SOLOPOS.COM - Simbol Polri. (Infopku.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 1 Juli, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi dari tahun ke tahun pada 1 Juli. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut ini Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 1 Juni:

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

1916
Pertempuran Somme yang melibatkan pasukan Inggris-Prancis dan pasukan Jerman meletus di Somme, Picardi, Prancis. pada hari pertama pertempuran tersebut, pihak Inggris mengalami kerugian besar karena harus kehilangan 19.000 tentaranya. Sementara 40.000 tentara Inggris juga mengalami luka berat. Pertempuran Somme berlangsung selama lebih dari empat bulan. Pertempuran itu menjadi salah satu pertempuran terbesar selama Perang Dunia I.

1932
Pasukan Jepang mulai menyerang kawasan Tiongkok bagian timur. Sebuah kantor bea cukai di Tiongkok berhasil diduduki tentara Jepang. Semua pegawai di kantor tersebut lantas diminta meninggalkan gedung.

1942
Sebuah pertempuran yang melibatkan pasukan Blok Poros dan Sekutu meletus di El Alamein, Mesir. Pertempuran itu pecah setelah pasukan Sekutu mencoba menghalau pasukan Blok Poros yang terus menerus melakukan invasi di wilayah Afrika bagian utara. Pertempuran tersebut berlangusng selama 27 hari dan dikenang dengan sebutan Perang El Alamein Pertama.

1946
Pemerintah Indonesia secara resmi mendirikan kesatuan polisi yang diberi nama Djawatan Kepolisian Negara. Hari pendirian Jawatan itu kini diperingati sebagai Hari Bhayangkara. Kini, kesatuan polisi di Indonesia memiliki nama Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

1960
Setelah meraih kemerdekaan penuh dari Inggris, Ghana secara resmi menjadi negara republik. Kwame Nkrumah lantas menjadi presiden di negara tersebut setelah Ratu Elizabeth II secara resmi tak lagi menjadi kepala negara di Ghana.

1963
Kode ZIP untuk kali pertama dikenalkan di Amerika Serikat (AS). Kode ZIP adalah kombinasi angka yang digunakan sebagai kode untuk alamat surat yang dituju. Kode ZIP dipilih karena dianggap dapat mempermudah dan mempercepat pengiriman surat.

1976
Rutgerus Johannes Martinius Ruud van Nistelrooij lahir di Oss, Brabant Utara, Belanda. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola ternama dan lebih dikenal dengan nama Ruud van Nistelrooy. Ia pernah membela sejumlah klub besar di Eropa, antara lain Manchester United dan Real Madrid. Sebelum gantung sepatu pada 2012, Nistelrooy sempat membela Malaga selama satu musim.

1990
Pemerintah Jerman Timur bersedia memakai Mark Jerman—mata uang Jerman Barat—sebagai mata uang resmi. Pemakaian Mark Jerman itu menjadi tanda bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur dalam hal ekonomi. Hal tersebut sekaligus menjadi tanda Jerman Barat dan Jerman Timur akan kembali bersatu tak lama kemudian.

1991
Pakta Warsawa secara resmi berakhir setelah perwakilan dari negara anggotanya melakukan pertemuan di Praha, Cekoslowakia. Pakta Warsawa adalah aliansi militer negara-negara Blok Timur di kawasan Eropa Timur yang bertujuan mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari NATO. Pakta Warsawa ditandatangani pada 1955. Negara yang pernah menjadi anggota Pakta Warsawa antara lain Uni Soviet, Bulgaria, Rumania, Jerman Timur, Hungaria, Polandia, Cekoslowakia, dan Albania.

1997
Inggris menyerahkan wilayah Hong Kong kepada pemerintah Tiongkok. Sebelumnya, sesuai hasil dari Konvensi Peking, wilayah Hong Kong menjadi kekuasaan Inggris sejak 1860 menyusul kekalahan Tiongkok dalam Perang Opium Pertama. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 30 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 29 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 28 Juni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya