Tutup Iklan

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 16 Oktober

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 16 Oktober

SOLOPOS.COM - Studio The Walt Disney Company, 1926. (ohmy.disney.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 16 Oktober, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada hari ke-289—hari ke-290 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 16 Oktober. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum berbagai peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 16 Oktober, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

955
Pasukan Kerajaan Jerman berhasil mengalahkan pasukan Bangsa Slavia yang dibantu pasukan Konfederasi Obotrite dan pasukan Konfederasi Veleti dalam pertempuran di Mecklenburg-Vorpommern, Jerman. Pertempuran itu meletus setelah Bangsa Slavia berusaha memberontak terhadap pemerintahan Kerajaan Jerman.

1793
Pertempuran antara pasukan Prancis dan pasukan Habsburg Austria yang dibantu pasukan Belanda di Wattignies-la-Victoire, dekat Maubeuge, Prancis berakhir. Salah satu pertempuran di masa Perang Revolusi Prancis yang berlangsung selama dua hari itu berhasil dimenangi pasukan Prancis.

Lukisan karya Alexander Sauerweid yang menggambarkan pertempuran antara pasukan Koalisi Keenam dan pasukan Prancis di wilayah Leipzig, Saxony, 1813. (Wikimedia.org)
Lukisan karya Alexander Sauerweid yang menggambarkan pertempuran antara pasukan Koalisi Keenam dan pasukan Prancis di wilayah Leipzig, Saxony, 1813. (Wikimedia.org)

1813
Negara-negara anggota Koalisi Keenam menyerbu pasukan Prancis yang menguasai wilayah Leipzig, Saxony. Serangan itu memicu pertempuran yang berlangsung selama empat hari. Pasukan Koalisi Keenam berhasil memenangi pertempuran tersebut. Sedangkan Prancis yang kalah harus rela kehilangan kekuasaannya di wilayah Rhine.

1836
Pasukan Voortrekkers—kelompok peternak di Afrika bagian selatan—berhasil mengalahkan pasukan Suku Matabele di dekat wilayah yang kini dikenal sebagai Heilbron, Free State, Afrika Selatan. Pertempuran itu merupakan balasan Voortrekkers terhadap Suku Mataele yang dituduh telah membunuh beberapa orang Voortrekkers.

1905
Sarekat Dagang Islam (SDI) didirikan Oktober 1905 oleh Haji Samanhudi dan beberapa orang lainnya. Pada awalnya, organisasi tersebut merupakan wadah bagi pedagang-pedagang Islam yang menentang kebijakan-kebijakan ekonomi yang diterapkan Pemerintah Kolonial Belanda. Namun seiring waktu, organisasi itu mulai merambah ke masalah politik untuk menentang kolonialisme dan imperialisme Belanda.

1923
The Walt Disney Company didirikan di Hollywood, California, Amerika Serikat (AS) oleh Walt Disney dan Roy Disney. Kini, perusahaan tersebut menjadi perusahaan terbesar di dunia dalam bidang hiburan dan media.

Dinding batas antara permukiman orang Yahudi (kanan) dengan permukiman umum di Warsawa, Polandia, 1942. (Wikimedia.org)
Dinding batas antara permukiman orang Yahudi (kanan) dengan permukiman umum di Warsawa, Polandia, 1942. (Wikimedia.org)

1940
Permukiman orang-orang Yahudi di Warsawa, Polandia mulai dibangun. Permukiman tersebut difungskan hingga Mei 1943. Sekitar 300.000 orang Yahudi tewas di permukiman tersebut setelah mengalami kelaparan dan dibantai pasukan Jerman.

1943
Sebanyak 1.259 orang Yahudi yang terdiri atas 363 pria, 689 wanita dan 207 anak-anak di Roma, Italia digerebek pasukan Jerman. Sekitar 1.023 di antara mereka dideportasi ke penampungan di Auschwitz, Polandia. Dari jumlah tersebut, diperkirakan hanya 15 pria dan satu wanita yang berhasil bertahan hidup dari pembantaian.

1964
Untuk kali pertama, Tiongkok berhasil melakukan uji coba bom nuklir di Lop Nur, Tiongkok. Daya ledak bom tersebut diklaim setara dengan bom atom yang dijatuhkan pasukan Amerika Serikat (AS) di Nagasaki, Jepang pada 1945. Sebelumnya, Tiongkok telah 45 kali menguji coba bom nuklir, namun semuanya dianggap gagal.

Casey Stoner. (Crash.net)
Casey Stoner. (Crash.net)

1985
Casey Stoner lahir di Kurri Kurri, New South Wales, Australia. Ia lantas dikenal luas sebagai pembalap yang pernah menjuarai ajang Moto GP pada 2007 dan 2011. Stoner juga dikenal sebagai pembalap pertama yang berhasil mengantar tim Ducati sebagai juara Moto GP pada 2007. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Oktober

Berita Terkait

Berita Terkini

Terbentur Undang-Undang, Kemenag Solo Tak Keluarkan Izin Tempat Belajar Anak-Anak Perusak Makam di Mojo

Kemenag Kota Solo memastikan tidak mengeluarkan izin keberadaan kuttab atau lembaga pendidikan anak usia dini di Mojo, Pasar Kliwon.

Rumah di Pinggir Jalan Raya Bikin Pusing? Coba Tips Ini

Tanam saja tanaman perdu yang daunnya berwarna-warni. Selain bisa meredam suara berisik, adanya tanaman ini bisa memperindah rumah di pinggir jalan.

7 Rekomendasi Mobil Murah di Bawah Rp100 Juta yang Terjangkau

Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan berbagai alternatif mobil murah di bawah Rp100 juta yang cocok untuk kantong Anda.

Warga Sragen Buktikan Ivermectin Ampuh Jadi Obat Covid-19, 5 Hari Mengonsumsi Langsung Negatif

Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Mantan Bupati Sragen Promosikan Ivermectin Sebagai Obat Covid-19, Terbukti Ampuh?

Bupati Sragen periode 2001-2011, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).

Lezatnya Suboli Pizza, Pizza Susu Khas Boyolali

Di Boyolali, terdapat kuliner khas yakni pizza susu dan dikenal dengan nama Suboli Pizza. Makanan ini biasanya dijual di Jl Pandan Arang, Boyolali.

Warga Kerja Bakti Bersihkan Makam di Mojo, Kapolresta: Budaya Wong Solo!

Jajaran Polresta Solo, TNI, dan Ormas membersihkan dan memperbaiki makam di TPU Cemoro Kembar, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (23/6/2021).