Jepang yang membombardiri wilayah Kalkuta, India di masa Perang Dunia II. (Indiatoday.com)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah peristiwa penting yang layak dikenang terjadi pada 20 Desember setiap tahunnya. Salah satunya dimulainya serangan udara Jepang ke wilayah Kalkuta di India.

Selain itu, masih banyak peristiwa penting lain yang terjadi pada 20 Desember. Berikut sejumlah peristiwa yang dirangkum Solopos.com dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

Ilustrasi Pengepungan Rhodes, 1522. (Wikimedia.org)

1522
Pasukan Republik Venesia dan Ksatria Hospitaller menyerah kepada pasukan Kesultanan Ottoman di Rhodes, Yunani setelah dikepung selama lebih dari enam bulan. Meski pasukan Republik Venesia dan Ksatria Hospitaller telah menyerah, pertempuran baru benar-benar berhenti dua hari kemudian. Atas kemenangan itu, Kesultanan Ottoman berhasil menguasai wilayah Rhodes.

1803
Proses pembelian wilayah Louisiana oleh Amerika Serikat (AS) dari Prancis telah rampung. AS membeli wilayah tersebut dengan total US$15 juta. Pembelian ini lantas menggandakan luas AS. Wilayah Louisiana kini meliputi 15 negara bagian AS dan dua provinsi di Kanada.

1808
Pasukan Prancis mulai mengepung wilayah Zaragoza, Spanyol untuk kali kedua setelah beberapa waktu sebelumnya gagal menduduki wilayah tersebut. Salah satu pengepungan di masa Perang Kemerdekaan Spanyol itu berhasil dimenangi Prancis yang kemudian menguasai wilayah Zaragoza.

1915
Pasukan Australia mulai meninggalkan wilayah Semenanjung Gallipoli, Kesultanan Ottoman. Perginya pasukan Australia itu merupakan awal kekalahan pasukan Sekutu dalam Pengepungan Gallipolli. Sekutu yang mengepung Semenanjung Gallipoli sejak 17 Februari 1915 menarik semua pasukannya pada 9 Januari 1916 setelah dikalahkan pasukan Kesultanan Ottoman yang dibantu negara-negara anggota Blok Sentral.

1942
Pasukan Angkatan Udara Jepang mulai membombardir wilayah Kalkuta, India menggunakan pesawat tempur. Serangan itu bertujuan untuk melumpuhkan pasukan Sekutu di wilayah Kalkuta. Pasalnya, Jepang menganggap wilayah Kalkuta merupakan markas Sekutu yang menyuplai pasukan ke dalam pertempuran di beberapa wilayah Asia untuk melawan Jepang. Serangan udara Jepang itu terus berlanjut hingga 1944.

Ashley Cole. (Reuters)

1980
Ashley Cole lahir di Stepney, London, Inggris. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni Arsenal dari 1999 hingga 2006, Chelsea sejak 2006 sampai 2014, dan AS Roma dari 2014 sampai 2016. Kini, pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu membela salah satu klub di Amerika Serikat, LA Galaxy.

1982
David Roland Cook lahir di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal luas sebagai penyanyi ternama beraliran alternative rock dan post-grunge. Cook memulai kariernya di dunia tarik suara sejak 1999.

1989
Invasi pasukan Amerika Serikat (AS) di Panama menyebabkan Presiden Panama Manuel Noriega lengser. Noriega dianggap tak kooperatif dalam menjalankan suatu operasi bersama AS. AS menyatakan invasi ke Panama itu dilaksanakan demi memerangi peredaran narkoba yang dianggap banyak berasal dari Panama.

1999
Tiongkok dan Portugal menandatangani perjanjian yang berisi penyerahan kekuasaan wilayah Makau dari Portugal kepada Tiongkok. Sebelum itu, wilayah Makau telah dikuasai Portugal selama lebih dari 400 tahun. Perjanjian itu menyebutkan Tiongkok berhak atas wilayah Makau selama 50 tahun sejak perjanjian ditadatangani atau hingga kini 20 Desember 2049.

2007
Ratu Inggris Elizabeth II menjadi pemimpin Kerajaan Inggris tertua sepanjang sejarah. Kala itu, Elizabeth berusia sehari lebih tua dibanding pemegang rekor sebelumnya, Ratu Victoria, yang memimpin Inggris hingga usia 81 tahun, tujuh bulan, dan 29 hari. Kini, Ratu Elizabeth telah berusia lebih dari 91 tahun.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom