SOLOPOS.COM - Memperbanyak makan sayur dan buah merupakan salah satu pola makan sehat. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Gaya hidup menjadi salah satu yang sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang. Termasuk berpengaruh pada kesehatan kulit. Untuk itu perlu hindari kebiasaan-kebiasaan berikut jika ingin terhindar dari penuaan dini.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Triasari Oktavriana M.Sc., Sp.KK (K)., mengatakan ada beberapa kebiasaan yang akan berpengaruh terhadap munculnya penuaan dini. Di antaranya adalah terlalu sering mengonsumsi junk food, minum minuman beralkohol dan merokok.

“Sering konsumsi junk food, fast food, jelas berpengaruh,” kata dia dalam acara Health Talk yang disiarkan di Youtube RS JIH Solo.

Untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari penuaan dini mestinya harus banyak mengonsumsi makanan sehat, higienis, bergizi dan tidak meninggalkan sayur serta buah.

Menurutnya permasalahan pada pasien saat ini, terutama dari kalangan muda, adalah susah makan sayur. Padahal, kandungan yang ada pada sayur sangat penting untuk menutrisi kulit.

Selain konsumsi junk food, hal yang perlu dihindari lainnya adalah kebiasaan merokok, termasuk perokok pasif. Sebab ketika merokok, akan ada racun yang masuk ke dalam tubuh. Dia oun menceritakan tentang pengalamannya saat menangani pasien perokok. Dimana dia menemukan adanya respons yang berbeda pada pasien perokok dan pasien tidak perokok.

“Pasien tidak merokok memiliki respons lebih cepat. Bahkan untuk perawatan skincare pun, dari testimoni keduanya, kalau yang tidak perokok biasanya akan lebih cepat memberi kabar gembira dari pada yang perokok,” kata dia.

Untuk itu dia menyarankan untuk mencegah penuaan dini agar menghindari konsumsi junk food, alkohol dan rokok, termasuk menjadi perokok pasif. Apalagi ketika mengonsumsi junk food, biasanya akan ditemani minuman bersoda. Menurutnya akan lebih baik jika lebih banyak mengonsumsi air putih.

Hal tersebut juga dibenarkan Dokter Spesialis Akupunktur RS JIH Solo, dr. Dwi Surya, Sp.Ak. Menurutnya banyak mengonsumsi junk food, fast food dan makanan instan akan menimbulkan gangguan hormonal.

“Hal ini dapat dilihat nantinya dengan menstruasinya tiap bulannya apakah tepat atau tidak. Banyak kasus yang datang untuk akupunktur yang mengalami hal tersebut. Kasus-kasus program hamil juga banyak dipengaruhi [junk food, alkohol, rokok dan makanan instan,” kata dia.

Dia pun menyarankan agar lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti buah dan sayur. Sementara untuk meningkatkan antioksidan dalam tubuh secara alami, dapat dilakukan dengan terapi akupunktur. Selain itu, untuk mencegah penuaan dini juga perlu diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya seperti olahraga dan sebagainya.

 

Rekomendasi
Berita Lainnya