SOLOPOS.COM - Edison Arantes do Nascimento alias Pele kala masih membela Santos. (Dailymail.co.uk)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 19 November tersaji dalam tulisan berikut.

Semanragpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-323—hari ke-324 dalam tahun kabisat—sesuai kalender Gregorian, 19 November. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 16 November, demi mengenangnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1493
Christopher Columbus medarat di salah satu pulau di perairan Karibia. Ia lantas menamai pulau itu dengan nama San Juan Bautista. Kini, wilayah Pulau tersebut memiliki nama resmi Puerto Rico, namun ibu kotanya masih menggunakan nama San Juan.

1885
Pasukan Bulgaria berhasil mengalahkan pasukan Serbia di Slivnitsa, Bulgaria. Kemenangan itu semakin memperbesar peluang bagi Kerajaan Bulgaria untuk menguasai wilayah Rumelia Timur.

Ekspedisi Mudik 2024

1912
Pasukan Kerajaan Serbia mengalahkan pasukan Kesultanan Ottoman dalam Pertempuran Monastir di Monastir, Kesultanan Ottoman atau kini Bitola, Makedonia. Atas kemenangan itu, Kerajaan Serbia berhasil merebut wilayah Monastir yang sudah dikuasai Kesultanan Ottoman selama lebih dari 500 tahun.

HMAS Sidney pada 1940. (Wikimedia.org)

HMAS Sidney pada 1940. (Wikimedia.org)

1941
Pertempuran antar-kapal tempur yang melibatkan pasukan Jerman dan pasukan Ausrtalia meletus di perairan dekat Pulau Dirk Hartog, sebelah barat Australia. Dalam pertempuran tersebut, semua kapal milik kedua negara, HMAS Sidney milik Australia dan Komoran milik Jerman, tenggelam setelah saling menyerang.

1942
Pasukan Uni Soviet di bawah pimpinan Jenderal Georgy Zhukov melancarkan serangan bernama Operasi Uranus demi melemahkan pasukan Blok Poros dalam Pertempuran Stalingrad di Stalingrad, Rusia. Serangan itu lantas membalikkan keadaan sehingga Soviet berada di atas angin setelah beberapa bulan berada di bawah tekanan pasukan Blok Poros. Serangan itu juga dianggap sebagai titik balik sehingga Uni Soviet memenangi Pertemnpuran Stalingard yang berlangsung dari 23 Agustus 1942 sampai 2 Februari 1943.

1943
Pasukan Jerman membantai sekitar 6.000 orang Yahudi yang berusaha melarikan diri dari penampungan di Lviv, Ukraina. Penampungan tersebut termasuk salah satu dari sekian banyak penampungan yang menjadi tempat pembunuhan orang Yahudi paling banyak. Semasa difungsikan, penampungan di Lviv itu telah digunakan untuk membantai kurang lebih 100.000 orang Yahudi.

Laurent Robert Blanc kala membela Prancis pada Piala Dunia 1998. (Telegraph.co.uk)

Laurent Robert Blanc kala membela Prancis pada Piala Dunia 1998. (Telegraph.co.uk)

1965
Laurent Robert Blanc lahir di Ales, Prancis. Namanya lantas dikenal sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni Napoli, Barcelona, Marseille, Inter Milan, dan Manchester United. Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola pada 2003, Blanc lantas menjajaki dunia kepelatihan. Ia pernah mennjadi arsitek Tim Nasional Pranicis dari 2010 hingga 2012 dan Paris Saint Germain sejak 2013 hingga 2016.

1969
Edison Arantes do Nascimento atau Pele mencetak gol ke-1.000 selama kariernya di dunia sepak bola profesional kala membela Santos yang berhadapan dengan Vasco da Gama di Stadion Maracana, Rio di Janeiro, Brasil. Gol itu dicetak Pele melalui titik penalti. Sepanjang kariernya bersama Santos selama kurang lebih 17 tahun, Pele telah mencetak 1.091 dari 1.115 penampilan.

1977
Presiden Mesir Anwar Sadat menjadi pemimpin Arab pertama yang mengunjungi Israel secara resmi. Kunjungannya ke Israel itu bertujuan untuk bertemu Perdana Menteri Israel Menachem Begin dan berbicara di depan parlemen Israel di Yerusalem demi mencari penyelesaian perdamaian yang permanen antara Mesir dan Israel setelah beberapa kali berseteru.

2013
Serangan bom bunuh diri mendera Kedutaan Besar Iran di Lebanon, Suriah dan menewaskan 23 orang serta melukai 160 lainnya. Serangan itu diduga dilakukan ISIS sebagai wujud protes terhadap Iran yang mendukung pemerintah Suriah dalam Perang Saudara Suriah. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 18 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 16 November

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya