SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 13 Desember. Salah satunya adalah saat deklarasi yang menyatakan kepada dunia bahwa pemerintah Indonesia juga menguasai lautnya dicetuskan.

Selain itu, ada beberapa kejadian penting lainnya yang layak dikenang pada 13 Desember. Demi mengenangnya, simak rangkuman Solopos.com tentang catatan persitiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

902
Pasukan Viking berhasil mengalahkan pasukan Anglo-Saxon dalam pertempuran di wilayah yang kini dikenal sebagai Holme di Cambridgeshire, Inggris. Meski menang, pemimpin pasukan Viking, Aethelwold, tewas dalam pertempuran. Kematian Aethelwold itu lantas mengakhiri pemberontakan Viking terhadap Anglo-Saxon di tanah Inggris.

Ekspedisi Mudik 2024

Tentara Jepang berdiri di atas reruntuhan Gerbang Zhongshan, Nanking, Tiongkok, 13 Desember 1937, setelah memenangi Pertempuran Nanking. (Wikimedia.org)
1937
Pertempuran Nanking antara pasukan Republik Tiongkok dan pasukan Kekaisaran Jepang di Nanking atau kini Nanjing, Tiongkok berakhir. Pertempuran yang berlangsung selama 14 hari itu berhasil dimenangi Jepang yang sekaligus menguasai wilayah Nanking. Setelah pertempuran itu berakhir, pasukan Jepang melakukan pembantaian yang menewaskan sekitar 50.000 hingga 300.000 orang.

1937
Kantor Berita Antara secara resmi didirikan oleh A.M. Sipahoetar, Mr. Soemanang, Adam Malik, dan Pandoe Kartawigoena dengan kantor pusat di Jl. Pinangsia Raya No. 70, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Kala itu, Mr. Soemanang menjabat direktur utama, Adam Malik sebagai redaktur merangkap wakil direktur, Pandoe Kartawigoena sebagai administrator, serta A.M. Sipahutar sebagai wartawan. Kini, Antara merupakan kantor berita yang dimiliki Pemerintah Indonesia.

1939
Pasukan Inggris yang dibantu pasukan Selandia Baru mengalahkan pasukan Jerman di perairan dekat River Plate, perbatasan antara Argentina dan Uruguay. Bentrok kedua pasukan yang kemudian dikenang dengan nama Pertempuran River Plate itu merupakan pertempuran perairan pertama di masa Perang Dunia II.

1943
Pasukan Jerman yang menguasai wilayah Kalavryta, Yunani membantai sekitar 1.200 orang yang kebanyakan adalah warga sipil. Salah satu peristiwa tragis di masa Perang Dunia II itu kini dikenang dengan sebutan Pembantaian Kalavryta.

1949
Pemerintah Israel menetapkan Yerusalem Barat sebagai ibu kotanya. Namun klaim Israel itu tak diakui PBB dan akhirnya dikembalikan ke Tel Aviv. Sesuai dengan Resolusi Majelis Umum PBB 194, Yerusalem merupakan kota internasional. Namun demikian, hingga kini, Israel masih terus berupaya memindahkan ibu kotanya ke Yerusalem.

1957
Deklarasi yang menyatakan kepada dunia bahwa pemerintah Indonesia juga menguasai lautnya dicetuskan. Deklarasi itu dicetuskan Perdana Menteri Indonesia, Djuanda Kartawidjaja, dan dikenal sebagai Deklarasi Djuanda. Sebelum Deklarasi Djuanda, wilayah kekuasaan Indonesia di laut hanya mencakup tiga mil dari garis pantai. Namun setelah Deklarasi Djuanda, seluruh wilayah laut di antara pulau dan sekitar Indonesia merupakan wilayah kekuasaan Indonesia. Sejak 2001, 13 Desember dikenang sebagai Hari Nusantara lantaran wilayah pulau-pulau di Indonesia dianggap dapat bersatu berkat Deklarasi Djuanda.

1975
Thomas Matthew Delonge Junior lahir di Poway, California, Amerika Serikar (AS). Namanya lantas dikenal luas sebagai musisi yang berposisi sebagai voklalis dalam grup Blink-182 dengan nama panggung Tom Delonge. Setelah berkarier bersama Blink-182 sejak 1992, Tom keluar dan digantkan Matt Skiba. Bersama Blink-182, Tom telah menorehkan enam album studio.

Taylor Alison Swift. (Reuters)
1989
Taylor Alison Swift lahir di Reading, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS). Kini, namanya terkenal sebagai salah satu penyanyi top di AS. Sejak memulai kariernya di bidang tarik suara pada 2006 silam, Taylor telah melahirkan enam album studio. Selain menjadi penyanyi, ia juga beberapa kali membintangi film layar lebar dan serial televisi.

2003
Mantan Presiden Afganistan, Saddam Hussein, ditangkap pasukan Amerika Serikat (AS) di Tikrit, Irak. Pada 30 Desember 2006, Saddam Hussein dieksekusi mati atas tuduhan pembantain terhadap hampir 150 orang di kota dengan mayoritas Syiah, yakni Kota Dujail, Irak, pada 1982.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya