SOLOPOS.COM - Pilkada Solo. (Solopos/Whisnu Paksa)

Solopos.com, SOLO -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo akan membuka pendaftaran pasangan cawali-cawawali Pilkada Solo 2020 mulai Jumat (4/9/2020) mendatang.

Tahapan itu berlangsung hingga Minggu (6/9/2020) pukul 24.00 WIB. Solopos.com memperoleh informasi pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dari PDIP akan mendaftar pada hari pertama seusai Salat Jumat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tidak hanya Solo, seluruh pasangan calon kepala daerah-calon wakil kepala daerah dari PDIP akan mendaftar pada hari itu. Wakil Ketua DPC PDIP Solo Bidang Pemenangan Pemilu, Putut Gunawan, membenarkan hal tersebut, Selasa (1/9/2020).

Positif Covid-19, Kepala MTs Negeri 2 Solo Meninggal Dunia

“Rencananya pendaftaran paslon Gibran-Teguh hari Jumat pukul 14.00 WIB. Kemudian nanti yang memimpin langsung Pak Rudy [FX Hadi Rudyatmo, Ketua DPC PDIP Solo]. Sesuai ketentuan, yang harus mendaftarkan Ketua DPC PDIP Solo,” ujarnya via aplikasi Whatsapp (WA).

Putut mengatakan konsep atau teknis pengantaran dan pendaftaran pasangan cawali-cawawali Solo Gibran-Teguh ke Kantor KPU Solo baru akan melalui pembahasan dalam rapat Selasa malam.

Rapat akan membahas berbagai hal termasuk berapa personel yang akan ikut mengantar ke Kantor KPU Solo. “[Jumlah personel yang mengantar] Belum tahu. Baru akan rapat finalisasi nanti malam [Selasa]. Yang pasti sesuai ketentuan KPU, yang akan masuk ke halaman Kompleks Kantor KPU Solo hanya 40 orang. Itu sudah termasuk pasangan calonnya,” sambung Putut.

13 Warga Manahan Solo Positif Virus Corona, Tertular Pasien Yang Meninggal

Bajo Naik Kuda

Terpisah, Ketua ormas Panji-Panji Hati atau Tikus Pithi Hanata Baris, Tuntas Subagyo, mengatakan pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) akan mendaftar pada Minggu pagi.

Untuk pendaftaran itu, pasangan cawali-cawawali itu akan naik kuda dari Posko Pemenangan Bajo ke KPU Solo. Sedangkan para pendukung akan mengantar mereka dengan berjalan kaki.

“Paslon kami naik kuda balap, tokoh-tokoh Tikus Pithi Hanata Baris naik andong, personel lainnya berjalan kaki. Ada sembilan andong yang akan kami siapkan,” urainya.

Sepekan Jumlah Kasus Meledak, Klaten Kembali ke Zona Merah Risiko Covid-19

Tuntas menjelaskan Bajo akan naik kuda balap berpostur tinggi besar dan gagah. Satu kuda balap berwarna merah merupakan peliharaan Tuntas, dan Supardjo yang akan menaikinya.

Sedangkan satu kuda lagi berwarna hitam. Tim Pemenangan Bajo menyewa kuda itu untuk keperluan pendaftaran cawali-cawawali dari jalur independen Pilkada Solo tersebut.

“Tinggi kuda lebih dari 150 sentimeter. Dengan naik kuda balap harapan kami pasangan Bajo akan terlihat gagah berani. Kekuatan rakyat kecil kami akan tunjukkan kesiapan menghadapi siapa pun lawan pada Pilkada Solo 9 Desember 2020,” sambung dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya