Kategori: Nasional

Catat! Jalur Masuk ke Yogyakarta Ada yang Ditutup Mulai Besok


Solopos.com/Nugroho Meidinata/Newswire

Solopos.com, JOGJA -- Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY memutuskan untuk menerapkan pembatasan jalur masuk ke daerahnya. Beberapa jalur menuju masuk Yogyakarta ditutup dan hanya ada tiga titik yang akan dibuka selama pembatasan tersebut.

Beberapa jalur alternatif menuju Yogyakarta akan ditutup sementara waktu hingga kebijakan tersebut dicabut. Penutupan tersebut efektif mulai  Jumat (24/4/2020).

Pulang Kampung, Warga Menden Klaten Wajib Masuk Rumah Sauna Demi Cegah Corona

Dengan ditutupnya jalur alternatif masuk Yogyakarta, pemerintah akan lebih mudah memonitor dan melakukan pengecekan kepada semua pengendara yang masuk ke daerah ini.

Adapun jalur alternatif yang ditutup adalah jalur Turi - Pakem yang berada di selatan Jembatan Krasak di dekat perbatasan Magelang. Kemudian, jalur di Jl Daendels Kulonprogo yang arah menuju terowongan bandara.

Untuk bagian timur dari arah Solo tidak dilakukan penutupan karena tidak terdapat jalur alternatif.

Round Up Covid-19 Wonogiri: 5 Kasus Positif, Kantor Pemerintahan Pilih Lockdown

“Kendaraan tidak boleh lewat situ [jalur alternatif] akan kami berikan palang penutup di dua titik tersebut, sehingga semua kendaraan lewat jalan utama. Kalau sektor timur kami memeriksanya di dekat bangjo Prambanan kalau lewat jalur alternatif harus melalui Klaten sehingga kami tidak memiliki kewenangan menutup," kata Kepala Dinas Perhubungan DIY Tavip Agus Rayanto dilansir Harianjogja.com, Rabu (22/4/2020).

3 Jalur Dibuka

Sementara itu, tiga jalan yang masuk dibuka adalah jalur utama masuk daerah Yogyakarta yang terdirid dari tiga titik.

"Tiga titik perbatasan tersebut adalah Jalan Solo [wilayah perbatasan Prambanan]. Jalan Magelang [sekitar wilayah Tempel] dan Kulon Progo [sekitar wilayah Congot]," tambah Tavip yang disampaikan Humas Pemprov DIY sebagaimana diberitakan Suara.com, Kamis(23/4/2020).

Berusia 5 Abad, Mushaf Alquran Peninggalan Kesultanan Demak Dipamerkan di Masjid Al Falah Sragen

Agar efektif, Pemprov DIY akan menambah jam penjagaan bagi personel di jalur masuk Yogyakarta yang ditutup tersebut.

"Kalau sekarang kan baru satu sif, mulai tanggal 24 April akan menjadi tiga sif. Prinsipnya 24 jam tetapi ada istirahatnya," pungkasnya.

Kisah Pilu Pasien Covid-19 Copot Masker Pernapasan & Lebih Pilih Mati

Share
Dipublikasikan oleh
Ginanjar Saputra