SOLOPOS.COM - Lukisan Kematian Socrates karya Jacques-Louis David (1787). (Wikipedia)

Berikut catatan peristiwa dunia hari ini, 15 Februari.

Solopos.com, SOLO – Tanggal 15 Februari adalah hari ke-46 dalam sistem kalender Gregorian. Sejumlah pertiwa bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia pada 15 Februari. Dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org, berikut sejumlah peristiwa yang terangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini:

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Koin emas bergambar Khosrau II (Wikipedia)

Koin emas bergambar Khosrau II (Wikipedia)

399 SM
Filsuf besar Socrates dari Athena, Yunani, meninggal dunia. Socrates dikenal sebagai guru dari filsuf besar lainnya, Plato. Semasa hidupnya, Socrates tak pernah menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan. Meski demikian, sebagian kalangan meyakini buah pemikiran Socrates itu sempat dicatat Plato dalam sejumlah tulisan.

Ekspedisi Mudik 2024

590
Khusraw Parvez naik takhta menjadi pemimpin Kerajaan Persia dengan sebutan Khosrau II. Ia adalah putra dari Hormizd IV yang memerintah dari 579 hingga kematiannya pada 590 dan cucu dari Khosrau I yang memerintah dari 531 hingga 579. Khosrau II adalah raja ke-20 pada masa Persia dikuasai Dinasti Sassania.

Galileo Galilei (Universetoday.com)

Galileo Galilei (Universetoday.com)

1564
Galileo Galilei lahir di Pisa, Toscana, Italia. Galileo yang dikenal luas sebagai astronom, filsuf, dan fisikawan, termasuk sebagai penyempurnaan teleskop. Ia juga dikenal sebagai seorang pendukung Copernicus yang mengeluarkan teori Bumi bulat dan mengelilingi matahari sebagai pusat sistem tata surya.

1938
Sebanyak 60.000 prajurit Jepang menginvasi Tiongkok dengan membawa sejumlah tank dan pesawat tempur. Jepang mengancam akan mengubur hidup-hidup 400.000 warga Tiongkok jika tak menyerah. Cara ini hampir sama dengan yang dilakukan pasukan Mongol yang dipimpin Kubilai Kahn saat menginvasi negeri tersebut.

1942
Pasukan Sekutu yang dipimpin Jenderal Arthur Percival dari Inggris menyerah kepada Jepang dalam Pertempuran Singapura. Sekitar 130.000 tentara Sekutu menjadi tahanan Jepang, 60.000 di antara mereka adalah pasukan Inggris, sedangkan lainnya adalah tentara India, Australia, dan Singapura yang dikendalikan Inggris.

1951
Amerika Serikat (AS) menawarkan bantuan pertahanan untuk negara-negara Eropa bagian barat. Tawaran itu diajukan karena AS khawatir Eropa bagian barat akan dikuasai Uni Soviet. AS menganggap jika Uni Soviet menguasai Eropa bagian barat, maka dapat meningkatkan ancaman serangan Uni Soviet ke AS.

1952
Raja Inggris Raya George VI yang meninggal pada 6 Februari karena kanker paru-paru dimakamkan di St. George Chapel di Windsor Castle, Berkshire. Lebih dari 1 juta orang berkumpul di London untuk meratapi pemakaman George VI. George VI lahir dengan nama asli Albert Frederick Arthur George. Ia lantas digantikan putri pertamanya, Elizabeth II, yang memimpin Inggris Raya hingga sekarang.

1982
Sebuah rig atau anjungan pengeboran minyak bumi lepas pantai bernama Ocean Ranger milik perusahaan Kanada tenggelam di Samudra Atlantik setelah didera badai besar. Sebanyak 84 awak hilang setelah terlempar ke perairan Samudra Atlantik. Ocean Ranger adalah rig terbesar di dunia pada masa itu.

Ilustrasi Gunung Yucca. (Internetdict.com)

Ilustrasi Gunung Yucca. (Internetdict.com)

2002
Presiden ke-43 Amerika Serikat (AS) George W. Bush, menetapkan Gunung Yucca di Nevada sebagai tempat pembuangan dan pengolahan limbah nuklir. Pada 2014 lalu, Gunung Yucca menjadi tempat lahirnya Godzilla dalam film fiksi berjudul Godzilla, meskipun lokasi pengambilan gambar bukan di Gunung Yucca.

2003
Demonstrasi global mengecam invasi Amerika Serikat (AS) ke Irak terjadi di 600 kota di dunia. Diperkirakan sekitar 10 juta hingga 15 juta orang berpartisipasi sehingga membuatnya menjadi demonstrasi terbesar sepanjang masa.

2013
Sebuah meteor jatuh di Pegunungan Ural, Rusia. Meteor itu menyebabkan ratusan rumah rusak dan lebih dari 900 orang terluka. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya