SOLOPOS.COM - John Travolta. (Thedailybeast.com)

Berikut catatan peristiwa dunia hari ini, 18 Februari.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting terjadi pada hari ke-49 dalam sistem kalender Gregorian, 18 Februari. Dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory, dan Wikipedia, berikut ii sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada hari ini di tahun-tahun silam:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ilustrasi Fredrik II (kiri) dan Al Kamil (kanan). (Wikipedia)

Ilustrasi Fredrik II (kiri) dan Al Kamil (kanan). (Wikipedia)

1229
Dalam Perang Salib VI, Kaisar Romawi, Fredrik II, menandatangani perjanjian gencatan senjata dengan pemimpin Dinasti Ayyubiyyah, Al Kamil, untuk rentang waktu 10 tahun. Perjanjian itu sekaligus menegaskan Yerusalem, Nazaret, dan Betlehem menjadi kekuasaan Kekaisaran Romawi tanpa harus berperang.

1478
Pangeran Clarence Inggris, George, dihukum mati secara tertutup di Menara London, Inggris karena dianggap berkhianat kepada sang raja, Edward IV. George adalah adik kandung dari Edward IV yang juga mempunyai peran besar dalam kepemimpinan raja Inggris Raya itu.

1930
Astronom asal Amerika Serikat (AS) Clyde William Tombaugh menemukan planet baru di observatoriumnya di Arizona, AS. Planet itu lantas diberi nama Pluto yang diambil dari nama dewa Yunani.

1937
Badai pasir melanda lima negara bagian di Amerika Serikat (AS), yakni Kansas, Colorado, Oklahoma, Texas, dan New Mexico. Belasan orang meninggal karena kesulitan bernapas. Setelah badai pasir reda, debu tebal menyelimuti lima negara bagian tersebut selama beberapa hari.

1943
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam gerakan anti-Nazi di Jerman yang disebut White Rose ditangkap. Lima hari kemudian, para mahasiswa itu dijatuhi hukuman mati dengan cara kepala mereka dipenggal.

1954
John Travolta lahir di Englewood, New Jersey, Amerika Serikat (AS) dengan nama lengkap John Joseph Travolta. Pria yang kini berumur 63 tahun ini adalah aktor kawakan yang sudah membintangi sejumlah judul film layar lebar. Ia tercatat sudah membintangi lebih dari 30 judul film layar lebar dan serial televisi.

1964
Amerika Serikat (AS) mengecam Inggris, Prancis, dan Yugoslavia karena masih berhubungan dengan Kuba. AS meminta ketiga negara itu menghentikan aktivitas perdagangan ke Kuba dan menarik semua bantuan pertahanan yang diberikan. Kecaman itu adalah salah satu upaya AS untuk mengacaukan Kuba yang berada di bawah pimpinan Fidel Castro. Castro adalah pemimpin Kuba yang kerap menggaungkan kampanye anti-AS.

Pembacaan pidato sportpalast. (Wikipedia)

Pembacaan pidato sportpalast. (Wikipedia)

1943
Menteri Propaganda Jerman, Joseph Goebbels, menyampaikan Pidato Sportpalast untuk memotivasi rakyat Jerman saat pasukan Jerman mulai mengalami kemunduran dalam Perang Dunia II. Pidato ini disampaikan setelah Jerman mengalami banyak kekalahan dalam pertempuran dengan Sekutu, salah satunya dalam Pertempuran Stalingard.

2011
Kota kecil di Australia, Speed, resmi berubah nama menjadi Speedkills untuk satu bulan. Sejumlah 45 warga Kota Speed sepakat untuk mengganti nama kota menjadi Speedkills untuk mendukung kampanye keselamatan berkendara.

2012
Kapal perang milik Angkatan Laut Iran melintas di terusan Suez untuk menuju Laut Mediterania. Sebelumnya, kapal perang Iran hanya melintas sekali di terusan Suez pada 1979 saat terjadi revolusi di negara tersebut. Namun untuk yang kali kedua ini, Iran hanya ingin menunjukkan kekuatan militernya ke sejumlah negara di sekitar Laut Mediterania. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya