SOLOPOS.COM - Ilustrasi arus mudik . (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah (Jateng) mulai mempersiapkan jalur alternatif yanag bisa digunakan pemudik saat arus mudik maupun balik pada Lebaran 2023. Berikut pemetaan lokasi jalur alternatif yang bisa dimanfaatkan bagi para pemudik yang akan pulang kampung ke sejumlah daerah saat cuti Lebaran 1444 Hijriyah.

Kabid Lalu Lintas Dishub Jateng, Erry Derima, mengatakan untuk Pantura yang berbatasan dengan Jawa Barat, terdapat jalur alternatif dari wilayah Bantarsari-Petanggungan-Slawi-Randudongk, Sukorejo-Boja Kendal. Kemudian untuk sisi Pantura timur, dari wilayah Semarang-Purwodadi-Blora-Pati-Perbatasan Jatim.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Walau Pantura timur ada pekerjaan jalan, tetapi pas H-7 akan berhenti total untuk memperlancar mudik,” kata Erry kepada Solopos.com, Sabtu (1/4/2023).

Ekspedisi Mudik 2024

Lebih lanjut, adapun jalur alternatif yang bisa digunakan pemudik saat arus mudik Lebaran 2023 di bagian Pantura tengah antaara lain jalur Semarang-Ungaran-Bawen. Selain itu, ada juga jalur penghubung ke timur sampai wilayah Pati, Purwodadi dan Gemolong Sragen.

“Pada bagian jalur lintas tengah dan jalur selatan-selatan jalur alternatifnya sudah mantap dan tinggal menuntaskan perbaikan jalan dari Dinas Bina Marga dan PU Jateng,” sambungnya.

Erry menambahkan, para petugas Balai Pengelola Jalan Seksi Wilayah Jateng juga telah menyiapkan lampu penerangan jalan. Termasuk pemasangan rambu-rambu lalu lintas untuk membantu kelancaran arus mudik.

“Sesuai ucapan Pak Menteri PUPR, pas H-7 perbaikan jalan sudah selesai. Harapan kita di jalur non tol dan tol lancar,” harapnya.

Terkait lonjakan arus mudik, Dishub Jateng memperkirakan lonjakan arus mudik akan terjadi tepat tanggal 19 April atau H-3 Lebaran. Kendati demikian, untuk pembatasan atutan kendaraan di jalan tol, hingga kini pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

“Secara umum belum ada keputusan aturan pembatasan kendaraan di jalan tol dan non tol. Kami emang lagi menunggu surat edaran terbaru dari Pak Menteri [Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumardi]. Tetapi kami sudah siapkan prediksi arus lalu lintas yang puncaknya terjadi H-3 atau tanggal 19 April,” tutupnya.

Sekadar informasi, pemerintah memutuskan cuti Lebaran Idulfitri 2023 akan dimulai pada 19-26 April 2023. Keputusan ini dibuat dalam rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya