Tutup Iklan

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 13 Oktober

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 13 Oktober

SOLOPOS.COM - Bom meledak di ibu kota Lebanon, Beirut, di masa Perang Saudara Lebanon, 1983. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 13 Oktober, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada hari ke-286—hari ke-287 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 13 Oktober. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum berbagai peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 13 Oktober, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

    Sketsa karya C.W. Jefferys yang menggambarkan proses evakuasi pasukan Prancis dari Port Royal di Acadia atau kini Nova Scotia dari kekuasaan Prancis, 1710. (Wikimedia.org)
Sketsa karya C.W. Jefferys yang menggambarkan proses evakuasi pasukan Prancis dari Port Royal di Acadia atau kini Nova Scotia dari kekuasaan Prancis, 1710. (Wikimedia.org)

1710
Pasukan Inggris berhasil merebut wilayah Port Royal di Acadia atau kini Nova Scotia dari kekuasaan Prancis. Keberhasilan Inggris itu diraih setelah melakukan pengepungan selama delapan hari.

1793
Pasukan Austria bersama sekutunya berhasil mengalahkan pasukan Prancis dalam Pertempuran Wissembourg I di Wissembourg, Bas-Rhin, Prancis. Dalam salah satu pertempuran di masa Perang Revolusi Prancis itu, pasukan Austria berhasil menumpas sekitar 3.000 tentara Prancis dan hanya kehilangan sekitar 1.800 tentaranya.

1812
Pertempuran antara pasukan Inggris yang dibantu pasukan Kanada melawan pasukan Amerika Serikat (AS) meletus di Queenston, Ontario, Kanada. Salah satu pertempuran di masa Perang 1812 itu kini dikenang dengan sebutan Pertempuran Bukit Queenston. Pasukan AS harus kehilangan lebih dari 900 tentaranya yang tewas dan tertangkap, sedangkan Inggris dan Kanada hanya kehilangan sekitar 40 tentaranya.

1915
Pasukan Sekutu menyerbu pasukan Jerman yang menduduki wilayah Hohenzollern Redoubt, dekat Auchy-les-Mines, Prancis. Serangan itu berlangsung selama enam hari. Sayangnya, meski sudah melakukan penyerbuan selama hampir sepekan, pasukan Sekutu gagal memukul mundur pasukan Jerman.

1917
Sebanyak 30.000 hingga 100.000 orang berkumpul di wilayah dekat Fatima, Portugal untuk menyaksikan fenomena alam berupa aktivitas matahari yang dianggap luar biasa. Banyak yang mengklaim sinar matahari pada waktu itu tampak menyerupai Yesus dan tokoh-tokoh Katolik lainnya. Peristiwa itu lantas dikenang dengan sebutan Mukjizat Matahari. Pada 13 Oktober 1930, peristiwa tersebut secara resmi disahkan sebagai mukjizat oleh Gereja Katolik Roma.

1923
Kota Ankara menjadi Ibu Kota Turki menggantikan Istanbul. Sebelumnya, Istanbul telah menjadi ibu kota kekaisaran selama hampir 16 abad, yaitu selama Kekaisaran Romawi dari 330 hingga 1204, Kekaisaran Bizantium dari 1261 sampai 1453, Kerajaan Latin dari 1204 sampai 1261, dan Kesultanan Ottoman sejak 1453 sampai 1922.

1943
Pemerintahan baru di Italia menyatakan bergabung dengan Sekutu dalam Perang Dunia II dan mendeklarasikan Perang terhadap Jerman. Meski demikian, Benito Mussolini—yang sebelumnya menjabat sebagai perdana menteri Italia—masih berpihak dengan Blok Poros untuk melawan Sekutu. Mussolini pun mendirikan pemerintahan tersendiri dengan nama Republik Sosialis Italia.

1944
Pasukan Uni Soviet berhasil merebut ibu kota Latvia, Riga, dari cengkeraman Jerman. Sebelumnya, Riga dikuasai Jerman sejak 1941.

Wesley Michael Brown kala masih berseragam Manchester United. (Mirror.co.uk)
Wesley Michael Brown kala masih berseragam Manchester United. (Mirror.co.uk)

1979
Wesley Michael Brown lahir di Longsight, Manchester, Inggris. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Inggris. Manchester United (MU), dari 1996 hingga 2011. Bagi penggemar MU, Wes Brown merupakan legenda lantaran sudah berkontribusi selama 15 tahun.

1990
Pasukan Suriah melancarkan serangan ke wilayah bebas di Lebanon untuk memaksa Jenderal Michel Aoun melepas jabatannya sebagai presiden Lebanon. Serangan yang akhirnya berhasil membuat Jenderal Michel Aoun turun takhta itu sekaligus mengakhir Perang Saudara Lebanon yang berlangsung sejak 13 April 1975. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 12 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 11 Oktober
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 10 Oktober

Berita Terkait

Berita Terkini

Lockdown Total Malaysia Diperpanjang 2 Pekan

Aturan lockdown total atau kontrol gerakan Malaysia yang dikenal sebagai MCO 3.0, diperpanjang dua pekan lagi, 15 Juni hingga 28 Juni 2021.

Begini Menag Sikapi Keputusan Haji 2021 Arab Saudi

Menteri Agama Yaqaut Cholil Qoumas menyatakan pemerintah tidak lagi fokus pada penyelenggaraan ibadah haji 2021 setelah keputusan Arab Saudi.

Angka Kematian Akibat Covid-19 di India Diragukan

Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.