SOLOPOS.COM - HMS Dreadnought. (Wikipedia)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 10 Februari, patut Anda simak…

Solopos.com,SOLO — Terjadi beragam peristiwa bersejarah pada 10 Februari, dari tahun ke tahun. Berikut Solopos.com menghimpunnya dari Brainyhistory, Thepeoplehistory, dan Wikipedia:

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Ilustrasi perang salib (Youtube.com)

Ilustrasi perang salib (Youtube.com)

1098
Tentara Salib mengalahkan pasukan muslim yang dipimpin Pangeran Ridwan dari Aleppo dalam Perang Salib I di Antioch. Kini, Antioch masuk dalam kawasan Kota Antakya, Provinsi Hatay, Turki.

Ekspedisi Mudik 2024

1258
Pasukan Mongol menduduki dan membumihanguskan Bagdad, yang saat itu dikuasai Kekhalifahan Abbasyiah. Kekhalifahan tersebut adalah kekhalifahan Islam kedua yang menguasai Bagdad. Selain membumihanguskan Bagdad, pasukan Mongol juga membunuh 10.000 penduduk.

1862
Dalam Perang Saudara Amerika Serikat (AS), armada Angkatan Laut Union menghancurkan sekelompok kapal kecil dari pasukan Konfederasi dalam Pertempuran Elizabeth City di Sungai Pasquotank, Carolina Utara. Union adalah pasukan AS yang mendukung pemerintah, sedangkan Konfederasi adalah pihak yang ingin memisahkan diri dari AS.

1906
HMS Dreadnought, kapal perang modern milik Royal Navy diresmikan oleh Raja Inggris Edward VII.

Pandit Jawaharlal Nehru. (Dnaindia.com)

Pandit Jawaharlal Nehru. (Dnaindia.com)

1952
Partai Kongres India, yang dipimpin oleh Pandit Jawaharlal Nehru menang dalam pemilihan umum pertama negara itu. Pandit Jawaharlal Nehru adalah perdana menteri pertama India.

1962
Pesawat mata-mata milik Amerika Serikat (AS) ditembak jatuh setelah melintasi langit Uni Soviet. Pilot pesawat tersebut, Francais Gary Powers, berhasil selamat meskipun akhirnya ditahan pihak Uni Soviet. Setelah perundingan, Uni Soviet bersedia melepaskan Gary setelah pihak AS juga bersedia melepas mata-mata Uni Soviet.

Radamel Falcao. (JIBI/Solopos/Reuters)

Radamel Falcao. (JIBI/Solopos/Reuters)

1986
Pemain sepak bola profesional asal Kolombia, Radamel Falcao, lahir di Kota Santa Marta. Mantan pemain Atletico Madrid itu kini terikat kontrak dengan AS Monaco dan sempat dipinjamkan ke klub Liga Primer Inggris, Manchester United pada 2014 lalu dan Chelsea pada 2015 silam.

1987
Anggota boy band Super Junior, Choi Siwon, lahir di Seoul, Korea Selatan. Salah satu selebriti asal Korea Selatan yang populer juga di Indonesia ini sedang menjalani program wajib militer sejak 19 November 2015 lalu.

2005
Korea Utara (Korut) menunda keikutsertaan dalam perundingan multinasional untuk membahas program persenjataan. Saat itu juga Korut secara resmi mengaku mengembangkan senjata nuklir.

2013
Salah satu gembong narkoba terbesar di Kolombia, Pichi, ditangkap oleh pihak berwenang di Panama. Selain menjadi pengedar barang haram tersebut, Pichi juga menjadi otak sejumlah pembunuhan di Kolombia. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya