Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 10 April 1912, Kapal Titanic Mulai Berlayar

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 10 April. Pada 10 April 1912, kapal RMS Titanic mulai berlayar dari Inggris menuju New York.

Selain itu, masih banyak peristiwa lain yang terjadi pada 10 April. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 10 April.

1826
Sebanyak 10.500 penduduk Kota Missolonghi, Yunani, mulai meninggalkan kota setelah pasukan Kesultanan Ottoman mengepung kota tersebut. Sedikit dari mereka yang dapat bertahan hidup setelah meninggalkan kota.

1868
Pasukan Inggris dan pasukan India berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Etiopia pimpinan Tewodros II di Arogee, Etiopia. Diperkirakan ada 700 prajurit Etiopia yang tewas dalam pertempuran tersebut, sedangkan pasukan Inggris dan India hanya kehilangan dua tentaranya.

1815
Gunung Tambora di Sumbawa, Kepulauan Nusa Tenggara meletus dan debunya menyelimuti beberapa pulau di wilayah Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Letusan tersebut menyebabkan pendinginan global dan memicu hilangnya musim panas dalam setahun.

1912
Kapal pesiar RMS Titanic memulai pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris menujui New York, Amerika Serikat. Namun kapal tersebut kemudian tenggelam lima hari kemudian setelah menabrak gunung es di perairan selatan Newfoundland, Kanada. Lantaran sedikitnya sekoci yang tersedia di kapal tersebut, tak semua penumpang berhasil diselamatkan. Sekitar 1.500 orang dipastikan tewas dalam kejadian tersebut.

1925
Novel karangan F. Scott Fitzgerald, The Great Gatsby, diterbitkan. Kini, novel tersebut menjadi bahan pelajaran wajib di sekolah-sekolah yang memiliki jurusan Sastra Amerika atau Sastra Inggris di seluruh dunia. Novel tersebut menceritakan sebuah kisah cinta rumit yang memiliki lokasi cerita di Long Island, New York City, New York, Amerika Serikat (AS).

1941
Jerman dan Itaia membentuk negara boneka di wilayah Yugoslavia yang sudah mereka kuasai dengan nama Negara Merdeka Kroasia. Negara tersebut kemudian runtuh pada 1945 menyusul kalahnya Jerman pada Perang Dunia II.

1945
Pasukan Uni Soviet berhasil merebut Ibu Kota Austria, Wina, yang sebelumnya dikuasai Jerman. Setelah berhasil merebut Wina, Uni Soviet bersama negara-negara anggota Sekutu melanjutkan serangan ke Berlin, Jerman demi mengalahkan Jerman dalam Perang Dunia II.

1970
Basis sekaligus vokalis The Beatles, Paul McCartney, mengumumkan pembubaran The Beatles. The Beatles bubar setelah terjadi perpecahan di antara anggotanya. Grup musik yang berdiri sejak 1960 itu tercatat telah menorehkan 12 album sebelum dinyatakan bubar.

1972
Di masa Perang Vietnam, pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS) B-52 dilaporkan telah melakukan pengeboman di wilayah Vietnam Utara. Peristiwa itu merupakan yang pertama sejak pesawat tersebut terakhir kali beroperasi di Vietnam Utara pada November 1967.

1986
Vincent Jean Mpoy Kompany lahir di Uccle, Brussels, Belgia. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela salah satu klub raksasa di Inggris, Manchester City, sejak 2008 silam.


Berita Terkait

Berita Terkini

Objek Wisata Dibuka, Desa Conto Wonogiri Ramai Didatangi Wisatawan

Kali terakhir objek wisata ini banyak didatangi pengunjung pada momen libur Hari Maulid Nabi Muhammad SAW, Rabu (20/10/2021).

Dimutasi Setelah Picu Kontroversi, Aipda Ambarita: Satya Haprabu!

Aksi Ambarita menuai banyak kritik, salah satunya dari Kompolnas yang menyebut menggeledah tanpa surat perintah keliru.

Doa Ketika Ada Petir dan Hujan Lebat, Dilengkapi Latin Plus Artinya

Berikut ini terdapat doa ketika ada petir dan hujan turun dengan lebat, yang dilengkapi dengan latin beserta artinya.

Eaalaah...Admin Humas Polda Cecar Warganet di DM Instagram

Selain menegur, admin akun Humas Polda Kalteng juga meminta warganet tersebut untuk datang ke Kantor Humas Polda Kalteng.

Lirik Lagu Buih Jadi Permadani - Woro Widowati feat Nophie 501

Berikut ini lirik lagu Buih Jadi Permadani dari Woro Widowati feat Nophie 501. yang tayang pada Minggu, 17 Oktober 2021 di Youtube dan trending.

Uji Petik Digelar Lagi, Tak Ada Klaster Covid-19 Sekolah di Klaten

Uji petik dilakukan dengan sasaran 10 siswa dan dua guru di setiap kecamatan.

Satgas Klaten Tepis Anggapan Vaksinasi hanya Syarat ke Objek Wisata-Mal

Edukasi terkait vaksinasi masih perlu dilakukan meski capaian vaksinasi di Klaten secara umum sekitar 76,84 persen.

Hasil Lengkap Liga Champions: Chelsea Menang Telak, MU Nyaris Keok

Pertandingan ketiga Grup E hingga Grup H telah selesai pada Kamis (21/10/2021) dini hari WIB.

Populasi Koala Berkurang, Ilmuwan Australia Uji Coba Vaksin Klamidia

Para ilmuwan di sebuah universitas Australia berharap dapat membantu agar populasi koala yang kian berkurang menjadi lebih sehat dengan vaksin klamidia untuk hewan berkantung.

Batasan Usia Dicabut, Ini Poin-Poin Aturan SE Terbaru Wali Kota Solo

Pemkot Solo menerbitkan SE Wali Kota terbaru yang meniadakan aturan pembatasan usia anak-anak boleh mengunjungi mal, tempat wisata, dan tempat umum lainnya.

Pembatasan Kuota Solar Bersubsidi, Sopir Ngaku Rugi Waktu dan Materi

Sejumlah pengusaha dan sopir mengeluhkan pembatasan kuota BBM subsidi jenis biosolar yang membuat rugi tenaga dan waktu.

Jokowi Minta Bupati Awasi Pembelajaran Tatap Muka

Berkaca dari pengalaman negara lain, kasus Covid-19 kembali meningkat saat PTM kembali digelar.

Round Up: Atap Masjid Besar Nguter Sukoharjo Ambrol, Salah Konstruksi?

Polisi menduga ada kesalahan konstruksi pada rangka atap serambi Masjid Besar Al Furqon, Nguter, Sukoharjo, yang ambrol pada Rabu (20/10/2021).

Henry Indraguna Ajak Kader Partai Golkar Rapatkan Barisan Menuju 2024

Anggota Dewan Pakar DPP Partai Golkar Henry Indraguna mengajak kader mendukung Airlangga Hartarto sebagai calon presiden pada Pilpres 2024.

Uji Nyali! Berkunjung ke Museum Santet Di Cirebon

Di dalam museum santet terdapat ratusan boneka yang digantung termasuk boneka menyerupai pocong yang dipasang di pinggir dan sudut-sudut.