SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 10 Desember. Salah satunya adalah saat Ganja mulai dilegalkan di Uruguay.

Selain itu, ada beberapa kejadian penting lainnya yang layak dikenang pada 10 Desember. Demi mengenangnya, simak rangkuman Solopos.com tentang catatan persitiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1510
Pasukan Portugal pimpinan Afonso de Albuquerque berhasil mengalahkan pasukan Kesultanan Bijapur yang dipimpin Ismail Adil Shah di Goa, India. Kemenangan itu merupakan awal kekuasaan Portugal di Goa selama 451 tahun.

1877
Pasukan Kekaisaran Rusia berhasil merebut Kota Plevn atau kini Kota Plevena di Bulgaria dari Kesultanan Ottoman. Keberhasilan itu diraih pasukan Kekaisaran Rusia setelah melakukan pengepungan selama sekitar lima bulan. Keberhasilan itu pula yang menentukan kemenangan Rusia dalam Perang Rusia-Turki.

1868
Untuk kali pertama di dunia, lampu lalu lintas dipasang di luar Gedung Parlemen Inggris di London, Inggris untuk mengatur pengguna jalan. Lampu lalu lintas pertama itu berupa lampu hijau dan merah yang hanya menyala di malam hari. Sedangkan pada siang, lampu tak menyala dan digantikan dengan penunjuk seperti jam.

1898
Spanyol dan Amerika Serikat (AS) menandatangani Traktat Paris di Paris, Prancis demi mengakhiri Perang Spanyol-AS. Dari perjanjian itu, Spanyol mengakui kemerdekaan Kuba dan menjual kekuasaan atas Guam, Filipina, serta Puerto Riko kepada AS seharga US$20 juta.

1901
Penghargaan Nobel kali pertama digelar di Stockholm, Swedia, tepat pada peringatan lima tahun wafatnya sang pemrakarsa penghargaan tersebut, Alfred Nobel. Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahun kepada mereka yang telah melakukan penelitian luar biasa, menemukan teknik atau peralatan yang baru, atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat. Penghargan Nobel sering dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi mereka yang mempunyai jasa besar terhadap dunia.

Presiden Amerika Serikat (AS) Theodore Roosevelt. (Whitehouse.gov)
1906
Presiden Amerika Serikat (AS) Theodore Roosevelt menerima Penghargaan Nobel dalam bidang perdamaian. Penghargaan itu ia dapatkan setelah memiliki peran dalam mediasi antara Jepang dan Rusia yang berperang untuk berdamai. Theodore Roosevelt merupakan orang pertama dari AS yang menerima Penghargaan Nobel.

1941
Pasukan Angkatan Laut Jepang berhasil menenggelamkan dua kapal milik Angkatan Laut Inggris, yakni HMS Prince of Wales dan HMS Repulse, di perairan dekat Semenanjung Malaya. Peristiwa yang mengejutkan pasukan Inggris itu merupakan upaya Jepang merebut beberapa wilayah di Asia Tenggara dari cengkeraman Sekutu.

1941
Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Amerika Serikat (AS) meletus di Filipina. Pertempuran tersebut berlangsung selama lima bulan dan berakhir dengan kemenangan Jepang. Atas hasil itu, Jepang berhasil merebut kekuasaan di Filipina dari AS.

Charles Graham Adam (Dailystar.co.uk)
1985
Charles Graham Adam lahir di Fintry, Dundee, Skotlandia. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, yakni Liverpool. Sejak 2012 lalu, Adam pindah ke klub lain di Liga Inggris, yakni Stoke City. Sejak 2007 hingga kini, Adam dipercaya membela Tim Nasional Skotlandia.

2013
Pemerintah Uruguay melegalkan jual-beli serta pengonsumsian ganja di negaranya. Namun demikian, ganja di Urugay baru bisa didapatkan di apotek, bukan di kafe-kafe seperti di Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya