Anggota KPPS mencatat perolehan suara saat penghitungan suara Pemilu serentak2019 di TPS 77 Pondok Jaya, Cipayung, Depok, Jawa Barat, Rabu (17/4/2019). (Antara-Andika Wahyu)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar menjadwalkan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten pada Selasa (30/4/2019) dan Rabu (1/5/2019).

Rencana pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat kabupaten dilaksanakan di Gedung Paripurna kompleks Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karanganyar. Pleno akan dimulai pukul 08.00 WIB.

Komisioner Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar, Muhammad Maksum, menuturkan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 dilakukan per kecamatan. Setiap kecamatan memaparkan hasil pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat kecamatan.

"Rekap perolehan itu mulai dari pemilu presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Tengah, DPRD Kabupaten Karanganyar, dan DPD," kata Maksum, sapaan akrabnya, saat dihubungi Solopos.com, Senin (29/4/2019).

Maksum menuturkan KPU tidak menargetkan berapa kecamatan yang akan dibahas per hari. Pleno menyesuaikan situasi dan kondisi setiap hari.

"Satu hari merampungkan berapa kecamatan itu nanti kondisional. Tergantung dinamika saat pleno. Kalau ternyata tinggal sedikit ya dirampungkan. Kalau masih banyak ya ditunda besoknya. Rabu harus rampung," ujar Maksum.

KPU membatasi orang yang dapat masuk dan menyaksikan pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019. Pertimbangan KPU adalah keamanan dan kapasitas gedung.

Sejumlah tamu yang diundang antara lain Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Karanganyar, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), saksi partai politik (parpol), saksi pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres), saksi Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan lain-lain.

Pantauan Solopos.com, saat ini KPU sedang melakukan setting lokasi di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar. "Undangan sudah disebar. Tamu yang boleh masuk sudah dibekali undangan dan tanda pengenal. Kami menertibkan itu terkait kapasitas ruangan dan identifikasi orang yang hadir. Itu bagian dari prosedur," tutur dia.

KPU Karanganyar bekerja sama dengan Polres Karanganyar, Kodim 0727/Karanganyar, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terkait pengamanan lokasi dan selama acara berlangsung.

Sementara itu, Kapolres Karanganyar, AKBP Catur Gatot Efendi, menyampaikan TNI/Polri sudah menyiapkan pasukan untuk mengamankan lokasi dan acara pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019.

"Semua pengamanan maksimal. Yang dilakukan KPU. Nanti di Gedung Paripurna DPRD Karanganyar. Sebagai pengamanan melaksanakan tugas. Kami bersinergi dengan TNI. Ada 500-an personel. Kami berikan kekuatan maksimal," tutur Kapolres saat ditemui wartawan seusai apel pasukan di Lapangan Wira Satya Polres Karanganyar.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten