SOLOPOS.COM - Kapal Bismarck pada 1941 (Wikipedia)

Berikut ini sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 14 Februari.

Solopos.com, SOLO – Berbagai macam kejadian penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 14 Februari yang oleh sebagian kalangan diperingati pula sebagai Valentine’s Day atai Hari Kasih Sayang. Berikut ini Solopos.com merangkumnya dari laman Internet Brainyhistory.com, Thepeoplehistory.com, dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1779
Bendera Amerika Serikat (AS) untuk kali pertama dikenali kapal perang asing ketika dipasang di kapal perang USS Ranger dan bertemu kapal perang milik Prancis yang dikomandani Laksamana Toussaint Guillaume Picquet de la Motte. Kapal perang Prancis itu memberikan tembakan meriam kehormatan sebanyak sembilan kali kepada USS Ranger yang dikomandani John Paul Jones.

1903
Departemen Perdagangan dan Perburuhan Amerika Serikat (AS) dibentuk. Kini, departemen tersebut dipecah menjadi dua, yakni Departemen Perdagangan berdiri sendiri, begitu juga Departemen Perburuhan.

Pemimpin Gangster Al Capone, Alphonse Gabriel Capone. (Youtube.com)

Pemimpin Gangster Al Capone, Alphonse Gabriel Capone. (Youtube.com)

1929
Gangster terbesar di Chicago, Amerika Serikat (AS), Al Capone, membantai tujuh gangster saingannya. Dalam pembantaian itu, salah satu pemimpin gangster di Chicago, Geroge Bugs Moran, terbunuh. Al Capone adalah geng yang menyuplai sejumlah minuman keras ilegal dan barang ilegal lainnya. Geng ini dipimpin Alphonse Gabriel Capone. Kini peristiwa itu disebut dengan Pembantaian Hari Valentine.

1929
Ilmuwan asal Skotlandia, Sir Alexander Fleming, berhasil menemukan antibiotik yang disebut penisilin setelah menemukan sepiring bakteri staphylococcus yang ditinggalkannya terjatuh pada tanaman dan diketahui telah membunuh banyak bakteri jahat. Kini penisilin dikenal sebagai obat yang sangat mujarab untuk mengobati beberapa penyakit menular yang disebabkan bakteri.

1939
Jerman meluncurkan kapal perang terbarunya bernama Bismarck yang sekaligus menjadi yang terbesar saat itu. Nama kapal tersebut diambil dari nama kanselir pertama Jerman, Otto von Bismarck. Kapal perang ini menjadi terkenal setelah berhasil menenggelamkan kapal HMS Dreadnought milik Inggris dalam Pertempuran Selat Denmark pada 1941.

1974
Penulis asal Rusia, Alexander Solzhenitsyn, didakwa oleh otoritas Uni Soviet sebagai pengkhianat karena telah menerima Penghargaan Nobel Kesusastraan di Stockholm, Swedia. Meski tak dipenjara, ia dideportasi dari Uni Soviet.

Bacary Sagna (Mcfc.com)

Bacary Sagna (Mcfc.com)

1983
Bintang sepak bola Manchester City, Bacary Sagna, lahir di Sens, Prancis. Sebelum bermain untuk Manchester City, Sagna juga pernah menjadi bagian tim besar Liga Primer Inggris lainnya, Arsenal, dari 2007 hingga 2014.

1989
Pemimpin Iran Ayatollah Ruhollah Khomeini mengeluarkan fatwa agar umat Islam di seluruh dunia mencari dan membunuh penulis novel asal Inggris bernama Salman Rushdie. Salman manjadi orang yang paling diacari oleh pemimpin Iran kala itu karena karyanya yang berjudul Satanic Verses atau Ayat-Ayat Setan yang dianggap menghina Nabi Muhammad.

2005
Youtube resmi diluncurkan sebagai situs berbagi video. Saat ini, Youtube menjadi situs berbagi video terbesar di dunia dan menjadi sumber utama video yang disebarkan secara viral di Internet. Dua tahun berselang, Youtube resmi menjadi anak perusahaan Google setelah dibeli dengan nilai 1.65 miliar dolar AS.

2006
Pemerintah Iran menyatakan telah melanjutkan penambangan uraniumnya. Mengetahui kabar tersebut, Rusia dan Prancis mengecam Iran dan mengimbau agar Iran segera menghentikannya. Rusia dan Prancis mencurigai uranium tersebut akan digunakan untuk mengembangkan senjata nuklir. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya