SOLOPOS.COM - Ilustrasi hendak memakai toilet. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui sejumlah tips aman saat menggunakan toilet umum agar kamu terhindar dari virus maupun bakteri yang membahayakan kesehatan tubuh. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Beberapa waktu lalu internet dibuat heboh setelah seorang pria yang menjelaskan soal bercak-bercak darah yang terdapat pada tisu toilet umum. Dane Jones, pembuat konten di TikTok yang berasal dari Amerika Serikat ini mengatakan jika bercak-bercak darah tersebut merupakan bekas orang yang membersihkan jarum suntik mereka dari narkoba.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam video yang sudah ditayangkan lebih dari 8,7 juta kali tersebut, terlihat becak-bercak darah tersebut terdapat pada gesekan panjang dan tipis di samping gulungan tisu. Tidak hanya meninggalkan bercak, tisu tersebut juga menjadi rusak, beberapa bagiannya terlihat sobek.

“Oleh karena itu, jika Anda melihat gulungan tisu toilet seperti ini di toilet umum, segera beri tahu staf untuk menggantinya dan menjauhlah sejauh mungkin dari gulungan tersebut,” kata Jones dikutip dari akun TikToknya pada Rabu (27/9/2023).

“Itu dari seseorang yang membersihkan jarumnya, tepatnya jarum kotor. Kami tidak tahu apakah ini adalah satu orang atau beberapa orang yang membersihkan jarum suntik mereka dari narkoba,” lanjutnya.

Jones menyarankan bagi mereka yang menemukan tisu seperti untuk minta staf di tempat itu menggantinya dengan tisu yang baru. Jones menjelaskan, menggunakan tisu tersebut dapat membuat seseorang berpotensi terjangkit penyakit berbahaya, seperti HIV/AIDS, hepatitis C, dan hepatitis B.

Berikut ini sejumlah tips aman menggunakan toilet umum seperti melansir dari beberapa sumber, Rabu (27/9/3034):

1. Hindari menyentuh langsung benda atau bagian dari toilet umum

Salah satu tips menggunakan toilet umum yang sehat dan aman ialah tidak menyentuh secara langsung benda apapun yang ada di toilet umum seperti permukaan gagang pintu, dudukan toilet, tuas kloset, keran wastafel, dan tempat sabun.
Untuk menjamin keamanannya, kamu bisa menggunakan tisu atau sapu tangan guna menghindari kontak langsung dengan benda-benda tersebut. Kamu juga bisa menggunakan siku atau bahu untuk mendorong dan membuka pintu toilet.

2.  Letakkan barang bawaan di gantungan pintu

Tips aman menggunakan toilet umum selanjutnya adalah gantung tas atau barang bawaan mu di gantungan yang diletakkan di balik pintu toilet. Jangan meletakkannya di lantai toilet karena lantai bisa menjadi tempat yang paling kotor di toilet umum.

3. Bersihkan dudukan toilet sebelum digunakan

Sebelum menggunakan toilet periksalah kelembapan dan perubahan warna yang mungkin terdapat pada area dudukan tersebut. Pasalnya seringkali masih ada bekas cairan urine atau warna lainnya, seperti feses atau darah haid, yang mungkin mengandung kuman dan bakteri jahat.

Sebaiknya kamu membersihkannya terlebih dahulu dengan cairan atau tisu basah yang mengandung antiseptik. Apalagi jika dudukan kloset basah. Anda juga dapat menggunakan cara sederhana, yaitu meletakkan lembaran tisu di atas dudukan toilet.

Beberapa orang memilih untuk duduk melayang yang mana bagian bokong tidak menyentuh dudukan toilet. Akan tetapi, cara yang dianggap ini justru dapat menekan otot panggul, sehingga membuat proses buang air kecil terganggu.

4. Hindari membilas kloset dalam posisi duduk

Tips aman menggunakan toilet umum selanjutnya adalah tidak membilas kloset saat duduk. Karena kuman di dalam toilet dapat menyebar. Untuk mencegah kuman tersebut masuk ke organ intim, maka sebaiknya kamu menghindari membilas kloset ketika masih duduk di atasnya. Akan lebih baik jika kamu membersihkan organ intim terlebih dahulu setelah buang air kecil, dan selanjutnya barulah kamu bisa membilas kloset setelah berdiri .

5. Bawalah peralatan toilet sendiri

Tak jarang toilet umum tidak menyediakan tisu dan sabun cuci tangan, padahal benda-benda ini sangat penting untuk mencegah penyebaran kuman dari toilet. Maka dari itu sebaiknya kamu membawa selalu sabun cair di dalam botol kecil, tisu, dan hand sanitizer.

6. Cucilah tangan dengan benar

Kebiasaan mencuci tangan sesudah dari toilet merupakan hal yang perlu dilakukan agar terhindar dari bakteri dan virus yang menempel di tangan.

Agar tanganmu tetap bersih, terutama setelah menggunakan toilet, penting untuk mencuci tangan dengan baik dan benar melalui langkah-langkah berikut ini:
– Basahi tangan dengan air mengalir, lalu tuangkan sedikit sabun.
– Gosok telapak tangan, punggung tangan, kuku, dan sela-sela jari. Lakukan hal ini selama minimal 20 detik.
– Bilas tangan hingga bersih, kemudian keringkan menggunakan tisu.
– Biasakan tutup keran menggunakan tisu atau siku agar kuman tidak menempel pada tangan yang sudah bersih. Namun, apabila tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun kamu bisa saja menggunakan hand sanitizer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya