SOLOPOS.COM - Valentino Rossi menunggangi motornya dalam kompetisi Moto GP. (Valentinorossi.com)

Catatan peristiwa bersejarah dunia pada 15 Februari ini patut Anda simak.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah di dunia terjadi pada 15 Februari. Berikut ini Solopos.com merangkumnya dari laman Internet Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1923
Makam Raja Tutankhamun di Mesir dibongkar untuk kepentingan sejarah. Para arkeolog takjub dengan penemuan kuil berlapis ukiran emas yang terdapat di dalam makam. Tak seperti kebanyakan peninggalan sejarah lain di Mesir yang kebanyakan sudah dicuri orang tak bertanggung jawab, berbagai barang di Makam Raja Tutankhamun ini dianggap masih utuh dan belum tersentuh selama lebih dari 3.000 tahun.

Kim Jong Il (Wikipedia)

Kim Jong Il (Wikipedia)

1941
Kim Jong Il lahir di Vyatskoye, wilayah Korea Utara (Korut) yang dulu masih menjadi kawasan kekuasaan Uni Soviet. Ia lantas dikenal sebagai presiden Korut yang menjabat sejak 1993 menganntikan ayahnya, Kim Il Sung, hingga akhir hayatnya pada 2011. Ia lantas digantikan putranya, Kim Jong Un, yang memimpin Korut hingga kini.

1951
Uni Soviet mengajukan komplain kepada PBB setelah PBB mengimbau kepada beberapa negara agar melakukan perlawanan terhadap pergerakan komunis di Korea Utara dan Tiongkok. Protes Uni Soviet itu tak lain karena Uni Soviet yang berkonflik dengan Tiongkok telah membuat kesepakatan damai setahun sebelumnya.

Fidel Castro (Veteranstoday.com)

Fidel Castro (Veteranstoday.com)

1959
Fidel Castro dilantik menjadi perdana menteri ke-16 Kuba. Beberapa tahun setelah Castro menjadi pemimpin Kuba, Amerika Serikat (AS) menarik semua utusan diplomatiknya dari Kuba. Penarikan utusan diplomatik AS itu karena kampanye Anti-Amerika yang digaungkan Castro.

1960
Kapal selam milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Triton, berangkat dari Pelabuhan New London, Connecticut untuk menjalankan Operation Sandblast atau Operasi Semburan Pasir. Pada operasi itu, USS Triton melakukan perjalan keliling dunia dengan terus menyelam di bawah air.

1968
Nomor telepon darurat untuk publik Amerika Serikat (AS), 911, diluncurkan di Halayville, Alabama. Nomor telepon darurat 311 adalah nomor telepon yang dapat dihubungi masyarakat yang sedang dalam keadaan darurat untuk mendapatkan bantuan dari berbagai pihak seperti polisi, pemadam kebakaran dan pertolongan medis.

1979
Valentino Rossi lahir di Urbino, Italia. Valentino Rossi dianggap sebagai pembalap Moto GP tersukses sepanjang masa dengan tujuh gelar juara dunia di kelas puncak dan dua gelar lainnya di kelas 250 cc dan 125 cc. Ia menjuarai kelas puncak Moto GP pada 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008 dan terakhir pada 2009.

1999
Sebuah bom meledak dan rentetan suara senjata api terdengar di pusat pemerintahan Uzbekistan. Ledakan bom dan rentetan tembakan itu adalah upaya percobaan pembunuhan Presiden Islam Karimov oleh kelompok pemberontak.

2011
Seorang petugas bea cukai dan imigrasi Amerika Serikat (AS) tewas ditembak anggota geng pengedar narkoba saat diperiksa di perbatasan antara Mexico dan AS. Selain itu, sejumlah petugas lain juga terluka karena tertembak.

2014
Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengusir tiga pejabat konsuler Amerika Serikat (AS) dari negaranya. Maduro menuduh tiga pejabat AS itu telah memprovokasi para mahasiswa di Venezuela untuk melakukan aksi protes kepada pemerintahan Venezuela. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya