SOLOPOS.COM - Wilayah Kerajaan Austria-Hungaria sebelum dihapuskan pada 1919 akibat kalah dalam Perang Dunia I. ( (socialstudiesforkids.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 10 September, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada tanggal 10 September. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan kembali catatan terkait peristiwa dunia hari ini, 10 September itu, demi mengenang beragam peristiwa tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1547
Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Skotlandia meletus di Musselburgh, Lothian, Skotlandia. Pertempuan itu berakhir dengan kemenangan telak pasukan Inggris. Skotlandia harus rela kehilangan sedikitnya 6.000 tentaranya, sedangkan Inggris hanya kehilangan sekitar 200 hingga 600 tentaranya.

1918
Pasukan Soviet Rusia berhasil merebut Kota Kazan dari cengkeraman Cekoslowakia. Keberhasilan itu diraih setelah pasukan Soviet Rusia melakukan pengepungan selama lima hari. Kini, wilayah Kazan masih menjadi kekuasaan Rusia.

1919
Perjanjian Saint-Germain-en-Laye ditandatangani negara-negara pemenang Perang Dunia I dengan Jerman dan Austria-Hungaria. Atas perjanjian itu, Kerajaan Austria-Hungaria—sebagai pihak yang kalah dalam Perang Dunia I—dibubarkan.

1939
Kanada mendeklarasikan perang terhadap Jerman dalam Perang Dunia II. Dengan begitu, Kanada juga bergabung dengan Sekutu yang saat itu masih beranggotakan Polandia, Prancis, Inggris, Selandia Baru, dan Australia.

Pasukan Amerika Serikat (AS) membalas serangan pasukan Jerman yang berusaha merebut wilayah Roma, Italia, 1944. (Wikimedia.org)

Pasukan Amerika Serikat (AS) membalas serangan pasukan Jerman yang berusaha merebut wilayah Roma, Italia, 1944. (Wikimedia.org)

1943
Pasukan Jerman mulai menyerang Kota Roma, Italia demi merebut wilayah Italia dari cengkeraman pasukan Kerajaan Italia dan Sekutu. Serangan Jerman ke Roma itu berlangsung hingga 2 Mei 1945. Meski telah berusaha selama lebih hampir dua tahun, Jerman tak mampu menguasai Italia.

1945
Mantan anggota Koninklijke Marine atau Angkatan Laut Belanda dan Kaigun atau Angkatan Laut Jepang membentu Badan Keamanan Rakyat (BKR) Laut. BKR Laut kini lantas dikenal dengan nama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Anthony Joseph Pereira alias Joe Perry. (Joeperry.com)

Anthony Joseph Pereira alias Joe Perry. (Joeperry.com)

1950
Anthony Joseph Pereira lahir di Lawrence, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal luas sebagai gitaris yang tergabung dalam grup band rok, Aerosmith, dengan nama panggung Joe Perry. Ia mendapatkan peringkat ke-84 dalam daftar 100 gitaris terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone.

1961
Kecelakaan besar terjadi di balapan Formula 1 yang digelar di sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Italia. Akibatnya, pembalap asal Jerman Wolfgang von Trips tewas bersama 13 penonton.

1974
Portugal mengakui kemerdekaan Guinea-Bissau yang dideklarasikan pada 24 September 1973. Sebelum itu, Portugal menguasai Guinea-Bissau sejak awal abad ke-19. Guinea-Bissau merupakan negara yang berada di Afrika bagian barat yang langsung berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Laurent Koscielny. (Espnfc.com)

Laurent Koscielny. (Espnfc.com)

1985
Laurent Koscielny lahir di Tulle, Prancis. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola ternama yang membela salah satu klub raksasa di Inggris, yakni Arsenal. Sejak bergabung dengan Arsenal pada 2010 silam, Koscielny telah mencetak 15 gol dari 180 kali pertandingan di Liga Inggris. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia 9 September
KLIK DI SINI
untuk Catatan Peristiwa Dunia 8 September
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia 7 September

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya