CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 16 Februari, Selamat Ulang Tahun Rossi!

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 16 Februari, Selamat Ulang Tahun Rossi!

SOLOPOS.COM - Valentino Rossi. (Motorcyclenews.com)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia dari tahun ke tahun pada 16 Februari disajikan dalam tulisan ini.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di seluruh penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 16 Februari. Lahirnya pembalap Moto GP Valentino Rossi merupakan salah satu peristiwa yang terjadi pada 16 Februari.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 16 Februari.

1918
Lituania mendeklarasikan kemerdekaannya dari Jerman. Sebelumnya, wilayah Lituania telah diduduki Jerman sejak 1915.

1923
Makam Raja Tutankhamun di Mesir dibongkar untuk kepentingan Ilmu Sejarah. Pembongkaran itu mampu membuat para arkeolog takjub setelah ditemukan kuil berlapis ukiran emas di dalam makam. Berbagai barang di Makam Raja Tutankhamun pun dianggap masih utuh dan belum tersentuh selama lebih dari 3.000 tahun.

1940
Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Jerman meletus di perairan Jossingfjord, Norwegia. Pasukan Inggris yang menggunakan kapal tempur berhasil menang atas Jerman yang hanya mengerahkan kapal tanker. Sebanyak 299 tentara Inggris yang ditawan pasukan Jerman di kapal tanker bernama Altmark itu berhasil dibebaskan. Dari pertempuran yang dikenang dengan sebutan Insiden Altmark itu, Jerman harus kehilangan delapan tentaranya yang tewas, sedangkan dari kubu Inggris sama sekali tak ada korban jiwa.

1941
Kim Jong Il lahir di Vyatskoye, Uni Soviet, wilayah yang kini menjadi milik Korea Utara (Korut). Namanya kemudian dikenal luas sebagai presiden Korut yang mulai menjabat sejak 1993 hingga akhir hayatnya pada 2011. Ia lantas digantikan putranya, Kim Jong Un, yang memimpin Korut hingga kini.

1943
Pasukan Uni Soviet berhasil merebut kembali wilayah Kharkiv setelah dikuasai Jerman sejak 24 Oktober 1941. Namun demikian, Jerman kembali berupaya Kharkiv pada 15 Maret 1943. Uni Soviet benar-benar berhasil membebaskan Kharkiv dari cengkeraman Jerman pada 23 Agustus 1943.

1959
Fidel Castro dilantik menjadi perdana menteri ke-16 Kuba. Beberapa tahun setelah Castro menjadi pemimpin Kuba, Amerika Serikat (AS) menarik semua utusan diplomatiknya dari Kuba. Tindakan AS itu dipicu kampanye anti Amerika yang digaungkan Castro.

1960
Kapal selam milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Triton, berangkat dari Pelabuhan New London, Connecticut untuk menjalankan Operation Sandblast atau Operasi Semburan Pasir. Pada operasi itu, USS Triton melakukan perjalan keliling dunia dengan terus menyelam di bawah air.

1979
Valentino Rossi lahir di Urbino, Italia. Valentino Rossi kemudian dikenal sebagai pembalap Moto GP tersukses sepanjang masa dengan tujuh gelar juara dunia. Ia berhasil menyabet gelar juara Moto GP pada 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008 dan terakhir pada 2009.

1999
Ledakan bom diiringi rentetan suara senjata api terdengar di kantor pusat pemerintahan Uzbekistan. Ledakan bom dan rentetan tembakan itu merupakan upaya percobaan pembunuhan Presiden Uzbekistan, Islam Karimov, yang dilakukan kelompok pemberontak.

2001
Tursandi Alwi secara resmi dilantik sebagai penjabat gubernur pertama di Provinsi Gorontalo. Hari itu kemudian diperingati sebagai Hari Lahir Provinsi Gorontalo hingga 2015 meski provinsi tersebut dibentuk pada 5 Desember 2000 dan disahkan pada 22 Desember 2000. Pada Sidang Paripurna DPRD Provinsi Gorontalo, 19 Agustus 2015 2015, peringatan hari lahir provinsi tersebut kemudian diubah menjadi 5 Desember. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarngpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 15 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Februari

Berita Terkait

Berita Terkini

H+1 Lebaran Jalanan Wonogiri Kok Ramai, Ternyata Ini Alasannya

Arus lalu lintas di Wonogiri pada H+1 Lebaran atau hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021) terpantau ramai lancar. Banyak warga yang berwisata maupun bersilaturahmi.

Israel Tewaskan 7 Warga Palestina di Tepi Barat

Tujuh orang warga Palestina meninggal dunia pada Jumat (14/5/2021) akibat aksi kekerasan pasukan Israel yang membubarkan aksi unjuk rasa mereka.

Pengrajin Jamu Gendong Asal Sukoharjo Tak Pulang Kampung, Sebelum Ramadan Sudah Kulakan Dulu

Sebagian pengrajin jamu asal Nguter Sukoharjo memilih tidak pulang ke kampung halaman saat Lebaran 2021. Mereka kulakan bahan baku jamu dalam jumlah besar untuk menambah stok jamu sebelum bulan puasa.

Ini Alasan Mantan Tetap Ingin Berteman, Terima atau Tidak?

Ada sejumlah penyebab melandasi niatan sang mantan ingin tetap berteman.

Benarkah Makan Bawang Merah Berlebihan Bikin Bau Vagina Tak Sedap?

Makan bawang merah bisa memicu bau tak sedap pada vagina.

Partai Golkar Kecam Keras Serangan Israel ke Palestina

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan pihaknya mengecam keras serangan tentara Israel terhadap rakyat Palestina.

Penonton Liga Inggris Bisa Sepenuhnya Datangi Stadion di Musim Ini

Pengelola Premier League Inggris berencana membuka akses bagi para penonton untuk menonton di stadion pada musim 2021- 22 ini.

Duh! Sampah Petasan Kotori Alun-Alun Pengging Boyolali

Alun-Alun Pengging Boyolali dikotori dengan keberadaan sampah. Sebagian besar sampah itu adalah serpihan-serpihan kertas bekas petasan.

Makin Brutal, Pemboman Israel Tewaskan Satu Keluarga Palestina

Pemboman oleh pasukan Israel pada Kamis (13/5/2021) malam menumpas habis seluruh anggota sebuah keluarga Palestina di wilayah utara Jalur Gaza.

Ada Larangan Mudik, Bus dan Truk yang Masuk Solo Turun Drastis

Jumlah bus dan truk yang keluar masuk Kota Solo menurun drastis selama pemberlakuan larangan perjalanan mudik oleh Kementerian Perhubungan.

Satgas Covid-19 Evaluasi Kasus Selama Libur Lebaran

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan belum bisa memperkirakan apakah terjadi lonjakan kasus Covid-19 selama libur Lebaran.

Resiliensi Sektor informal

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa, 4 Mei 2021. Esai ini karya Muhammad Taufik Nandito, mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyan Surakarta dan aktif di Lingkar Studi Sasadara di Kleco, Kota Solo.