CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 17 Februari, Perang Vietnam-Tiongkok Meletus

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 17 Februari, Perang Vietnam-Tiongkok Meletus

SOLOPOS.COM - Tentara Tiongkok yang teribat Perang Vietnam-Tiongkok. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 17 Februari dihimpun dalam tulisan berikut.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 17 Februari. Pada 17 Februari 1979, perang antara Vietnam dan Tiongkok meletus.

Selain Hari Kasih Sayang, terdapat beberapa peristiwa bersejarah yang patut dikenang pada 17 Februari. Berikut Semarangpos.com menghimpun peristiwa-peristiwa itu dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

1370
Pasukan Teutonik dari Jerman berhasil mengalahkan pasukan Kadipaten Lituania Raya dalam Pertempuran Rudau di Desa RUdau atau yang kini dikenal dengan nama Desa Melnikovo yang masuk ke dalam wilayah Kaliningrad, Rusia. Pasukan Teutonik kemudian merebut Desa Rudau dari Lituania.

1801
Pemilihan presiden pertama di Amerika Serikat (AS) berakhir imbang untuk kedua calon, yakni Thomas Jefferson dan Aoron Burr. Pemilihan presiden kemudian berlanjut pada musyawarah House of Representative yang akhirnya menetapkan Jefferson sebagai presiden dan Burr sebagai wakil presiden.

1859
Angkatan Laut Prancis berhasil merebut Benteng Saigon yang diperkuat 1.000 tentara Dinasti Nguyen. Perebutan benteng tersebut dilakukan tentara Prancis dalam perjalanan untuk menaklukkan Saigon dan wilayah-wilayah lainnya di Vietnam Selatan.

1911
Starter elektrik pada mobil untuk kali pertama dipasang pada mobil Cadillac yang diproduksi di Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, semua mobil masih menggunakan starter manual berupa engkol yang harus diputar untuk menghidupkan mesin.

1944
Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai melancarkan serangan udara ke pangkalan angkatan udara dan angkatan laut Jepang di Truk, Kepulauan Caroline. Serangan tersebut kemudian berlangsung selama dua hari. Dengan serangan itu, Jepang membatalkan niatnya menguasai Atol Enewetak di Samudera Pasifik.

1947
Stasiun penyiaran radio milik pemerintah Amerika Serikat (AS), Voice of America (VOA), menyiarkan siaran radio di Uni Soviet. Siaran itu merupakan upaya propaganda AS ke Uni Soviet di awal Perang Dingin.

1979
Perang antara Vietnam dan Tiongkok di wilayah perbatasan dua negara tersebut dimulai setelah Tiongkok melancarkan serangan ke wilayah Vietnam. Serangan itu dilakukan Tiongkok sebagai balasan atas invasi dan pendudukan Vietnam terhadap Kamboja. Setelah pertempuran berlangsung selama lebih dari tiga minggu, tentara Tiongkok mundur dari medan perang. Kedua belah pihak mengklaim menang pada perang yang dikenang dengan sebutan Perang Tiongkok-Vietnam atau Perang Indochina Ketiga itu.

Paris Whitney Hilton. (Youtube.com)
Paris Whitney Hilton. (Youtube.com)

1981
Paris Whitney Hilton lahir di New York City, New York, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya dikenal sebagai aktris, penyanyi, dan model papan atas. Paris Hilton juga dikenal sebagai pewaris perusahaan perhotelan multinasional bernama Hilton Hotels Corporation milik ayahnya yang bermarkas di Beverly Hills.

1993
Marc Marquez Alenta lahir di Cervera, Spanyol. Ia kemudian dikenal sebagai pembalap Moto GP. Di umurnya yang ke-24, ia sudah menyabet empat gelar juara Moto GP sehingga membuatnya dijuluki sebagai Baby Alien atau Bayi Alien.

Marc Marquez Alenta. (Wikimedia.org)
Marc Marquez Alenta. (Wikimedia.org)

2008
Kosovo memproklamasikan kemerdekaanya dari Serbia. Kemerdekaan Kosovo itu telah diakui secara resmi oleh berbagai negara, di antaranya Albania, Amerika Serikat (AS), Inggris, Prancis, dan Turki. Negara yang menolak kemerdekaan Kosovo antara lain Tiongkok, Rusia, dan Serbia. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Februari

Berita Terkait

Berita Terkini

Setahun Proses Seleksi, 3 Jabatan Eselon II Pemkab Klaten Akhirnya Terisi

Bupati Klaten Sri Mulyani melantik tiga pejabat yang mengisi tiga jabatan eselon II yang selama setahun ini melewati proses seleksi.

Kisah ABG Klaten Terobos Penyekatan: Niat Beli Makan Ke Jogja, Pulang Jadi Tersangka

ABG Klaten yang nekat terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan niatnya pergi ke Jogja untuk beli makan buat buka puasa.

Dikhawatirkan Picu Kerumunan, Pasar Tiban di Pekalongan Dibubarkan

Meningkatnya aktivitas warga menjelang Lebaran, terutama di Alun-alun Kota Pekalongan rawan memicu penyebaran virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Selasa 11 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Selasa, 11 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Warga di 12 Padukuhan di Sleman Dilarang Salat Id Berjamaah

Kalau sudah zona merah, salat Idulfitri baik di masjid maupun lapangan tidak dibolehkan.

Kemenag Jateng Sebut Sudah 300 Ulama Meninggal Akibat Covid-19

Data dari Kementerian Agama pusat ada 300 ulama yang meninggal akibat terpapar Covid-19 se-Indonesia.

Kemenhub Ungkap Potensi Warga Mudik Besok

Kemenhub memperkirakan aktivitas mudik bakal terjadi lagi, Selasa (11/5/2021) besok dan Rabu (12/5/2021) lusa.

Tambang Emas Longsor di Sumbar, 4 Meninggal

Asnedi mengatakan longsor di lokasi tambang itu bukan sekali ini terjadi. Sebelumnya, menurut Asnedi, lokasi tambang itu pernah longsor Januari lalu.

Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal, Dinkes Tracing Safari Dakwah

Dinkes Riau meminta puskesmas yang wilayahnya ketempatan safari dakwah Ustaz Tengku Zulkarnain segera melalukan tracing kontak fisik.

Mudik Dilarang, Pedagang di Madiun Ngeluh Pasar Sepi Jelang Lebaran

Jika dibandingkan dengan momen Lebaran tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kondisi pasar menjadi paling sepi.

Usulan Liga 1 Tanpa Degradasi, Presiden Pasoepati: Ini Kompetisi atau Tarkam?

Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong, menyayangkan munculnya gagasan kompetisi tanpa degradasi di Liga 1 maupun Liga 2. Menurut Gondrong, liga tanpa degradasi sama saja mengebiri ruh kompetisi.