SOLOPOS.COM - Sketsa wajah KH Ahmad Dahlan. (Suaramuhammadiyah.id)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 18 November, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 18 November. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut sejumlah peristiwa yang dirangkum Semarangpos.com dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 18 November.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1421
Dinding penahan air laut di Zuiderzee, Belanda jebol sehingga air laut membanjiri 72 desa di sekitarnya. Akibat peristiwa itu, sekitar 10.000 orang kehilangan nyawa mereka.

1812
Pertempuran Krasnoi antara pasukan Prancis dan pasukan Rusia yang berlangsung selama empat hari di Krasny, Rusia berakhir. Pertempuran tersebut berhasil dimenangi pasukan Rusia yang berhasil memukul mundur pasukan Prancis. Meski demikian, pemimpin pasukan Prancis, Michel Ney, mendapatkan julukan “Si Pemberani dari yang Paling Berani” lantaran keberaniannya pada pertempuran tersebut.

1912
K.H. Ahmad Dahlan mendirikan organisasi bernama Muhammadiyah di Kauman, Kota Jogja, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Organisasi tersebut didirikan untuk mendukung usaha Ahmad Dahlan yang ingin memurnikan ajaran Islam lantaran ia menganggap Islam di Indonesia banyak dipengaruhi hal-hal mistik. Kini, Muhammadiyah menjadi salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Pasukan Inggris yang berangkat menuju Somme, Prancis untuk bertempur melawan Jerman, 1916. (Wikimedia.org)

Pasukan Inggris yang berangkat menuju Somme, Prancis untuk bertempur melawan Jerman, 1916. (Wikimedia.org)

1916
Pertempuran Somme I antara Sekutu dan Jerman di dekat Sungai Somme, Prancis berakhir. Pertempuran yang berlangsung lebih dari empat bulan itu berakhir buntu dan tak jelas pemenangnya karena kedua pasukan sama-sama menarik diri dari medan pertempuran.

1918
Menyusul runtuhnya Kekaisaran Rusia, Latvia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya. Namun demikian, kemerdekaan Latvia hanya bertahan selama 22 tahun setelah Uni Soviet mendudukinya pada 1940. Latvia baru kembali merdeka pada 21 Agustus 1991.

Adolf Hitler. (Infostormer.com)

Adolf Hitler. (Infostormer.com)

1940
Pemimpin Jerman Adolf Hitler dan Menteri Luar Negeri Italia Galeazzo Ciano bertemu untuk membahas invasi Italia ke Yunani yang sudah dimulai sejak Oktober. Pertemuan itu diduga dilakukan Italia demi meminta bantuan kepada Jerman. Namun hingga invasi berakhir, Jerman diketahui belum memberikan bantuan.

1943
Inggris menyerang Berlin menggunakan pesawat tempur dan menyebabkan kerusakan beberapa bangunan dan menewaskan 131 orang. Serangan tersebut lantas memicu Pertempuran Berlin yang berlangsung hingga 31 Maret 1944 dan berakhir dengan kemenangan Jerman.

Kirk Lee Hammett. (Thefamouspeople.com)

Kirk Lee Hammett. (Thefamouspeople.com)

1962
Kirk Lee Hammett lahir di El Sobrante, California, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal sebagai gitaris band metal ternama, Metallica. Bersama Metallica sejak 1982, Hammett telah menorehkan 10 album.

1963
Peter Boles?aw Schmeichel lahir di Gladsaxe, Denmark. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang berposisi sebagai penjaga gawang dan penah membela salah satu klub besar di Inggris, yakni Manchester United (MU) dari 1991 sampai 1999. Schmeichel lantas menyatakan pensiun pada 2003. Klub terakhir yang dibela Schmeichel adalah rival sekota MU, yakni Manchester City.

1991
Setelah dikepung selama 87 hari, pasukan Korasia akhirnya menyerah kepada pasukan Yugoslavia. Selain itu, pasukan Kroasia juga harus merelakan Kota Vukovar dikuasai Yugoslavia. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 18 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 17 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 16 November

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya