Tutup Iklan

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 17 Oktober

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 17 Oktober

SOLOPOS.COM - Sketsa Sersan Dua Usman Jannatin dan Kopral Dua Harun Tohir dokumen Marinir TNI AL. (JIBI/Solopos/Dok.)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 14 Oktober tersaji dalam tulisan berikut.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 14 Oktober. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 14 Oktober, demi mengenangnya.

1346
Pasukan Inggris berhasil mengalahkan pasukan Skotlandia dalam pertempuran di Neville’s Cross, sebelah barat Durham, Inggris. Raja Skotlandia David II lantas ditangkap pasukan Inggris dan dipenjara di Menara London selama 11 tahun.

1448
Pertempuran Kosovo II antara pasukan Kesultanan Ottoman dan pasukan Kerajaan Hungaria meletus di Kosovo, Serbia. Pertempuran tersebut berlangsung selama tiga hari dan berakhir dengan kemenangan pasukan Kesultanan Ottoman. Atas kemenangan itu, pasukan Ottoman berhasil mengamankan Konstantinopel dari upaya perebutan yang dilakukan musuh.

1800
Inggris mengambil alih kekuasaan di Pulau Curacao dari Belanda. Namun pada 1815, Belanda kembali berkuasa di pulau yang terletak di wilayah Karibia tersebut. Hingga kini, Pulau Curacao masih menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Belanda.

1912
Kerajaan Bulgaria, Kerajaan Yunani, dan Kerajaan Serbia mendeklarasikan perang terhadap Kesultanan Ottoman demi membantu Kerajaan Montenegro dalam Perang Balkan I di Semenanjung Balkan. Negara-negara yang melawan Kesultanan Ottoman itu lantas disebut Liga Balkan. Perang tersebut lantas berlangsung selama hampir delapan bulan dengan kemenangan Liga Balkan.

1941
Untuk kali pertama di masa Perang Dunia II, kapal selam milik Jerman U-568 menyerang kapal perang milik Amerika Serikat (AS) USS Kearny di perairan Reykjavik, Islandia. Akibat serangan itu, 11 orang meninggal dunia, 22 orang terluka, dan kapal USS Kearny mengalami kerusakan parah.

1941
Pasukan Jerman mengeksekusi mati semua pria di Desa Kerdyllia, Seres, Yunani. Selain itu, pasukan Jerman juga membumihanguskan permukiman di desa tersebut. Wilayah Seres lantas diduduki Jerman hingga 1944.

Monumen peringatan di bekas Penampungan Sobibor, Polandia yang dibangun dari campuran semen dan abu manusia. (Wikimedia.org)
Monumen peringatan di bekas Penampungan Sobibor, Polandia yang dibangun dari campuran semen dan abu manusia. (Wikimedia.org)

1943
Penampungan orang Yahudi di Sobibor, Polandia resmi ditutup. Penampungan itu difungsikan Jerman sejak 16 Mei 1942. Selama difungsikan, penampungan tersebut telah digunakan pasukan Jerman untuk mengeksekusi mati sekitar 200.000 hingga 250.000 orang Yahudi.

Mohammad Yamin. (Wikimedia.org)
Mohammad Yamin. (Wikimedia.org)

1962
Mohammad Yamin meninggal dunia pada usia 59 tahun di Jakarta. Yamin merupakan sastrawan, sejarawan, budayawan, politikus, dan ahli hukum yang dikenal luas sebagai salah satu pelopor sumpah pemuda. Selain itu, Yamin juga menyandang gelar pahlawan nasional.

Mac Donald House, bangunan yang diserang dua prajurit TNI, 10 Maret 1965. (Roots.sg)
Mac Donald House, bangunan yang diserang dua prajurit KKO TNI AL, 10 Maret 1965. (Roots.sg)

1968
Sersan Dua Usman Jannatin dan Kopral Dua Harun Tohir dihukum gantung oleh otoritas Sinagpura lantaran mengebom Hong Kong and Shanghai Bank atau yang sekarang dikenal sebagai Mac Donald House pada 10 Maret 1965. Serbenarnya, dua anggota TNI itu ditugaskan untuk melakukan sabotase dengan mengebom rumah tenaga listrik, bukan bangunan yang ramai warga sipil. Sabotase itu merupakan salah satu tindakan TNI semasa konfrontasi antara Indonesia dan Malaysia. Usman dan Harun lantas dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

1987
Hari Pembebasan Kemiskinan kali pertama diperingati di Paris, Prancis. Pada 1992, PBB lantas menetapkan 17 Oktober sebagai Hari Pembebasan Kemiskinan Sedunia. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 16 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 Oktober

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.