CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 14 Februari Dianggap Hari Kasih Sayang

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 14 Februari Dianggap Hari Kasih Sayang

SOLOPOS.COM - Logo Youtube. (Youtube.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 14 Februari dihimpun dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 14 Februari. Pada 14 Februari, sebagian kalangan merayakannya sebagai Valentine's Day alias harinya Santo Valentine yang dianggap juga sebagai Hari Kasih Sayang.

Selain Hari Kasih Sayang, terdapat beberapa persitiwa bersejarah yang patut dikenang pada 14 Februari. Berikut Semarangpos.com menghimpun peristiwa-peristiwa itu dari Wikipedia.org dan Thepeoplehistory.com.

269
Seorang uskup dan martir Katolik, Santo Valentine, meninggal dunia di Roma. Pada abad pertengahan, 14 Februari kemudian dikaitkan dengan tradisi cinta kasih. Hingga kini, sebagian orang memperingati 14 Februari sebagai Valentine's Day alias harinya Santo Valentine yang dianggap juga sebagai Hari Kasih Sayang.

1929
Gangster terbesar di Chicago, Amerika Serikat (AS), Al Capone, membantai tujuh gangster saingannya. Dalam pembantaian itu, salah satu pemimpin gangster di Chicago, Geroge Bugs Moran, terbunuh. Al Capone adalah geng yang menyuplai sejumlah minuman keras ilegal dan barang ilegal lainnya. Geng ini dipimpin Alphonse Gabriel Capone. Kini peristiwa itu disebut dengan Pembantaian Hari Valentine.

Gardu pertahanan senapan mesin Inggris di Pasir Panjang yang juga digunakan saat Pertempuran Pasir Panjang, 1942. (Wikimedia.org)
Gardu pertahanan senapan mesin Inggris di Pasir Panjang yang juga digunakan saat Pertempuran Pasir Panjang, 1942. (Wikimedia.org)

1942
Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Inggris meletus di Pasir Panjang, Singapura. Pertempuran itu berhasil dimenangi Jepang yang kemudian merebut kekuasaan di Pasir Panjang dari Inggris. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Pertempuran Pasir Panjang.

1942
Inggris yang kalah dari Jepang dalam Pertempuran Pasir Panjang di Singapura kemudian berniat mengevakuasi tentaranya ke Batavia menggunakan kapal HMS Li Wo. Namun saat proses evakuasi tentara menuju kapal sedang berlangsung, HMS Li Wo tenggelam setelah diserang kapal perang milik Jepang.

1943
Pasukan Uni Soviet berhasil membebaskan wilayah Rostov, Rusia yang dikuasai pasukan Jerman. Sebelumnya, Jerman telah menguasai wilayah tersebut sejak Desember 1941.

Soeprijadi. (Wikimedia.org)
Soeprijadi. (Wikimedia.org)

1945
Pasukan Pembela Tanah Air (Peta) yang dipimpin Soeprijadi melakukan pemberontakan terhadap Jepang di Blitar. Namun demikian, pasukan Jepang dengan mudah meredam pemberontakan dan berhasil menangkap beberapa prajurit Peta yang ikut melakukan pemberontakan. Diperkirakan ada enam sampai delapan prajurit pemberontak yang dieksekusi mati oleh Jepang. Soeprijadi disebut-sebut mampu selamat dan melarikan diri dari kejaran tentara Jepang.

1950
Tentara Republik Tiongkok menyerbu Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok di Tianquan, Sichuan. Salah satu serangan Tentara Republik Tiongkok di masa Perang Saudara Tiongkok itu dianggap gagal lantaran Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok mampu memenangi pertempuran meski terlebih dahulu diserang.

1956
Indonesia menyatakan keluar dari Uni Belanda-Indonesia yang kemudian membuat uni tersebut bubar dengan sendirinya. Uni Belanda-Indonesia adalah hubungan konfederasi antara Belanda dan Indonesia yang berdiri pada 27 Desember 1949.

1966
Mata uang dolar Australia resmi diperkenalkan sebagai alat pembayaran sah di Australia menggantikan pound Australia. Kini, dolar Australia juga digunakan sebagai alat pembayaran resmi di Pulau Natal, Kepulauan Cocos, Pulau Heard, Kepulauan McDonald, Pulau Norfolk, Kiribati, Nauru dan Tuvalu.

1974
Penulis asal Rusia, Alexander Solzhenitsyn, dideportasi dari Uni Soviet. Solzhenitsyn dideportasi dari Uni Soviet setelah didakwa sebagai pengkhianat karena telah menerima Penghargaan Nobel Kesusastraan di Stockholm, Swedia.

2005
Youtube resmi diluncurkan sebagai laman berbagi video. Sekitar dua tahun kemudian, Youtube resmi menjadi anak perusahaan Google setelah dibeli dengan nilai US$1,65 miliar. Kini, Youtube merupakan situs berbagi video terbesar di dunia dan menjadi sumber utama video yang disebarkan di Internet. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 12 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 11 Februari

Berita Terkait

Berita Terkini

Setahun Proses Seleksi, 3 Jabatan Eselon II Pemkab Klaten Akhirnya Terisi

Bupati Klaten Sri Mulyani melantik tiga pejabat yang mengisi tiga jabatan eselon II yang selama setahun ini melewati proses seleksi.

Kisah ABG Klaten Terobos Penyekatan: Niat Beli Makan Ke Jogja, Pulang Jadi Tersangka

ABG Klaten yang nekat terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan niatnya pergi ke Jogja untuk beli makan buat buka puasa.

Dikhawatirkan Picu Kerumunan, Pasar Tiban di Pekalongan Dibubarkan

Meningkatnya aktivitas warga menjelang Lebaran, terutama di Alun-alun Kota Pekalongan rawan memicu penyebaran virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Selasa 11 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Selasa, 11 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Warga di 12 Padukuhan di Sleman Dilarang Salat Id Berjamaah

Kalau sudah zona merah, salat Idulfitri baik di masjid maupun lapangan tidak dibolehkan.

Kemenag Jateng Sebut Sudah 300 Ulama Meninggal Akibat Covid-19

Data dari Kementerian Agama pusat ada 300 ulama yang meninggal akibat terpapar Covid-19 se-Indonesia.

Kemenhub Ungkap Potensi Warga Mudik Besok

Kemenhub memperkirakan aktivitas mudik bakal terjadi lagi, Selasa (11/5/2021) besok dan Rabu (12/5/2021) lusa.

Tambang Emas Longsor di Sumbar, 4 Meninggal

Asnedi mengatakan longsor di lokasi tambang itu bukan sekali ini terjadi. Sebelumnya, menurut Asnedi, lokasi tambang itu pernah longsor Januari lalu.

Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal, Dinkes Tracing Safari Dakwah

Dinkes Riau meminta puskesmas yang wilayahnya ketempatan safari dakwah Ustaz Tengku Zulkarnain segera melalukan tracing kontak fisik.

Mudik Dilarang, Pedagang di Madiun Ngeluh Pasar Sepi Jelang Lebaran

Jika dibandingkan dengan momen Lebaran tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kondisi pasar menjadi paling sepi.

Usulan Liga 1 Tanpa Degradasi, Presiden Pasoepati: Ini Kompetisi atau Tarkam?

Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong, menyayangkan munculnya gagasan kompetisi tanpa degradasi di Liga 1 maupun Liga 2. Menurut Gondrong, liga tanpa degradasi sama saja mengebiri ruh kompetisi.