SOLOPOS.COM - Try Sutrisno. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 15 November, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 15 November. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut sejumlah peristiwa yang dirangkum Semarangpos.com dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 15 November.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

655
Pertempuran antara pasukan Northumbria pimpinan Oswiu dan pasukan Mercia yang dipimpin Penda meletus di Cock Beck atau kini Yorkshire, Inggris. Pertempuran itu berakhir dengan kemenangan Northumbria dan kematian pemimpin Mercia, Penda. Peristiwa itu dipercaya sebagai akhir dominasi Mercia di tanah Inggris.

1315
Pasukan Konfederasi Swiss berhasil mengalahkan pasukan Kadipaten Austria di Celah Morgarten, Swiss. Pertempuran itu dipicu pihak Austria yang ingin menguasai daerah di dekat Celah Gotthard untuk mendapatkan rute terdekat menuju Italia namun tak direstui Konfederasi Swiss, termasuk Kekaisaran Romawi Suci. Atas hasil itu, Austria harus rela menunda keinginannya menguasai wilayah dekat Celah Gotthard.

1705
Pertempuran yang melibatkan pasukan Kerjaan Hungaria yang dibantu pasukan Prancis melawan Kekaisaran Habsburg yang dibantu Denmark dan Serbia meletus di Zsibo, Transylvania atau kini Jibou, Rumania. Pasukan Kerajaan Hungaria yang tak memiliki strategi matang lantas kalah dalam pertempuran itu. Setelah pertempuran berakhir, Kekaisaran Habsburg bersama Denmark membeli wilayah Transylvania dari Kerajaan Hungaria.

1889
Deodoro da Fonseca mendeklarasikan pendirian Republik Brasil dan dirinya secara resmi dinobatkan sebagai presiden pertama di Brasil. Hal itu menyusul turunnya Pedro II dari takhtanya sebagai kaisar Brasil. Dengan berdirinya Republik Brasil dan turunnya Pedro II, Kekaisaran Brasil yang berdiri sejak 1822 runtuh.

1935
Try Sutrisno lahir di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Hindia-Belanda. Pada 1988 hingga 1993, Try menjabat sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Ia kemudian mendampingi Presiden Soeharto sebagai wakil presiden dari 1993 hingga 1998.

1942
Pertempuran antar-angkatan laut antara Amerika Serikat (AS) dan Jepang di perairan dekat Pulau Guadalkanal, Kepulauan Solomon berakhir. Pertempuran yang berlangsung selama empat hari itu dimenangi pasukan AS. Jepang harus kehilangan lebih dari 1.900 tentara, 64 pesawat, dan 17 kapal. Sedangkan AS hanya kehilangan sekitar 1.700 prajurit, 36 pesawat, dan sembilan kapal.

1943
Pemimpin pasukan Schutzstaffel (SS) Jerman, Heinrich Himmler, memerintahkan pasukannya untuk memperlakukan orang Gipsi—sebutan bagi orang Romani—selayaknya orang Yahudi. Atas perintah itu, pasukan SS Jerman lantas menangkapi orang-orang Gipsi untuk dikumpulkan ke penampungan dan diperlakukan sama seperti orang Yahudi.

1946
Hasil Perundingan Linggarjati antara Indonesia dan Belanda yang digelar di Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Jabar) ditandatangani di Istana Merdeka Jakarta. Dari hasil perundingan itu,  Belanda baru mengakui kekuasaan Indonesia atas wilayah Jawa, Sumatra, dan Madura.

1983
John Gijsbert Alan Heitinga lahir di Alphen aan den Rijn, Belanda. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela beberapa klub besar di Eropa, yakni Ajax, Atletico Madrid, dan Everton. Ia juga menjadi salah satu pemain yang membela Timnas Belanda dari 2004 hingga 2013. Pada 1 Februrari 2016 lalu, Heitinga menyatakan pensiun.

1971
Intel secara resmi meluncurkan mikroprosesor cip tunggal pertama di dunia, yakni Intel 4004. Sebelum itu, desain CPU lainnya masih merupakan gabungan dari beberapa cip. Intel 4004 juga merupakan prosesor komputer pertama yang dirancang dan diproduksi oleh Intel. Orang yang merancang cip tersebut adalah Ted Hoff dan Federico Faggin dari Intel dan Masatoshi Shima dari Busicom. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 12 November

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya