SOLOPOS.COM - Rocco Francis Marchegiano alias Rocky Marciano. (Sportskeeda,com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 1 September, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 1 September. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 1 September, demi mengenang beragam peristiwa itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1870
Pasukan Kerajaan Prusia dan Kerajaan Bayern berhasil mengalahkan pasukan Prancis dalam Pertempuran Sedan di Sedan, Prancis. Pertempuran itu merupakan salah satu yang terbesar selama Perang Prancis-Prusia. Kerajaan Prusia dan Kerajaan Bayern mengerahkan 200.000 tentara dalam pertempuran itu, sedangkan Prancis mengerahkan 120.00 tentara.

1880
Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Afganistan meletus di Kandahar, Afganistan. Pertempuran tersebut adalah bentrok besar terakhir yang terjadi pada Perang Inggris-Afganistan II. Pertempuran yang menyebabkan ribuan orang, baik tentara maupun warga sipil, kehilangan nyawanya itu berhasil dimenangi pasukan Inggris.

Pemandangan wilayah Yokohama, Jepang setelah dilanda gempa bumi, 1923. (Wikimedia.org)

Pemandangan wilayah Yokohama, Jepang setelah dilanda gempa bumi, 1923. (Wikimedia.org)

1923
Gempa bumi berkekuatan antara 7,9 skala richter hingga 8,4 skala richter mengguncang wilayah Kanto di Pulau Honshu, Jepang. Gempa Bumi itu menimbulkan kerusakan massal di beberapa wilayah di Jepang, antara lain Tokyo, Yokohama, Chiba, Kanagawa, dan Shizuoka. Bencana alam tersebut juga menewaskan sedikitnya 105.385 orang.

1923
Rocco Francis Marchegiano lahir di Brockton, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal sebagai petinju kelas berat dengan nama Rocky Marciano. Rocky merupakan juara dunia tinju kelas berat yang berkarier antara 1952 hingga 1956 dan satu-satunya juara kelas berat yang berhenti dari dunia tinju tanpa pernah terkalahkan. Selama kariernya sebagai petinju, Rocky telah meraih 49 kemenangan dan tak pernah kalah.

1939
Pasukan Jerman menyerang Polandia menandai dimulainya Perang Dunia II. Perang Dunia II yang lantas berlangsung selama enam tahun satu hari berakhir dengan kemenangan Sekutu atas Blok Poros.

1958
Perang Kod antara Inggris dan Islandia meletus di perairan luar Islandia. Perang itu dipicu Islandia yang memperluas wilayah laut kekuasaannya demi memperluas area penangkapan ikan kod. Perang itu berlangsung selama 12 hari. Setelah perang, Inggris mengakui klaim Islandia atas perluasan kekuasaannya di laut.

Ruud Gullit sebagai kapten Timnas Belanda. (Alchetron.com)

Ruud Gullit sebagai kapten Timnas Belanda. (Alchetron.com)

1962
Ruud Gullit dilahirkan di Amsterdam, Belanda dengan nama lengkap Ruud Dil Gullit. Namanya lantas menjadi terkenal setelah dirinya berkairer di dunia sepak bola dan pernah membela sejumlah klub besar di Eropa, seperti AC Milan dan Chelsea.

1969
Sekelompok tentara pemberontak yang dipimpin oleh Muammar Gaddafi berhasil mengulingkan kekuasaan Raja Idris di Libya. Gaddafi lantas menyatakan negara tersebut akan menjadi republik dan pemerintah monarki telah digulingkan.

1983
Pesawat penumpang milik Korean Air ditembak jatuh oleh tentara Uni Soviet setelah melintas di atas wilayah Uni Soviet tanpa izin. Sebanyak 269 penumpang dan awak pesawat tewas dalam tragedi tersebut. Peristiwa itu merupakan salah satu momen Perang Dingin yang paling panas.

Daniel Andre Sturridge. (Sportlineng.com)

Daniel Andre Sturridge. (Sportlineng.com)

1989
Daniel Andre Sturridge lahir di Birmingham, Inggris. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Inggris, Liverpool. Sturridge bergabung dengan Liverrpool sejak 2013. Selama membela Liverpool, Sturidge telah mencetak 30 gol dari 40 penampilannya di Liga Inggris. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 31 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 30 Agustus
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 29 Agustus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya