SOLOPOS.COM - Dokumentasi diplomasi Menteri Luar Negeri Agus Salim dan PM Mesir Mahmoud El Nokrashy Pasha, serta diplomat Indonesia Abdurrahman Baswedan. (Quora.com)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari berbagai belahan dunia terangkum dalam tulisan berikut.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-161—hari ke162 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregoria, 10 Juni. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 10 Juni:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1574
Raja Phillip II dari Spanyol memberi julukan Insigne y Siempre Leal Ciudad atau Kota yang Penting dan Selalu Setia untuk Kota Manila di Filipina. Hari pemberian julukan dari Raja Phillip II itu lantas diperingati sebagai hari jadi kota tersebut.

Raja Ludwig II. (Bavaria.by)

Raja Ludwig II. (Bavaria.by)

1886
Raja Bavaria, Ludwig II, dinyatakan tak waras oleh psikiater dan dinyatakan tak mampu lagi memimpin kerajaan. Tiga hari kemudian, ia ditemukan tewas di Danau Stanberg di selatan Bayern. Pihak kerajaan mengeluarkan pengumuman bahwa Ludwig II telah bunuh diri. Namun hasil autopsi tidak menemukan air dalam paru-parunya sehingga timbul teori-teori lain mengenai penyebab kematiannya, antara lain dibunuh lawan politiknya atau meninggal dunia karena serangan jantung.

1940
Setelah dua bulan mengepung Norwegia, Jerman akhirnya memiliki kontrol penuh di negara tersebut. Norwegia menyerah tanpa syarat kepada Jerman. Jerman memiliki kontrol penuh atas Norwegia hingga Perang Dunia II berakhir pada 1945.

Benito Mussolini saat mendeklarasikan perang terhadap Inggris dan Prancis. (Youtube.com)

Benito Mussolini saat mendeklarasikan perang terhadap Inggris dan Prancis. (Youtube.com)

1940
Pemimpin Italia, Benito Mussolini, mendeklarasikan perang terhadap Prancis dan Inggris. Deklarasi itu berimbas pada orang Italia di Inggris yang lantas diasingkan. Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt membalas deklarasi Mussolini itu dengan mengungkapkan dukungannya terhadap Prancis dan Inggris jika memang harus berperang dengan Italia.

1942
Pasukan Jerman membakar habis Desa Lidice di Ceko. Hal itu sebagai pembalasan atas pembunuhan terhadap petinggi militer Jerman, Reinhard Heydrich. Pihak Jerman menuding pasukan pemberontak dari Desa Lidice adalah pelaku pembunuhan terhadap Heydrich.

1945
Pasukan Australia mendarat di Teluk Brunei untuk merebut wilayah kesultanan itu dari pasukan Jepang. Tentara Australia dengan dibantu Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) juga membombardir wilayah itu dari udata. Banyak bangunan hancur, termasuk masjid, dalam serangan pasukan Sekutu tersebut. Beberapa bulan kemudian, pasukan Jepang menyerah.

1947
Perjanjian persahabatan antara Indonesia dan Mesir ditandatangani di Kairo, Mesir. Indonesia diwakili Menteri Luar Negeri Agus Salim sedangkan Mesir diwakili Perdana Menteri Mahmud El Nokrashi Pasha. Langkah ini menandai munculnya pengakuan internasional atas Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat.

1967
Perang Enam Hari yang melibatkan Israel dan negara-negara Arab berakhir. Perang tersebut berhasil dimenangi Israel dengan mencaplok beberapa kawsan yang sebelumnya milik Mesir, Yordania, dan Suriah. Bersamaan dengan berakhirnya Perang Enam Hari, Uni Soviet menghentikan kerja sama diplomatik dengan Israel.

Pol Espargaro. (Crash.net)

Pol Espargaro. (Crash.net)

Jembatan Suramadu. (Wikimedia.org)

Jembatan Suramadu. (Wikimedia.org)

1991
Pol Espargaro lahir di Granollers, Barcelona, Spanyol. KIni, ia dikenal sebagai pembalap sepeda motor yang mengikuti ajang Moto GP. Di moto GP, ia mengarungi kompetisi bersama tim Red Bull KTM Factory Racing. Espargaro mengikuti ajang Moto GP sejak 2014 lalu.

2009
Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura resmi dibuka. Jembatan Suramadu adalah jembatan terpanjang di Indonesia dengan total panjang 5.438 m. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 9 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Juni

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya