SOLOPOS.COM - Palang merah dalam bunga melati lambang Palang Merah Indonesia (PMI). (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 17 September, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 17 September. Demi mengenangnya kembali, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 17 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1811
Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Belanda di beberapa wilayah di Pulau Jawa. Pasukan Inggris yang menyerbu Jawa selama kurang lebih sebulan berhasil membuat Belanda bertekuk lutut. Atas kekalahan itu, Belanda menyerahkan kekuasaannya di Pulau Jawa kepada Inggris.

1894
Pertempuran antara pasukan Tiongkok dan pasukan di dekat Sungai Yalu, Tiongkok meletus. Pertempuran itu berakhir dengan kemenangan telak bagi kubu Jepang. Pertempuran Sungai Yalu merupakan salah satu pertempuran terbesar dalam Perang Tiongkok-Jepang I.

1939
Uni Soviet mulai menginvasi Polandia untuk bersaing dengan Jerman yang lebih dahulu menginvasinya. Invasi Jerman dan Uni Soviet ke Polandia berlangsung hingga 6 Oktober pada tahun yang sama. Jerman dan Uni Soviet lantas menguasai beberapa wilayah Polandia hingga akhir Perang Dunia II.

1940
Menyusul kekalahan dari Inggris dalam Pertempuran Britania, pemimpin Jerman Adolf Hitler memerintahkan pasukannya melaksanakan Operasi Singa Laut. Dalam operasi tersebut, Angkatan Udara Jerman diperintahkan membombardir markas-markas militer di Inggris menggunakan pesawat tempur. Sayangnya, upaya Jerman itu berhasil diredam Angkatan Udara Inggris.

Tentara Sekutu mengintai pasukan Jerman dalam Pertempuran San Marino, 1944. (Wikimedia.org)

Tentara Sekutu mengintai pasukan Jerman dalam Pertempuran San Marino, 1944. (Wikimedia.org)

1944
Pasukan Sekutu menyerang pasukan Jerman dan pasukan Italia yang menduduki San Marino. Penyerbuan Sekutu itu memicu Pertempuran San Marino yang berlangsung selama tiga hari. Pertempuran tersebut dimenangi pasukan Sekutu yang berhasil mengusir pasukan Jerman dan pasukan Itala dari San Marino.

1944
Pasukan Uni Soviet melancarkan serangan terhadap pasukan Jerman dan Pasukan Pejuang Kemerdekaan di Estonia di Estonia. Setelah melakukan penyerangan selama sembilan hari, pasukan Uni Soviet berhasil menguasai Estonia.

1945
Palang Merah Indonesia (PMI) didirikan dan Mohammad Hatta menjadi ketuanya. Hingga kini, hari PMI diperingati pada 17 September setiap tahunnya.

Pertempuran Chawinda di Chawinda, Punjab, Pakistan, 1965. (Saddahaq.com)

Pertempuran Chawinda di Chawinda, Punjab, Pakistan, 1965. (Saddahaq.com)

1965
Pertempuran Chawinda antara pasukan Pakistan dan Pasukan India meletus di Chawinda, Punjab, Pakistan. Pertempuran itu berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Pakista. Pertempurajn Chawinda merupakan pertempuran tank terbesar kedua sepenjang sejarah setelah Pertempuran Kursk di masa Perang Dunia II.

Simone Pasquale Perrotta kala masih berseragam AS Roma. (Alchetron.com)

Simone Pasquale Perrotta kala masih berseragam AS Roma. (Alchetron.com)

1977
Simone Pasquale Perrotta lahir di Ashton-under-Lyne, Inggris. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Italia, AS Roma, dari 2004 hingga 2013. Selama berseragam AS Roma, Perrotta yang memiliki poisisi sebagai gelandang tengah sudah bermain sebanyak 246 kali dan mencetak 36 gol di kompetisi Liga Italia. Meski lahir di Inggris, Perrotta memiliki kewarganegaraan Italia. Perrotta pensiun dari dunia sepak bla pada 2013 silam.

2016
Dua serangan bom mendera wilayah Seaside Park, New Jersey dan Manhattan, New York di Amerika Serikat. Bom yang meledak pada waktu yang berbeda itu tak menelan korban jiwa, namun melukai 31 orang. Pelaku penyerangan tersebut, Ahmad Khan Rahimi, ditangkap dua hari kemudian di Linden, New Jersey. Ahmad Khan Rahimi diketahui merupakan anggota kelompok Taliban.  (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 16 September
KLIK DI SINI
untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 September
KLIK DI SINI
untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 September

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya