SOLOPOS.COM - Abraham LIncoln (Whitehouse.gov)

Sejumlah peristwa penting terjadi dari tahun ke tahun pada 12 Februari.

Solopos.com, SOLO — Berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 12 Februari. Dihimpun Solopos.com dari Brainyhistory, Thepeoplehistory, dan Wikipedia, beragam peristiwa itu terangkum dalam catatan peristiwa dunia har ini berikut:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1502
Vasco da Gama berlayar dari Lisbon, Portugal menuju India untuk kali kedua. Ia dikenal sebagai penjelajah asal Eropa pertama yang berhasil mengarungi Samudra Hindia.

1554

Lady Jane (Wikipedia)

Lady Jane (Wikipedia)

Mantan Ratu Inggris, Lady Jane Grey, dipancung di Menara London atas tuduhan pengkhianatan. Pada 1553, Lady Jane Grey pernah bertakhta sebagai ratu Inggris selama sembilan hari.

1593
Sekitar 3.000 pasukan Kerajaan Joseon berhasil mengusir 30.000 pasukan Jepang yang berniat melakukan invasi di tanah Korea. Joseon adalah kerajaan di Korea yang lantas berganti nama menjadi Kerjaan Korea Raya sebelum terpecah menjadi negara Korea Utara dan Korea Selatan.

1809

Presiden ke-16 Amerika Serikat (AS), Abraham Lincoln, lahir di Hardin County, Kentucky. Ia dikenal sebagai presiden yang berhasil menghapus perbudakan di AS. Lincoln tewas ditembak di Ford Teater, Washington pada 14 April 1865 saat menonton pertunjukan teater bersama istrinya.

1825
Perjanjian Sungai Indian ditandatangani antara Suku Indian dan Pemerintah Amerika Serikat (AS). Kepala Suku Indian setuju untuk menyerahkan semua lahan di Georgia kepada Pemerintah AS.

1874

Raja David Kalakau (Wikipedia)

Raja David Kalakau (Wikipedia)

Raja David Kalakaua menjadi raja pertama di dunia yang mengunjungi Amerika Serikat (AS). Ia adalah raja terakhir yang bertakhta di Hawaii sebelum dikuasai AS.

1912

Vasco Da Gama (wikipedia)

Vasco Da Gama (wikipedia)

Hsuan Tung, kaisar terakhir yang memimpin Tiongkok, dipaksa turun menyusul gelombang revolusi yang semakin tak terkendali. Turunnya Hsuan Tsung juga menjadi akhir kekuasaan suku Manchu di Tiongkok selama 267 tahun sekaligus menjadi akhir sistem kekaisaran di Tiongkok yang sudah berlangsung selama 2.000 tahun.

1958
Penerbangan lintas Atlantik pertama di dunia dijalankan British Overseas Airways Corporation. Penerbangan itu berangkat dari London, Inggris dan mendarat di New York, Amerika Serikat (AS).

2011
Para pengunjuk rasa anti-pemerintah di Yaman menyerukan Presiden Ali Abdullah Saleh untuk mundur. Ali telah memerintah negara itu sejak 1978. Demontrasi itu tak membuat Ali langsung melepas kekuasaannya sebelum akhirnya digantikan Abed Rabbo Mansour Hadi dalam pemilihan presiden 2012.

2014
Dua puluh delapan tahun setelah diktator Filipina Ferdinand Marcos digulingkan, pemerintah Filipina memulihkan rekening tabungannya di Bank Swiss yang mencapai 29juta dolar AS. Dengan dipulihkannya rekening tersebut, total tabungan Marcos yang masih ditahan pemerintah mencapai 712juta dolar AS. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya