SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasukan Teutonik dari Jerman. (History-World.org)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 17 Februari, patut Anda simak.

Solopos.com, SOLO – Terjadi berbagai macam peristiwa di berbagai penjuru dunia pada 17 Februari. Dihimpun dari Brainyhitory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia, berikut Solopos.com merangkumnya dalam catatan peristiwa dunia hari ini:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1370
Pasukan Teutonik dari Jerman berhasil mengalahkan pasukan Grand Duchy dari Lithuania dalam Pertempuran Rudau. Pasukan Teutonik juga berhasil menduduki Desa Rudau yang kini dikenal dengan nama Desa Melnikovo yang masuk ke dalam wilayah Kaliningrad, Rusia.

Thomas Jefferson (Stephenhicks.org)

Thomas Jefferson (Stephenhicks.org)

1801
Pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) untuk kali pertama berakhir imbang untuk kedua calon, yakni Thomas Jefferson dan Aoron Burr. Hasil musyawarah House of Representative akhirnya menetapkan Jefferson sebagai presiden dan Burr sebagai wakil presiden.

1859
Angkatan Laut Prancis berhasil menduduki Benteng Saigon di Vietnam yang diperkuat sekitar 1.000 tentara Dinasti Nguyen dalam Operasi Cochinchina. Dalam Operasi Cochinchina, Prancis berupaya menaklukkan seluruh wilayah Vietnam bagian selatan. Saigon kini menjadi ibu kota Vietnam dan dikenal dengan nama Kota Ho Chi Minh meskipun masyarakat Vietnam masih sering menyebutnya dengan nama Saigon.

Mobil Cadillac keluaran 1911. (Momentcar.com)

Mobil Cadillac keluaran 1911. (Momentcar.com)

1911
Starter eletrik pada mobil untuk kali pertama dipasang pada mobil Cadillac yang diproduksi di Amerika Serikat (AS). Sebelumnya, semua mobil masih menggunakan starter manual berupa engkol yang harus diputar untuk menghidupkan mesin. Engkol dianggap berbahaya karena telah melukai sejumlah orang yang menggunakannya.

1934
Raja Belgia, Albert I, mangkat pada usianya 58 tahun. Pada masa kepemimpinannya, Belgia mengalami banyak gejolak, termasuk pada masa Perang Dunia I saat Belgia diduduki Jerman. Raja Albert I meninggal dunia saat mendaki gunung sendirian di Pegunungan Roche du Vieux Bon Dieu, kawasan Marche les Dames, Ardennes, Belgia.

1947
Dengan dimulainya Perang Dingin setelah Perang Dunia II, Amerika Serikat (AS) memperkenalkan Voice Of America (VOA) kepada rakyat Rusia. Pengenalan VOA itu adalah bagian dari kampanye propaganda untuk melawan komunisme dan Uni Soviet selama Perang Dingin.

1950
Edgar Sanders mengakui telah menjadi mata-mata Inggris untuk Amerika Serikat (AS). Sanders diduga telah memata-matai Inggris untuk AS selama sepuluh tahun. Selama itu, ia juga menjadi asisten pengusaha besar AS bernama Robert A. Vogeler Junior.

Pose Paris Hilton memeluk boneka Teddy  (JIBI/Harian Jogja/Instagram)

Pose Paris Hilton memeluk boneka Teddy (JIBI/Harian Jogja/Instagram)

1981
Paris Hilton lahir di New York City, New York, Amerika Serikat (AS). Ia kini dikenal sebagai aktris, penyanyi, dan model papan atas. Paris Hilton juga dikenal sebagai pewaris perusahaan perhotelan multinasional bernama Hilton Hotels Corporation milik ayahnya yang bermarkas di Beverly Hills, California, AS.

1993
Marc Marques lahir di Cervera, Spanyol dengan nama lengkap Marc Marques Alenta. Marc Marques adalah pembalap Moto GP dari tim Repsol Honda. Di umurnya yang ke-24, ia sudah menyabet tigal gelar juara Moto GP. Dengan tiga gelar juara di umurnya yang masih muda, ia dijuluki Baby Alien.

2013
Sejumlah orang bertopeng menyerang tambang emas di Yunani. Para penyerang itu membakar sejumlah mesin dan beberapa kendaraan yang ada di tambang. Peristiwa penyerangan itu diduga berkaitan dengan penolakan sejumlah rakyat Yunani terhadap aktivitas penambangan. Mereka khawatir aktivitas penambangan itu akan merusak alam. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya